EVALUASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR: APAKAH BERDAMPAK BURUK?

  • Alamsyah Agit Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang
  • Mujahidin Mujahidin Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang
  • Nurdiati Amiruddin Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang
Keywords: Media Pembelajaran, Pendidikan, Teknologi, Transformasi Digital, Efektivitas Belajar

Abstract

Perkembangan teknologi yang cepat mendorong manusia untuk beradaptasi lebih cepat. Penggunaan teknologi dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, membutuhkan penguasaan agar dapat digunakan dengan optimal. Transformasi digital terus terjadi, terutama selama pandemi COVID-19, yang memperkenalkan media pembelajaran baru dan mengharuskan guru dan murid beradaptasi dengan perubahan cara belajar. Selain itu, mudahnya akses teknologi, seperti melalui smartphone, memiliki dampak positif dan negatif, terutama dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah penggunaan teknologi berpengaruh terhadap efektivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis asosiatif, yang berfungsi untuk melihat hubungan penggunaan teknologi dan efektivitas belajar, lokasi penelitian ini adalah MTs Ma’Had DDI Sidenreng Rappang, dengan jumlah partisipan sebanyak 27 orang yang merupakan guru pada sekolah tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi di satu sisi menjadikan siswa lebih kreatif, dan lebih mandiri serta lebih kritis dalam belajar, namun penggunaan teknologi yang berlebihan berdampak kondisi fisik siswa, yakni terdapat beberapa siswa yang kerap mengantuk dan tidak fokus belajar akibat begadang, dan gejala lainnya menunjukkan beberapa siswa yang terkesan mengalami masalah dalam interaksi sosial. Dengan demikian untuk memaksimalkan efektivitas penggunaan teknologi dalam proses belajar, sangat penting bagi guru dan orang tua murid untuk berperan aktif dalam mengarahkan anak untuk menggunakan teknologi dengan lebih baik dan terarah. Hal ini dilakukan agar siswa tidak terkena dampak negatif yang berpotensi untuk ditimbulkan dari penggunaan teknologi yang berlebihan. 

References

Abdulatif, S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1490– 1493. https://www.jptam.org/index.php/jpta m/article/view/1125

Anggraeni, A., & Handrizal. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA. Jurnal PPKn & Hukum, 13(1), 64–76. http://jta.ejournal.unri.ac.id:7680/index .php/JPB/article/view/5149

Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). Analisis Teknologi Pembelajaran Dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 150–157. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/f ondatia

Apdillah, D., Zebua, R. B., Idham, M., & Anhar, I. (2022). Teknologi Digital Di Dalam Kehidupan Masyarakat. Jurnal Selodang Mayang, 8(2), 101–107. https://ojs.selodangmayang.com/index. php/bappeda/article/view/247

Asmawati, L. (2022). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://www.obsesi.or.id/index.php/obs esi/article/view/1170

Bakar, I. P. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di SD Inpres Tamalanrea II Makassar. ALJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 3(1), 39–46. https://journaluimmakassar.ac.id/index.php/AIJER/articl e/view/143

Bakar, I. P. S., & Kaddas, B. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Kota Makassar. Dirasat Islamiah: Jurnal Kajian Keislaman, 2(1), 57–66. https://ejournal.faiuim.ac.id/index.php/dirasatis lamiah/article/view/30

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(1), 152–159. http://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jg a/article/view/2203

Daulay, R. S., Pulungan, H., Noviana, A., & Hurhaliza, S. (2020). Manfaat Teknologi Smartphone Di Kalangan Pelajar Sebagai Akses Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona-19. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 29–43. https://ejurnalilmiah.com/index.php/Al -Ulum/article/view/7

Faridi, A. (2022). Implementasi E-Learning Sebagai Solusi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Di Man 1 Karanganya. Jurnal Educandum: Jurnal Ilmiah Pendidika, 8(1), 98–106. https://blamakassar.ejournal.id/educandum/article/view/701

Fenty, A. (2022). Peran Guru Untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa di Masa Pandemi (Guepedia, Ed.; 1st ed.). Guepedia Group.

Hajar, Q., Syamratulangi, S., & Putra, M. S. (2022). Peran Teknologi Pendidikan di Era Millenial dalam Membangun Daya Saing Bangsa. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 4(2), 117– 126. http://ojs.yplppgriksb.or.id/index.php/l entera/article/view/99

Hasanah, I. (2021). Menumbuhkan Jiwa Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis IT Pada Era Pandemi Covid-19. Journal of Education and Teaching Learning (JETL), 3(3), 18–28. https://www.pusdikra-

Alamsyah Agit, Mujahidin, Nurdiati Amiruddin 40 publishing.com/index.php/jetl/article/v iew/267

Hidayah, N., Nashoih, A. K., Asyari, T. R., & Chumaidi, A. (2021). Sosialisai Edukasi Smartphone terhadap Anak “Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Smartphone pada Anak.” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 23–26. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.ph p/abdimaspen/article/view/1159

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 121–125. https://journal.universitaspahlawan.ac.i d/index.php/jpdk/article/view/622

Husein, W. M. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Teknologi Informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian. Jurnal PETISI, 3(1), 20–28. https://unimuda.ejournal.id/jurnalteknologiinformasi/arti cle/view/1800

Jamun, Y. M., Wejang, H. E. A., & Ngalu, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa SMA Di Kecamatan Langke Rembong. JPID: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 1–7. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index .php/jipd/article/view/201

Manullang, S. O. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat Pedesaan Di Era Teknologi. Cross-Border: Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi Dan Hubungan Internasional, 4(1), 83–88. https://journal.iaisambas.ac.id/index.ph p/Cross-Border/article/view/519

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/AlMutharahah/article/view/303

Maskanah, I., & Sae, H. L. (2021). Efektivitas Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(4), 279–285. http://www.ejournal.jendelaedukasi.id/ index.php/JJP/article/view/60

Masterjon, M. (2021). Teori dan Konsep Manajemen Sistem Pembelajaran 4.0 (1st ed.). Deepublish Publisher.

