INOVASI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

  • Arsyil Waritsman 1Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Ambon
  • Frida Afryanti Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Tolitoli
Keywords: Inovasi Pembelajaran, Masa Pandemi Covid19, Indonesia, Systematic literature review

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review dengan tahapannya meliputi antara lain Tahap Identifikasi, Tahap penyaringan, Tahap Kelayakan; Tahap Inklusi. Hasil temuan dari analisis sistematis dan komprehensif yang dilakukan, ditemukan beberapa hal antara lain: (1) Inovasi pembelajaran memiliki variasi yang cukup banyak atau begitu beragam pada masa pandemi covid19; (2) Aspek penelitian terkait inovasi mencakup tiga hal antara lain aspek implementasi, pengembangan dan keefektifan; (3) Pendekatan penelitian yang dilakukan terkait dinamika inovasi pembelajaran pada masa pandemi covid-19 bervariasi meliputi studi literatur, deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, kuasi eksperimen, Penelitian pengembangan dan penelitian tindakan kelas; dan (4) Inovasi pembelajaran pada memberikan beragam manfaat pada dunia pendidikan. Secara keseluruhan, kontribusi utama artikel ini adalah penelitian inovasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di Indonesia penting dan menjanjikan. Lebih lanjut, studi literatur ini memberikan warna baru terkait bagaimana tren dari inovasi pembelajaran itu sendiri, dan diharapkan menjadi pendorong untuk dilakukan kajian lebih lanjut tentang inovasi pembelajaran dalam cakupan yang lebih luas, mengingat artikel ini hanya mengkaji dalam cakupan inovasi pembelajaran di Indonesia saja. 

References

Adawiyah, R., Robbia, A. Z., Jariah, A., Syukur, A., & Jamaluddin, J. (2021). Inovasi Video Pembelajaran Kimia sebagai Solusi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19 di MAN 2 Kota Bima. Jurnal Ilmiah

Arsyil Waritsman. Frida Afryanti 84 Profesi Pendidikan, 6(2), 175–181. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.185

Afifah, K. R., & Istiqomah, W. N. (2022). Pengembangan Literasi Berbasis Mobile Learning pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(2), 1659–1667.

Amin, M. (2021). Teknologi dan Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasiologi, 7(2), 1–12. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.47 783/literasiologi.v7i2.274

Ananda, R., & Amiruddin, A. (2017). Inovasi Pendidikan: Melejitkan Potensi Teknologi dan Inovasi Pendidikan. CV Widya Puspita.

Faizah, T. I., & Fatayan, A. (2022). Pengaruh Media Youtube pada Pelajaran Pendidikan Lingkungan & Budaya Jakarta (PLBJ) Materi Alat Musik Gambang Kromong kepada Minat Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5475–5482. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i 3.2992

Fransisca, Zahra, J. O. V, Anggraeni, S. H., & Aeni, A. N. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(3), 5268–5277.

Fuadi, H., Melita, A. S., Siswadi, S., Jamaluddin, J., & Syukur, A. (2021). Inovasi LKPD dengan Desains Digital Sebagai Media Pembelajaran IPA di SMPN 7 Mataram pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 167–174. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.184

Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(1), 8–16. https://doi.org/10.9744/JMK.13.1.8- 16

Irsyad, M. (2021). Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 103– 130. https://doi.org/https://doi.org/10.5415 0/thawalib.v1i2.14

Khairani, F., Ningtias, I. W. U., & Destini, F. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Perkuliahan ELearning pada Mata Kuliah Landasan Kependidikan. Jurnal Basicedu, 5(6), 5530–5541. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i 6.1582

Kristanto, A. (2020). Bentuk Pembelajaran Vokal secara Daring. Tonika: Penelitian Dan Pengkajian Seni, 3(2), 128–137.

