KESIAPAN PESERTA DIDIK MELAKSANAKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH MENENGAH AGAMA KATOLIK NEGERI ENDE

  • Alsin Pare Sekolah Menengah Agama Katolik Negeri Ende
Keywords: Kesiapan, Profil Pelajar Pancasila,, kurikulum Merdeka, Peserta Didik

Abstract

Peningkatan kasus yang melibatkan anak di Indonesia menjadi indikasi terjadinya penurunan kualitas pendidikan di Indonesia. Pemerintah melalui kemendikbud menginisiasi penerapan kurikulum merdeka belajar dan penguatan profil pelajar Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur persentase kesiapan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Menengah Agama Katolik Negeri Ende. Metode yang digunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh antara lain peserta didik Sekolah Menengah Agama Katolik Negeri Ende siap dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila namun perlu peningkatan pada kesiapan kemampuan kognitif. Hal ini dapat dilihat dari hasil kesiapan fisik, mental dan emosional yang memiliki tingkat kesiapan tinggi, Pada kesiapan kemampuan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek peserta didik Sekolah Menengah Agama Katolik Negeri Ende berada pada kategori tinggi, sedikit berbeda dengan kesiapan kemampuan dasar dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dimana peserta didik kelas X berada pada kategori sedang dan kelas XI dan XI berada pada kategori tinggi, sedangkan pada kesiapan kemampuan kognitif tingkat kesiapan peserta didik berada pada kategori sangat rendah pada kelas X dan XII sedangkan pada kelas XI berada pada kategori rendah.

References

Abubakar, A. (2021). Implementasi Kurikulum Darurat Pada Madrasah Negeri Di Kabupaten Gowa. Educandum, 7(1), 1–18. https://blamakassar.ejournal.id/educandum/article/view/485

Adisti, A. R., Yuliasri, I., Hartono, R., & Fitriati, S. W. (2020). Pengembangan Literasi Digital Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini dalam Menyambut Kurikulum Merdeka. 111–119.

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Project based learning integrated to stem to enhance elementary school’s students scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 261–267. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.549 3

Anazifa, R. D., & Djukri. (2017). Projectbased learning and problem- based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 346–355. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.111 00

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Baik, C., Larcombe, W., & Brooker, A. (2019). How universities can enhance student mental wellbeing: The student perspective. Higher Education Research & Development, 38(4), 674–687.

Bevans, K. B., Fitzpatrick, L., Sanchez, B. M., Riley, A. W., & Forrest, C. (2010). Physical education resources, class management, and student physical activity levels: A structure‐ process‐outcome approach to evaluating physical education effectiveness. Journal of School Health, 80(12), 573–580.

Castillo, L. G., & Schwartz, S. J. (2013). Introduction to the special issue on college student mental health. In Journal of clinical psychology (Vol. 69, Issue 4, pp. 291–297). Wiley Online Library.

Chance, B., Ben-zvi, D., Garfield, J., & Medina, E. (2007). The Role of Technology in Improving Student Learning of Statistics. 1(September), 1–24. Educandum: Volume 9 Nomor 1 Juni 2023 73

Costley, K. C. (2014). The Positive Effects of Technology on Teaching and Student Learning. 139.

Cradler, J., McNabb, M., Freeman, M., & Burchett, R. (2002). How does technology influence student learning? Learning and Leading with Technology, 29(8), 46–49.

Dalyono, M. (2005). Psikologi Pendidikan: Komponen MKDK. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Ejournal UPI, 19(2), 213–226.

Gustiyani, A. (2015). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kesiapan Belajar Mandiri pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tuntang. 1–33. https://repository.uksw.edu/bitstream/1 23456789/9164/2/T1_802011103_Full text.pdf

Hamalik, O. (2004). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan dan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Harahap. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Paramedic. Akuntabel, 16(1), 47–53. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.ph p/AKUNTABEL

Hikmawati, A. N., Huriah, T., & Khoiriyati, A. (2018). PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR MAHASISWA. Jurnal Kesehatan “Samodra Ilmu,” 9(1), 62.

Johan Wicaksana, E. (2017). Unnes Science Education Journal THE EFFECTIVENESS OF PROJECT BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENTS VOCATIONAL SKILLS. Usej, 6(3), 1694–1699. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.p hp/usej

Katz, D. S., & Davison, K. (2014). Community college student mental health: A comparative analysis. Community College Review, 42(4), 307–326.