Matondang, A. (2019). Dampak Modernisasi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(2), 187–194. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/wah ana/article/view/2389

Mukhril, M., Wijaya, A., Rosyid, N., Sugiyono, S., Gantina, N., Suhendra, S., Lesta, D., Arafat, Y., Sudianto, S., Muftahid, H., Asikin, J., Rahman, T., & Kurniasih, N. (2023). Panduan Sukses Pembelajaran Online (1st ed.). Lakeshia.

Na’im, Z. (2019). Relevansi Teknologi Pendidikan dan Mutu Pendidikan. EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 273–287. https://ejournal.staimaalhikam.ac.id/evaluasi/article/view/296

Nawawi, M. I., Nurwahidah, N., Anggarini, D. D., Nur, A., Febrianto, R. R., Sulfiyah, S., Fita, F., & Syah, S. A. (2021). Pengaruh Kecanduan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Uin Alauddin Makassar. Jurnal Educandum: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 189–198. https://blamakassar.ejournal.id/educandum/article/view/543

Rahmawati, Z. D. (2020). Penggunaan Media Gadget Dalam Aktivitas Belajar Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak. TA‟LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(1), 97–113. http://www.ejurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/arti cle/view/1910

Retalia. (2020). Dampak Intensitas Penggunaan Smarphone Terhadap Interaksi Sosial. EduPsyCouns Journal: Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2(2), 1– 11. https://ummaspul.ejournal.id/Edupsycouns/article/view/8 14

Riyadi, D. S., Anwar, N., Nurhidayati, R. P., Julianti, T., & Yuliana, A. T. R. D. (2021). Urgensi Pemanfaatan Media Pembelajaran PAI Berbasis Information And Comunication Technologies (ICT) Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Educandum: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 114–124. https://blamakassar.ejournal.id/educandum/article/view/492

Safitri, M., Aziz, Ridwan. M., Wangge, M. C. T., Jalal, N. M., Louk, M. J. H., Heryanto, H., Budiana, I., Ratnaningsih, P. W., Tambunan, H., & Damopolii, I. (2021). Model Pembelajaran Inovatif (T. S. Tambunan, Ed.; 1st ed.). CV Media Sains Indonesia.

Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. ISLAMIKA: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index .php/islamika/article/view/1047

Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, & Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(1), 104–112. https://jonedu.org/index.php/joe/article /view/348

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. AlMutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188– 198. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/almutharahah/article/view/138

Setiyowati, A., Salsabila, U. H., Zulaika, R., Arista, V. A., & Santoso, Y. W. (2020). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Penggunaan E-Learning Sebagai Platform Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Edureligia, 4(2), 196–206. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/e dureligia/article/view/1497

Subkhan, E. (2016). Sejarah dan Paradigma Teknologi Pendidikan Untuk Perubahan Sosial (1st ed.). Kencana Prenanadamedia Group.

Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 774–783. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/ps np/article/view/5886

Suryaningsih, N. M. A., Herlina, R., Kurniawati, S. N., Sukmawati, R., Hidayat, H., Bayu, I. N., Pramartha, P., Nisa, S. U., Azizah, N. N., Wulan, G., Utami, N., Purwanti, P., Adnyana, I. W. S., & Kartini, K. S. (2023). Strategi Pembelajaran Berbasis Digital Berbagai Bidang Ilmu Pengetahuan (S. Haryanti, Ed.; 1st ed.). CV Media Sains Indonesia.

Susilo, B. (2019). Dampak Positif Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Tumbuh Kembang Anak. SINDIMAS: Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 29, 139–143. https://www.sisfotenika.stmikpontiana k.ac.id/index.php/sindimas/article/vie w/552

Tampubolon, D. P., Thesalonika, N., & Rustini, T. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Alamsyah Agit, Mujahidin, Nurdiati Amiruddin 42 Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 1(1), 9–20. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/J IMU/article/view/24995

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2014). Teknologi Dan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 13–24. https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/view File/17444/13932

Yulianti, W., & Rahmalina, W. (2022). Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Kehidupan Sosial Remaja. Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi, 1(3), 80–84. https://www.ejurnal.akfarmandiri.ac.id/index.php/abdimas/articl e/view/20

Zainuri, A., Aquami, A., & Dewi, R. (2021). Teknologi Pendidikan (T. Qiara, Ed.; 1st ed.). CV. Penerbit Qiara Media. Zakariyah, A., & Hamid, A. (2020). Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Rumah. Intizar, 26(1), 17–26. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php /intizar/article/view/5892
Published
2023-06-01