Liberati, A., Altman, D. G., Tetzlaff, J., Mulrow, C., Gøtzsche, P. C., Ioannidis, J. P. A., Clarke, M., Devereaux, P. J., Kleijnen, J., & Moher, D. (2009). The PRISMA statement for reporting systematic reviews and meta-analyses of studies that evaluate health care interventions: explanation and elaboration. PLoS Medicine, 6(7). https://doi.org/10.1371/JOURNAL.P MED.1000100

Makhin, M. (2021). Hybrid Learning: Model Pembelajaran pada Masa Pandemi di SD Negeri Bungurasih Waru Sidoarjo. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 95–103. https://doi.org/10.55352/mudir.v3i2.3 12

Mudhita, S., Setiawan, S., Kurniawati, L. S. M. W., Marta, R. F., & Chinmi, M. (2021). Komparasi Efektifitas Komunikasi pada Bimbingan Belajar Konvensional dengan Ruang Guru di Masa Pandemi COVID-19. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 49. https://doi.org/10.33021/exp.v4i1.134 6

Neliati, R. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Pada Siswa Kelas X AKL 1 SMKN 1 Kandangan Tahun 2021/2022. 2(2), 200–206.

Norhikmah, N., Rizky, N. F., Puspita, D., & Saudah, S. (2022). Inovasi Pembelajaran di masa Pendemi: Implementasi Pembelajaran berbasis Proyek Pendekatan Destinasi Imajinasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3901–3910. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1 886

Qadriani, N. L., Hartati, S., & Dewi, A. (2021). Pemanfaatan Youtube dan Edpuzzle sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Video Interaktif. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.36722/jpm.v4i1.841

Sugestiana, & Soebagyo, J. (2022). Respon Siswa terhadap Implementasi Media Edpuzzle dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid19. Jurnal Basicedu, 6(2), 2637–2646. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31 004/basicedu.v6i2.2439

Suryani, L., Susilawati, T., & Harjito, H. (2021). Inovasi Pembelajaran Blended Learning dengan Metode Project Based Learning. Jurnal Tambora, 5(2), 79–86. https://doi.org/10.36761/jt.v5i2.1129

Sutono, S., Karim, K., & Kurnia, A. (2021). Inovasi Sistem Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 (Suatu Studi Deskriptif Kualitatif di SMAN 1 Empang. 5(1), 22–26. https://doi.org/10.36761/jt.v5i1.993

Talkah, T., & Muslih, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 13–21. https://doi.org/10.55352/mudir.v3i1.1 36

Tasyari, S., Putri, F., Aurora, A. A., Nabilah, S., Syahrani, Y., & Suryanda, A. (2021). Identifikasi Media Pembelajaran pada Materi Biologi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.32938/jbe.v6i1.905

Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra` : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(2). https://www.jurnal.umpar.ac.id/index. php/istiqra/article/view/461

Wahid, A. H., Muali, C., & Putri, A. A. (2018). REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER DALAM PERSPEKTIF TRANSFORMASI SOSIAL (Vol. 7, Issue 1).

Waritsman, A., & Hatapayo, R. (2022). The Trend of Training Innovations in Indonesia: A Systematic Literature Review. Jurnal Prajaiswara, 3(2), 170–176. https://doi.org/10.55351/prajaiswara.v 3i2.55

Widiyanto, A. (2021). Rekonkretisasi Pendekatan Komunikatif Via Model Patang Go, Unine Pembelajaran Paramasastra di SD Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bastrindo, 2(2), 81– 90. https://doi.org/10.29303/jb.v2i2.257

Widyaningrum, H. K., & Rahmanumeta, F. M. (2016). Pentingnya Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Menghadapi Kreativitas Siswa di Masa Depan. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), 0(0), 268–277. http://prosiding.unipma.ac.id/index.ph p/PIS-FoE/article/view/98

Wijayanti, P. A., & Utami, R. D. (2022). Pemanfaatan Twibbon sebagai Upaya Pendidikan Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(4), 6733–6741. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i 4.3358
Published
2023-06-01