Kemendikbud Ristek. (2021). Profil Pelajar Pancasila. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/pro fil-pelajar-pancasila, diakses 26 February 2022 13.26

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: a review of the literature. 44(July).

KPAI. (2021). Data Kasus Pengaduan Anak 2016 -– 2020. Sekretariat Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). https://bankdata.kpai.go.id/tabulasidata/data-kasus-pengaduan-anak2016-2020, diakses 26 Februari 2022 18.47

Kristiono, N. (2017). Penguatan Ideologi Pancasila Di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang.

Harmony, 2(2), 193–204. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.p hp/harmony/article/view/20171/9563

Kulinna, P. H., Martin, J., Lai, Q., Kliber, A., & Reed, B. (2003). Student physical activity patterns: Grade, gender, and activity influences. Journal of Teaching in Physical Education, 22(3), 298–310.

Marianti, A., & Rahayuningsih, M. (2022). The Implementation of Project-Based Learning Model with Instagram Media towards Students’ Critical Thiking and Creativity. Unnes Science Education Journal, 11(1), 9– 16. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.p hp/usej Alsin Pare 74

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=0 WAlEAAAQBAJ

Munawaroh, R., Subali, B., & Sopyan, A. (2012). Penerapan Model Project Based Learning dan Kooperatif untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswa SMP. Upej, 1(1), 33–37. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php /upej

Olga, Y., Sabon, S., & Istiyono, E. (2022). Developing " Pancasila Student Profile " instrument for self-assessment. 26(1), 37–46.

Radford, M. (2003). Emotional Intelligence and Education. International Journal of Children’s Spirituality, 8(3), 255–268. https://doi.org/10.1080/136443603200 0146520

Rasyid, M. D. M. M. S. M. T. H. P. (2021). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Pendidikan Multikultural Di Man 3 Sleman. Educandum Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 219–229. https://blamakassar.ejournal.id/educandum/article/view/545 /354

Reiff, H. B., Hatzes, N. M., Bramel, M. H., & Gibbon, T. (2001). The relation of LD and gender with emotional intelligence in college students. Journal of Learning Disabilities, 34(1), 66–78.

Riduwan. (2007). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. In Alfabeta.

Saklofske, D. H., Austin, E. J., Mastoras, S. M., Beaton, L., & Osborne, S. E. (2012). Relationships of personality, affect, emotional intelligence and coping with student stress and academic success: Different patterns of association for stress and success. Learning and Individual Differences, 22(2), 251–257. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2011. 02.010

Slameto, B. (2003). Belajar dan FaktorFaktor yang Mempengaruhinya (Cetakan IV). In Jakarta:Rineka Cipta.

Soemanto, W. (2006). Psikologi Pendidikan, cetakan kelima. Jakarta:Rineka Cipta.

Tam, H. lin, Kwok, S. Y. C. L., Hui, A. N. N., Chan, D. K. yin, Leung, C., Leung, J., Lo, H., & Lai, S. (2021). The significance of emotional intelligence to students’ learning motivation and academic achievement: A study in Hong Kong with a Confucian heritage. Children and Youth Services Review, 121(December 2020), 105847. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2 020.105847

Taras, H. (2005). Physical activity and student performance at school. Journal of School Health, 75(6), 214– 218.

Technology, C. (2013). Factors enabling the use of t echnology in subject teaching Begum Cubukcuoglu Eastern Mediterranean University , North Cyprus. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 9(3), 50–60.

UNICEF. (2012). School readiness (A conceptual Framework). United Nations Children’s Fund (Education Section, Programme Division). https://doi.org/10.2307/1602361

Wijanarko, A. G., Supardi, K. I., & Marwoto, P. (2017). Keefektifan Model Project Based Learning Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Journal of Primary Education, 6(2), 120–125.

Yustina, Syafii, W., & Vebrianto, R. (2020). The effects of blended learning and project-based learning on pre-service biology teachers’ creative thinking skills through online learning in the COVID-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 408– 420. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706

Zarezadeh, T. (2013). The Effect of Emotional Intelligence in English Language Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 84, 1286– 1289. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013. 06.745
Published
2023-06-01