PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ZAKAT DI UPTD SD NEGERI 65 BARRU
Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik kelas VI di UPTD SD NEGERI 65 Barru dengan menggunakan aplikasi Wordwall. PTK ini terdiri atas 2 siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan; a) Pada siklus I, pemanfaatan aplikasi Wordwall, peserta didik belum terkategorikan dalam standar ketuntasan dalam pembelajaran. Rata rata nilai dari hasil pembelajaran adalah 70% dan ketuntasan klasikal 60%, setelah menggunakan aplikasi Wordwall, dan b) Siklus 2 terjadi peningkatan terhadap aktivitas peserta didik, dimana 18 orang dengan kategori aktif dalam proses pembelajaran dengan perolehan skor ratarata 90% dengan klasikal baik sekali, dan 20 orang peserta didik dengan ratarata skor 85% dan 90%. Adapun peserta didik dalam menjawab pertanyaan dengan kategori keaktifannya berada pada klasikal baik dengan rata-rata skor 75% atau 15 orang peserta didik. Sehingga implementasi dari aplikasi Wordwall mampu memberikan peningkatan pada minat belajar khususnya materi zakat di UPTD SD Negeri 65 Barru.
References
Al Amin, M., Ikhsan, M., and Salman, M. 2022. "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tata Cara Wudhu Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator." Jurnal Educandum 8 (2): 255–262.
Arimbawa, I. G. P. A. 2021. "Penerapan Word Wall Game Quis Berpadukan Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi." Indonesian Journal of Educational Development 2 (2): 324–332.
Makmur, G. A. 2023. “Tindakan Kelas: Strategi, Gagasan dan Ide Menuju Arah Perubahan Pikiran, Sikap dan Perilaku Siswa dalam Kelas.” Lentera: Multidisciplinary Studies 2 (2): 114-121.
Nur, Z.. 2022. “Efektivitas Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 di MTs Negeri 1 Makassar.” Educandum 8 (1): 121-128.
P., A. A. 2019. "Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran." Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 3 (2): 205-215.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surahmawan, A. N. I., et al. 2021. "Penggunaan Media Wordwall sebagai Media Pembelajaran Sistem Pernafasan Manusia." Pisces 1 (1): 95–105.
Syafi’i, A. and Rapi, M. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran.” Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan 14 (1): 52-70.
Syarifuddin, M. P., and Eka Dewi Utari, M. P. 2022. "Media Pembelajaran: Dari Emi Saelan Malewa, Muh. Al Amin 30 Masa Konvensional Hingga Masa Digital." Bening Media Publishing.
Winanti, K., Yuliyani, and Agoestanto, A. 2017. "Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA N 5 Semarang Melalui Model PBL Materi Transformasi Geometri." Jurnal Profesi Keguruan 3 (2): 197–204.
Wordwall. (2023). https://wordwall.net
Wulan Sari, S., and Rahmah Labetubun, S. 2022. "Efektivitas Pemanfaatan Media Kuis Kahoot Dalam Meningkatkan Hasil Belajar di SMK Kartika XX-1 Makassar." Educandum 8 (1): 29-38.