MPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ALEF EDUCATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEMA HIMPUNAN DI MTs AS’ADIYAH ULOE
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk menegaskan bahwa implementasi model PBL berbantuan Alef Education mampu meningkatkan hasil belajar Matematika tema Himpunan di kelas VII B MTs As’adiyah Uloe. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan menyajikan data dalam bentuk tabel/grafik, perhitungan rata-rata, dan persentase menggunakan Ms. Excel. Adapun standar/KKMnya ialah 73. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I ialah 75. Siswa yang tuntas ada 19 orang dengan persentase 61%, sedangkan yang tidak tuntas ada 12 orang dengan persentase 39%. 2) Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II ialah 84. Jumlah siswa dengan kriteria tuntas ialah 31 orang atau 100%. Artinya, tindakan pada siklus II yaitu implementasi PBL berbantuan Alef Education pada materi Himpunan di kelas VII B dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Hamalik, Oemar. 2019. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Harahap, Zulfan Idris Shaleh, Karnace A H Sirait, and Muliawan Firdaus. 2023. ”Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Himpunan Menggunakan LKS dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas VII SMP Negeri Margaasih.” JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 6 (1): 301-310.
Herawati. 2022. “Penerapan Model Blended Learning Berbasis Platform Alef Education pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Dimensi Matematika 5 (2): 509-524.
Hidayat, Ahdi. 2022. “Partisipasi Guru MTsN 1 Bone dalam Workshop Alef Education Indonesia.” Kementerian Agama RI Sulawesi Selatan.
Ibrohim, Iim, et.al. 2020. “Inovasi Sebagai Solusi Masalah Pendidikan.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 6 (2): 548- 560.
Irawan. 2018. “Klasifikasi Model dan Teknik Evaluasi Pembelajaran.” Islamika: Jurnal Agama, Pendidikan dan Sosial Budaya 12 (1): 31-44.
Jamila. (Tt). “Pendidikan Memandirikan dan Mendewasakan Pada Sekolah Berbasis Agama Islam Melalui Kurikulum 2013.” Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Makmur, Gustafadha Amril. 2023. “Tindakan Kelas: Strategi, Gagasan dan Ide Menuju Arah Perubahan Pikiran, Sikap dan Perilaku Siswa dalam Kelas.” Lentera: Multidisciplinary Studies 2 (2): 114- 121.
Nur, Zulfikah. 2022. “Efektivitas Pembelajaran Pasca Pandemi Covid19 di MTs Negeri 1 Makassar.” Educandum 8 (1): 121-128.
Nura’aini, Khumairoh Dwi and Maria Fransina V. Ruslau. 2023. “Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Matematika pada Kompetensi Profesional.” Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika 5 (1): 30-41.
Nurfauziah and Luvy Sylviana Zhanthy 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada Materi Bilangan Bulat.” Journal on Education 1 (2): 215-228.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhaimi. 2022. “Penguasaan Ilmu Dasar Pendidikan (Pedagogik) Sebagai Elemen Utama Kualitas Pengajaran Guru.” Educandum 8 (1): 182-194.
Syafi’i, Ahmad and Muh. Rapi. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran.” Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan 14 (1): 52-70.
Syafi’i, Ahmad and Sahri Bulan. 2022. “Meningkatkan Hasil Belajar Fikih pada Siswa Kelas VII D di MTs As’ adiyah Uloe Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think, Pair, and Share).” Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2 (2): 110-118.