ANALISIS FAKTOR MINAT BACA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA PALOPO

  • Muh. Nurdin A.N Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo
Keywords: Minat, baca, literasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat menumbuhkan minat baca siswa, di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Gerakan Literasi Madrasah(GLM) membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai, dinilai masih kurang efektif penerapannya dalam upaya menumbuhkan budi pekerti dan minat baca siswa. Selain itu, dalam penelitian ini ditemukan sembilan faktor yang dapat memengaruhi upaya menumbuhkan minat baca siswa yakni, (1) Leader atau guru, (2) alokasi waktu untuk membaca, (3) jenis bacaan, (4) tempat membaca atau perpustakaan, (5) ketersediaan buku bacaan, (6) finansial atau ekonomi siswa, (7) dukungan orang tua, (8) toko buku, (9) motivasi untuk meningkatkan minat baca.

References

A. M. Irkam & G. A Gong. (2021). Gempa Literasi. Jakarta: Kepustakan Gramedia Populer.

C. D. Hirai. (2019). Academic Language/Literacy Strategies for Adolescents A “How To” Manual for Educators. New York: Routledge.

Dwi Siswoyo, dkk. (2017). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Dwi Sunar Prasetyono. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think.

Elizabeth B. Hurlock. (2010). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Hanafi Pelu & Muh. Zainal. (2022). Interactive Communication Through Cas-Cis-Cus Method. Jurnal Ilmiah Nizamia Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama Volume 04, No. 2, April, 171.

Hanafi Pelu&Nurwafia Nur. (2022). Penerapan Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah. Educandum: Volume 8 Nomor 2 November, 242. J.

Parmin. (2014). Membangun Budaya Literasi. Suarabaya: Unesa University Press. Lusi Nuryanti. (2008). Psikologi Anak. Jakarta: Indeks.

Paris & Stahl. (2000). Children's Reading Comprehension and Assessment. London: Lawrence Erlbaum Associates Publisher.

Penny Ur. (2009). A Course in Language Teaching Practice and Theory. United Kingdom: Cambridge University Press.

R. Stone. (2009). Best Parctices for Teaching Reading. America: Corwin Press.

Sutrianto & Rahmawan. (2016). Panduan Gerakan Literasi Madrasahdi Madrasah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

U. Flick. (2010). An introduction to qualitative research. London: SAGE Publication.
Published
2023-06-01