PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN DENGAN METODE DRILL BERBASIS APLIKASI SALAAM SISWA SMKN 1 WAJO
Abstract
Signifikansi peran guru dalam mendesain dan melaksanakan pembelajaran sangat menentukan kualitas suatu pembelajaran yang akan berimplikasi pada peningkatan kemampuan kognitif dan psikomotor siswa, oleh sebab itu guru seharusnya mampu memilih dan menggunakan metode, model dan pendekatan yang variatif sesuai dengan kemampuan minat dan tipe belajar siswa demi tercapainya pembelajaran yang bermakna, apalagi ketika mengajarkan materi Al-Qur’an diperlukan metode khusus dan sebaiknya dipadukan dengan teknologi digital sebagai teman setia siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengulas penerapan metode drill berbasis aplikasi Al-Qur’an digital yang bernama SALAAM dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktek. Analisis data kualitatif menggunakan data statistik deskriptif dan analisis data kuantitatif diperoleh dari perhitungan nilai praktek, mean, presentase ketuntasan dan selisih. Hasil dari penelitian ini yaitu pada siklus 1 terdapat 15 siswa dengan persentase 78,95% yang mendapatkan nilai KKM dan 4 siswa dengan persentase 21,05% yang belum mencapai nilai KKM, sedangkan Hasil pada siklus 2 menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu terdapat 19 siswa dengan persentase 94,74% yang mencapai KKM dan 1 siswa belum mencapai dengan persentase 5,26%. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill berbasis aplikasi Salaam dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XII OTKP 2 SMKN 1 Wajo.
References
Haryati, A. F. (2017). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Bina Dri Anak Tuna Grahita Sedang Kelas Ii DiSLB. Jurnal Pendidikan Khusus, Vol 9 No 3 (2017): volume 9 nomor 3 edisi Yudisium, 1–13. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/j urnal-pendidikankhusus/article/view/19916
Hasanah, U., & Setia, D. S. (2020) Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an Melalui Pengenalan Makhorijul Huruf Pada Anak Menggunakan Metode Sorogan. 1–14.
Irawan, G., Sugiarto, T., & Kurniawan, A. W. (2020). Upaya Meningkatkan Akurasi Teknik Passing Menggunakan Metode Drill Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola. Jurnal Penjakora, 6(2), 92. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i 2.19976
Kamaliah, S. N. (2014). Penerapan Metode Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Al Quran Pada Siswa Smk Negeri I Kelas XI Samarinda tahun Pelajaran 2014. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur. IX(2), 123–143.
Kunandar. (2018). Langkah Mudah Penelitian Tundakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru, Depok: Rajawali Pers. Cet. 11
Kusumawati, E., & Irwanto, R. A. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4, Nomor 1, 49 - 57
Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran,Cet. II. Yogyakarta: Deepublish.
Manan, A., & Lailiyah, H. (2018). Penerapan Metode Drill Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis Mi Islamiyah Soko Glagah Lamongan. Akademika, 12(02). https://doi.org/10.30736/adk.v12i02.1 78
Ramlah. (2018). PenerapanMetodePembelajaran Drill terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X ATPH 1 SMK Negeri 4 Gowa. JurnalChemica Vo/. 19 Nomor 1 Juni 2018, 1 - 7
Sa’adah, A.S., H. (2020). PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PADA SISWA LAMBAT BELAJAR Sinar. (2018). Active Learning, UpayaPeningkatanKeaktivan dan Hasil BelajarSiswa, Yogyakarta: Cet. I, Deepublish.
Soetrisno, Eddy. (2019). KamusPopuler Bahasa Indonesian. Cet. II. Bandung, SinergiPustaka Indonesia. Educandum: Volume 9 Nomor 1 Juni 2023 115
Syarifuddin. (2018). InovasiBaruKurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Cet. I. Yoyakarta: Deepublish.
Prayitno, A. (2020). Jurnal Pendidikan Dasar Jurnal EduBase Efektivitas Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. 1.
Purwati, P. (2010). Pengaruh Penerapan Metode Drill/Latihan terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih (Penelitian di MTS Attarbiyyah Bayongbong Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(1), 48–53.
Sutarni, S. (2020). Meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan metode drill. 7(1). Tambak, S. (2016). Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 13(113), 110–127.
https://play.google.com/store/apps/details?i d=com.samsung.msci.aceh&gl=US&pl i=1