MODERASI BERAGAMA SEBAGAI KERANGKA PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN

  • Muhammad Suryadi UPTD SD Negeri 105 Barru
Keywords: Moderasi Beragama,, Pendidikan Kebhinekaan, Rahmatan Lil Alamin

Abstract

Banyaknya kasus kekerasan yang mengatasnamakan agama di Indonesia adalah sebab munculnya program Moderasi Beragama. Berdasarkan hal tersebut, Kementerian Agama melakukan transformasi besar-besaran di semua lembaga naungan Kementerian Agama terutama pada sektor pendidikan Islam. Pendekatan desk-study dalam tulisan ini mengelaborasi fakta, data, informasi dan kebijakan Kementerian terkait program Moderasi Beragama pada sektor pendidikan. Hasil dan pembahasan dalam tulisan ini menemukan bahwa sektor pendidikan dimaksudkan menjadi sasaran utama penerapan program Moderasi Beragama. Dalam implementasinya, buku dan kurikulum didesain untuk dijadikan sebagai pedoman pelaksanaan yang memuat landasan, nilai, materi, dan indikator moderasi beragama. Kelompok Kerja (Pokja) yang telah dibentuk merupakan tim khusus dalam rangka mengevaluasi efektivitas program di lapangan tak terkecuali pada sektor pendidikan. Sejak menjadi program utama nasional pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, Kementerian Agama tidak bekerja sendirian. Kementerian Agama telah melakukan upaya berupa sinergitas dan kolaborasi bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Kementerian Dalam Negeri. Terbitnya Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri adalah indikator keberhasilan sekaligus menjadi legitimasi bagaimana menguatkan program Moderasi Beragama sebagai kerangka pendidikan Islam Rahmatan Lil Alamin.

References

Agama, Kementerian. 2019. Moderasi Beragama. Jakarta: Balal Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Aisyah, Novia. “Kemenag Dan Kemendikbudristek Sepakat Perkuat Moderasi Beragama Di Sekolah.” https://www.detik.com/edu/sekolah/d6401163/kemenag-dankemendikbudristek-sepakat-perkuatmoderasi-beragama-di-sekolah (January 26, 2023).

Arif, Muhammad Khairan. 2020. “Moderasi Islam (Wasathiyah Islam) Perspektif Al-Qur’an, As-Sunnah Serta Pandangan Para Ulama Dan Fuqaha.” Al-Risalah 11(1): 22–43.

Arif, Syaiful. 2013. Humanisme Gus Dur. I. ed. Rose KR. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Arrahmah, Syifa. “Bom Bunuh Diri Di Bandung, Pengamat: Jejaring Teroris Indonesia Masih Aktif.” https://www.nu.or.id/nasional/bombunuh-diri-di-bandung-pengamatjejaring-teroris-indonesia-masih-aktifKpFVB (January 25, 2023).

Bashori, Ahmad Dumyathi. 2013. “KONSEP MODERAT YUSUF QARDHAWI: TOLOK UKUR MODERASI DAN PEMAHAMAN TERHADAP NASH.” Dialog: Jurnal Penelitian dan Kajian Islam 36(1). Basri, Husen Hasan. “Mengembangkan Alat Ukur Moderasi Beragama.” https://kemenag.go.id/read/mengemba ngkan-alat-ukur-moderasi-beragamay5jwk (January 26, 2023).

Bayhaqi, Adnan. “Ummatan Wasathan Dalam Tafsir Al-Misbah.” I(1): 91– 102.

Chrisantina, Vita Santa. 2021. “Efektifitas Model Pembelajaran Moderasi Beragama Dengan Berbasis Multimedia Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan dan Pelatihan 5(2): 79–92.

Christianto, Hwian. 2013. “Arti Penting UU No. 1/PNPS/1965 Bagi Kebebasan Beragama.” Jurnal Yudisial 6(1): 1–16.

Dkk, Nursalamah Siagian. “Moderasi Beragama Di Madrasah Aliyah | Republika Online.” https://www.republika.co.id/berita/r3ac hm415/moderasi-beragama-dimadrasah-aliyah (January 26, 2023).

