PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitain ini dilakukan dalam rangka meningkatan kapasitas siswa dalam membaca-menulis Al-Qur’an pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti dengan memakai card sort di kelas IV A SDN Bontokamase Sungguminasa Kabupaten Gowa. Penelitian Tindakan Kelas dalam tulisan ini adalah kuantitatif dan kualitatif, dan tersebut terbagi ke dalam dua siklus dan di dalamnya siklus terdapat 4 langkah yaitu: melaksanakan, merencanakan, mengamati, dan merefleksikan. Sasaran dalam riset ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri Bontokamase Sungguminasa sebanyak 34 orang dengan komposisi laki-laki 20 orang dan perempuan 14 orang. Prosedur akumulasi data yang dipakai dalam riset ini yaitu: dokumentasi, observasi, dan tes kemampuan membaca Al-Qur’an. Dalam menganalisis data, teknik yang dipakai adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian menunjukkan hasil bahwa penggunaan card sort mampu meningkatkan kapasitas membaca-menulis Al-Qur’an bagi siswa Kelas IV A SD Negeri Bontokamase Kabupaten Gowa. Pada siklus I, sebelum implementasi card sort, diperoleh nilai presentase siswa mampu membaca Al-Qur’an sebesar 66,17, predikat kurang dan setelah menggunakan metode card sort, rata-rata nilai siswa mampu membaca Al-Qur’an meningkat menjadi 72,58, predikat baik. Demikian halnya pada siklus II, perbandingannya dengan siklus I terjadi kenaikan nilai kemampuan membaca al Qur’an dari 72,58 menjadi 83,41, predikat baik sekali.
References
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan . Edisi kedua.Jakarta: Bumi Aksara.
Hitami, M. (2012). Pengantar Studi alQur’an:Teori dan Pendekatan. LKiS.
Mutahhari, M. (1986). Memahami Alquran. Yayasan Bina Tauhid.
Nu’man, M. (2016). Pembelajaran Matematika Dalam Perspektif Alquran. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 39–49.
Nurdiana, I. W., & Zainiyati, H. salamah. (2020). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android SmartPhone Al-Qurán Hadits Kelas IV MI Hidayatul Ulum Tempel Krian. Journal of Islamic Religious Education, Vol. 04(02), 115–124
Rini Astuti, “Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis”, Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 7.No. 2 (November 2013), 353
Shihab, Q. (1994). Membumikan al-Qur’an Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Mizan.
Prana D. Iswara, “Pengembangan Materi Ajar dan Evaluasi pada Keterampilan Mendengar dan Membaca” 3, no. 1 (1 Maret 2016): 147, https://doi.org/10.17509/mimbarsd.v3i1.2359.