PEREMPUAN DAN PENDIDIKAN: MINAT PEREMPUAN ACEH KULIAH DI PERGURUAN TINGGI

  • Meri Andani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Fansuri
Keywords: Pendidikan Islam, Perempuan Aceh, Minat Belajar

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang minat perempuan Aceh kuliah di pendidikan perguruan tinggi. Selama ini perempuan dipandang rendah dalam hal intelektual dibanding laki-laki. Tetapi dewasa ini adanya peningkatan dan keunggulan perempuan di perguruan tinggi menunjukkan hal sebaliknya, bahwa perempuan secara intelektual lebih unggul dibanding laki-laki. Penelitian ini fokus kepada mahasiswi di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Fansuri yang memiliki jumlah mahasiswi lebih banyak dibanding mahasiswa. Selain jumlah, mahasiswi di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Fansuri secara kualitas intelektual juga lebih unggul dibanding mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan adalah pendekatan kualitatif naratif. Penulis melakukan observasi dan wawancara terhadap 5 mahasiswi STIT HAFAS dari berbagai kelas dan semester. Adapun rinciannya 2 orang dari semester III dan 3 orang dari semester V, alasan peneliti memilih semester III dan V yang kuliah di jurusan PAI, karena terhitung partisipan sudah lebih dari setahun kuliah kemudian data yang didapat dianalisis dengan pendekatan feminis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingginya minat perempuan Aceh untuk berkuliah di perguruan tinggi disebabkan oleh tiga faktor, pertama untuk mendapatkan kesempatan kerja yang lebih mapan, kedua, melanjutkan pendidikan ketiga upaya untuk meninggikan derajat perempuan terdidik di tengah masyarakat. Hal ini yang mendorong perempuan lebih giat belajar di perguruan tinggi dibanding laki-laki.

References

Astutiningsih, Sri Eka. 2008. “Marginalisasi Perempuan Dalam Dunia Pendidikan.” Musawa Jurnal Studi Gender dan Islam 6 (1):37–55.

Badruzzaman. 2020. “Pemberdayaan Guru Non Pns: Kebijakan Responsif Madrasah Negeri Di Kalimantan Timur.” Educandum 6 (2):236–48.

Bruinessen, Martin van. 2015. Kitab Kuning, Pesantren, Dan Tarekat. Yogyakarta: Gading Publishing.

Fitriana, Qurrota A’yuni. 2014. “Studi Fenomenologi Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru Perempuan Pada 21 Program Studi Teknik Nuklir Universitas Gadjah Mada.” Magister Profesi Psikologi Klinis Universitas Gadjah Mada 1–14.

Hidayah, Alfina. 2020. “Feminisme Dan Anti-Feminisme: Bias Teologi Gender Yang Di (Salah) Pahami.” Buana Gender 5 (1):13–26.

Kull, Ann. 2009. “At the Forefront of a Post-Patriarchal Islamic Education: Female Teachers in Indonesia.” Journal of International Women’s Studies 11 (1):25–39.

Muhammad, Husein. 2014. “Islam Dan Pendidikan Perempuan.” Jurnal Pendidikan Islam 3 (2):2311–244.

Mujiburrahman. 2014. “Islam, Perempuan Dan Pendidikan.” Marwah 13 (1):21–31.

Mulyani, Sri. 2007. “Muslim Women and Education in Indonesia: The Pondok Pesantren Experience.” Asia Pacific Journal of Education 27 (1):37–41.

Muslim, Abu. 2017. “Peran Perempuan Dalam Merawat Eksistensi Mangngaji Tudang Sebagai Bagian Integral Pengembangan Pendidikan Islam Di Desa Bonde Polewali Mandar (Studi Biografi Annangguru Hudaedah).” Educandum 3 (1):131– 44.

Ratnawati, Dewi, Sulistyorini, and Ahmad Zainal Abidin. 2019. “Kesetaraan Gender Tentang Pendidikan LakiLaki Dan Perempuan.” Jurnal Harkat: Media Komunikasi Gender 15 (1):10–23.

Rohmaniyah, Inayah. 2013. “Gender, Androsentrisme Dan Sexisme Dalam Tafsir Agama.” Welfare: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial 2 (1):55–73.

Tempo, ed. 2019. Gelap-Terang Hidup Kartini. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Wigati, Restu, Soelarso, and Abdurohim. 2017. “Paradigma Mahasiswa Perempuan Kuliah Di Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.” Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel) 3 (1):39–47. Z

uhriah, Lailatuzz. 2018. “Perempuan, Pendidikan Dan Arsitek Peradaban Bangsa.” Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak 2 (2):249–68. Wawancara:

Wawancara dengan Dian Semester V Jurusan PAI

Wawancara dengan Julaiha Semester V Jurusan PAI

Wawancara dengan Tia Semester V Jurusan PAI

Wawancara dengan Ica Semester III Jurusan PAI

Wawancara dengan Nindi Semester III Jurusan PAI
Published
2023-06-01