STRATEGI PENGEMBANGAN TOLERANSI BERAGAMA DI SMK NEGERI 1 TANATORAJA
Abstract
Toleransi beragama merupakan hal mutlak dalam menjalani kehidupan bernegara di Republik Indonesia. Hal ini perlu ditunjang dengan adanya strategi untuk tetap menjaga kondusifnya proses keagamaan di lingkungan manapun kita berada termasuk di lingkungan sekolah. Riset ini bermaksud menelusuri faktor interen dan faktor eksteren, menyusun strategi, dan merumuskan keutamaan strategi prioritas dalam mengembangkan toleransi beragama di SMK Negeri 1 Tana Toraja. Riset ini menerapkan metode deskriptif analitis kualitatif yang menggunakan instrumen observasi, pedoman wawancara, dokumentasi, diagram SWOT. Proses penyusunan strategi pengembangan toleransi beragama di SMK Negeri 1 Tana Toraja dilakukan melalui 3 tahapan analisa yakni tahapan input, tahapan penyelarasan, serta tahapan kesimpulan. Temuan riset menjelaskan yakni pengutamaan strategi bagaimana pengembangan toleransi beragama di SMK Negeri 1 Tana Toraja yaitu memaksimalkan program penguatan keagamaan yang sarat dengan moderasi dan toleransi beragama. Kesimpulan penelitian ini terbagi atas 2 (dua) yakni adanya faktor interen yaitu komitmen tinggi Kepala Sekolah untuk penguatan toleransi beragama di lingkup di SMK Negeri 1 Tana Toraja serta kesadaran yang tinggi dari semua pihak terhadap pentingnya toleransi. Faktor eksternalnya adalah dukungan komite sebagai perwalian siswa atas setiap kegiatan keagamaan dan respon positif dari kalangan pemerintah setempat dan masyarakat terhadap berbagai kegiatan dan perayaan keagamaan tanpa membeda-bedakannya. Yang kedua adalah prioritas strategi utama adalah memaksimalkan program penguatan keagamaan yang sarat dengan moderasi dan toleransi beragama serta saling memberi ruang antar individu dengan individu lainnya yang tidak harus melihat agama bahkan kepercayaan. Strategi
Pengembangan,
Toleransi Beragama,
Tana Toraja
References
Abror Mhd. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi: Kajian Islam dan Keberagaman. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(1), 137–148. 104 https://doi.org/10.35961/rsd.v1vi2i.17 4
Anggita, I. S., & Suryadilaga, M. A. (2021). Mengajarkan Rasa Toleransi Beragama Pada Anak Usia Dini Dalam Persepektif Hadis. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 110–118. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.1 2538
Anwar, S. (2022). Metode Dan Strategi Pengembangan Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Pedagogy, 20(1), 1–20. http://jurnal.staimuhblora.ac.id/index. php/pedagogy/article/view/112
Holifah, N., & Saifulah, S. (2020). Pro Kontra Pluralisme Umat Beragama: Perspektif Guru PAI Tingkat SMA Sederajat. Journal Multicultural of Islamic Education, 4(1), 36–47.
Jamaluddin, J. (2022). Implementasi Moderasi Beragama di Tengah Multikulturalitas Indonesia (Analisis Kebijakan Implementatif pada Kementerian Agama). AS-SALAM Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(1), 1–13. https://journal.staiyamisa.ac.id/index.php/assalam/issue/ view/10
Khoirul Umam, M. (2019). Lembaga Pendidikan Islam Dalam Telaah Lingkungan Strategik. Jurnal Tinta, 1(2), 16–29.
Mardiyah, R. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Di Smas Paramarta I Seputih Banyak. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(2), 421– 436. http://repository.radenintan.ac.id/id/ep rint/11362
Muri’ah, S. (2018). Strategi Pengembangan Pendidikan Wilayah Perbatasan (Studi Kasus pada Madrasah Ibtidaiyah Tapal Batas Sebatik dan Nunukan). Fenomena: Jurnal Penelitian, 10(2), 135–148. https://doi.org/10.21093/fj.v10i2.1340
Noor, T. R. (2020). Alternatif Pemecahan Masalah pada Masyarakat Multikultural. AL-IMAN: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 4(2), 204–232.
Novianti, N., & Winazasari, W. (2022). Analisa Manajemen Keuangan Dan Strategi Pengembangan Café ABC. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 1–16. https://journal.moestopo.ac.id/index.p hp/jmb/index
Purnomo, S. A. (2019). Pengembangan Organisasi dan Organisasi yang Sehat : Kreatifitas, Strategi serta Tantangan Sekolah. Alasma :Jurnal Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 1(2), 22.
Rachman, N. M. (2019). Analisis Strategi Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Perdagangan Menuju Corporate University. Cendekia Niaga, 3(2), 8– 28.
Rahmawati, A. Y. (2021). Komunikasi Dialogis Berbasis Budaya Lokal Sekaten (Studi terhadap Abdi Dalem Keraton Yogyakarta). AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 8(1), 27–42. https://doi.org/10.21043/attabsyir.v8i1.9703
Wahyu, I. (2020). Implementasi Pendidikan Nilai dan Konsep Masyarakat Madani Dalam Pembelajaran IPS. Bihari: Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 3(1), 37–52. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/biha ri/article/view/1824
Yuwafik, M. H., & Muhid, A. (2020). Strategi Dakwah Pesantren Luhur Al-Husna Dalam Menjaga Toleransi Beragama Di Kota Surabaya. MUHARRIK: Jurnal Dakwah Dan Sosial, 3(02), 195–211. https://doi.org/10.37680/muharrik.v3i 02.431
Zain, A. (2020). Strategi Penanaman Toleransi Beragama Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 97–111. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v4i01.4987