Fukuyama, Francis. 2016. The End History And The Last Man Kemenangan Kapitalisme Dan Demokrasi Liberal. IV. Yogyakarta: Qalam.

Hamid, Ihsan. 2019. “Urgensitas Masyarakat Madani Civil Society Dalam Mengurai Problematika Sosial: Suatu Tinjauan Terhadap Varian Konflik Di Lombok.” SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan 2(1): 45–68.

Hardiman, F. Budi. 2020. Humanisme Dan Sesudahnya. II. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Ihsan, Dian. “Mendikbud Ristek: Intoleransi Tak Boleh Ada Di Pendidikan Indonesia Halaman All - Kompas.Com.” https://www.kompas.com/edu/read/202 1/11/18/164504871/mendikbud-ristekintoleransi-tak-boleh-ada-dipendidikan-indonesia?page=all (January 26, 2023).

“J.D.I.H. - Undang Undang Dasar 1945 - Dewan Perwakilan Rakyat.” https://www.dpr.go.id/jdih/uu1945 (May 30, 2023).

“Kebijakan Penguatan Moderasi Beragama Pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.” https://123dok.com/article/kebijakanpenguatan-moderasi-beragamadirektorat-jenderal-pendidikanislam.q5mg43wj (January 26, 2023).

“Kementerian Agama Terbitkan Tiga PMA Turunan Dari UU Pesantren - UNINUS.” https://uninus.ac.id/kementerianagama-terbitkan-tiga-pma-turunandari-uu-pesantren/ (May 29, 2023).

“Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan » Republik Indonesia.” https://www.kemdikbud.go.id/main/bl og/2021/02/pemerintah-terbitkankeputusan-bersama-tiga-menteri (January 26, 2023).

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2022. diakses 29 Mei 2023.

Mushthafa, M. 2013. Sekolah Dalam Himpitan Google Dan Bimble. I. Muhammad Suryadi 62 Yogyakarta: LKIS Yogyakarta.

Musolli, Musolli. 2018. “Maqasid Syariah: Kajian Teoritis Dan Aplikatif Pada IsuIsu Kontemporer.” AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman 5(1): 60–81.

Nisa, Khaerun, and Muhlis. 2022. “Pendidikan Moderasi Beragama Di Sulawesi Tengah.” Educandum 8(12– 28).

Nurdin, Fauziah. 2021. “Moderasi Beragama Menurut Al-Qur’an Dan Hadist.” Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah 18(1): 59.

“Partisipasi Aktif Masyarakat Mendorong Penurunan Indeks Resiko Dan Indeks Potensi Radikalisme Dan Terorisme Tahun 2022 - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.” https://www.bnpt.go.id/partisipasiaktif-masyarakat-mendorongpenurunan-indeks-resiko-dan-indekspotensi-radikalisme-dan-terorismetahun-2022 (January 25, 2023).

Paryadi. 2021. “Maqashid Syariah : Definisi Dan Pendapat Para Ulama.” Crossborder 4(2): 201–16.

Shafwan, Muhammad Hambal. 2022. “Konsep Wasathiyah Dalam Beragama Perspektif Hadis Nabawi.” Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 6(1): 166–74.

Syahrin, Muh. Aswan. “Jadi Narasumber Di UIN Makassar, Lukman Hakim Saefudin: Moderasi Beragama Milik Semua Agama - UIN Alauddin Makassar.” https://uinalauddin.ac.id/berita/detail/jadinarasumber-di-uin-makassar-lukmanhakim-saefudin--moderasi-beragamamilik-semua-agam-1022/12929 (January 27, 2023).

Ummi, Inayati. 2022. “Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad-21 Di SD/MI.” International Conference on Islamic Education 2: 293–304.

Wahid, Abdurrahman. 2010. Menggerakkan Tradisi Esai-Esai Pesantren. 2010th ed. ed. Hairus Salim H.S. Yogyakarta: LKIS Yogyakarta.

Waseso, H P, and A Sekarinasih. 2021. “Moderasi Beragama Sebagai Hidden Curiculum Di Perguruan Tinggi.” Educandum 7(1): 91–103. https://blamakassar.ejournal.id/educandum/article/view/490
Published
2023-06-01