IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB YANG EFEKTIF UNTUK ANAK USIA DINI
Abstract
Semakin canggihnya teknologi, memudahkan adanya akses terhadap berbagai hal, termasuk diantaranya adalah budaya dari berbagai Negara yang memungkinkan adanya pertukaran informasi dan kemampuan untuk mengadopsi teknologi dan pengetahuan dari Negara tersebut. Salah satu aspek penting untuk mendukung hal ini adalah Bahasa. Untuk menguasai suatu bahasa dapat diwujudkan melalui kebiasaan khususnya bagi anak usia dini. Sebab pada usia tersebut merupakan usia yang prima untuk perkembangan intelektual dan perkembangan kepribadian anak. Pada masa ini otak anak-anak akan mengingat berbagai informasi, terutama akan hal yang mereka sukai, termasuk diantaranya dalam hal belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana metode pembelajaran bahasa Arab efektif dalam proses belajar siswa pada Raudhatul Athfal Fatayat NU Parepare. Tujuan dari penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ketiga metode pembelajaran (metode hafalan, metode permainan, dan metode nyanyian) yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab oleh guru Raudhatul Athfal Fatayat NU terbukti efektif dalam mengembangkan pengetahuan anak. Hasil itu tercemin dari kemampuan siswa menghafal mufradat, kelancaran melafalkan huruf Arab, meningkatnya daya ingat, dan semakin tingginya kemampuan untuk berkreasi. Selain itu, metode ini dapat digunakan untuk menumbuhkan motivasi dalam diri siswa untuk belajar lebih banyak.
References
Asnul Uliyah, Z. I. (2019). Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al'Arabiyah, 7(1), 31-43.
Aulia, C., Intiana, S. R. H., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 58-61.
Azis, A., Suhada, & Masruri, A. (2022). Aktifitas Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini dengan Pendekatan Psikologi Humanistik Carl R. Rogers. El -Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak , 2 (2), 64–78.
Fakhruddin, AU (2019). Menjadi Guru PAUD . PT Remaja Rosda Karya .
Fikriyah, M. F. (2020). Mengenal Kosakata Bahasa Arab Melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata. Journal For Education research, 1(1) 46-54.
Fitriani, A., Susiawati, I., & Utami, D. (2023). Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufradat di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Haurgeulis. Journal on Education, 5(3), 6396-6406.
Hernanda, V. A., Azzahra, A. Y., & Alfarisy, F. (2022). Pengaruh Penerapan Bahasa Asing dalam Kinerja Pendidikan. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(01), 88-95.
Khuroidah, L. A., & Saputra, S. D. (2022). Implementasi Unsur-Unsur Penyusunan Kurikulum Terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Daring. Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(1), 23-52.
Maarif, H., & Muhid, A. (2022). Metode Hafalan Di Pondok Pesantren Dalam Perspektif Psikologi. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(2), 851-864.
Muhammad Hafidh Asyrofi, D. A. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini. International conference of Students on Arabic Language, (5) (pp. 104-114). Malang: Fakultas Sastra UIN Malang.
Mustofa, B. (2022). Anak di Usia Emas. https://dinsos.kulonprogokab.go.i d/detil/624/anak-di-usia-emas.
Nazhyfa, A., Rahmi, W. N., & Ritonga, M. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Thariqah al-Qiro’ah: A Systemic Review. Edukasi Lingua Sastra, 20(1).
Ngiu, Z., Djafri, N., & Arwildayanto, A. (2022). Strategi Guru dalam Pembelajaran Holistik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1429-1438.
Nidia, E., Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2022). Dampak Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Penghafal AlQur'an. Jurnal Basicedu, 6(4), 6012-6022.
Nilawati . (2022). Pembelajaran Bahasa Arab. Dalam Wawancara Oleh Susilawati Nisa, S. H. (2020). Potret Penyelenggaraan Belajar dari Rumah pada raudhatul Athfal Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan (Studi Kasus: RA Baburrahman Tanutung). Educandum, 6 (2), 294-307.
Rachmawati, R. A., & Husin, H. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di Panti Asuhan Nurul Jannah. Berajah Journal, 2(2), 223-230.
Rayhan, N., Ananda, R., Rizal, M. S., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 42-56.
Ridwan, & Awaluddin , AF (2019). Menerapkan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Raodhatul Athfal . Didaktika : Jurnal Kependidikan , 13 (1), 56–67.
Santi, T. (2022). Golden Age Pada Anak dan Tahapan Pentingnya . https://www.siloamhospitals.com /informasi-siloam/artikel/goldenage-pada-anak-dan-tahapanpentingnya
Sari. (2022). Metode Hafalan . Dalam Wawancara Oleh Susilawati . Uman , N., & Budiyati , U. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini Berbasis Nilai-Nilai Karakter . Jurnal Warna , 4 (1), 46–64
Umasugi, M.K., (2022). Urgensi Bahasa Arab Dalam Kurikulum Pendidikan Sekolah Dasar Dan Menengah Sebagai Bahasa Asing Pilihan Pada Era Society 5.0. AlTARQIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 1-15.
Utami, E. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Memberi dan Meminta Informasi Terkait Maksud Tujuan dan Persetujuan melalui Metode Bermain Peran Berbasis Kecerdasan Linguistik pada Siswa Kelas IX B Semester I SMP Negeri 1 Samigaluh Tahun Pelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15226-15237.
Wicaksono, A. W., Nafi'ah, A., Winona, A. F. S., & Muhid, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini: Literature Review. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 408-420.
Zainuri, Z., & Jannah, H. M. A. (2022). Pendampingan Keterampilan Media Pembelajaran dalam Menghafal Mufradat Bahasa Arab. An-Nuqthah, 2(1), 52-58.