PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI KURIKULUM DI MTsN 1 MAKASSAR

  • Hafiluddin Hafiluddin MTsN 1 Kota Makassar
  • Wahyudin Wahyudin MTsN 1 Kota Makassar
Keywords: Kualitas Pendidikan, Kurikulum, Merdeka Belajar

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memenuhi standar nasional, sangat penting untuk berkonsentrasi pada pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan masyarakat luas. Investigasi kami bertujuan untuk mengidentifikasi pendekatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan perubahan kurikulum di MTs Negeri 1 Makassar. Untuk penelitian ini, kami menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa sistem pendidikan sangat bergantung pada kurikulum untuk meningkatkan kualitasnya. Komponen kurikulum berikut menggambarkan pentingnya: 1) menetapkan tujuan pendidikan bermanfaat bagi guru dan siswa karena memberikan jalur yang jelas dan pasti untuk mencapai tujuan tersebut, 2) menentukan konten pembelajaran membantu siswa dengan mengidentifikasi apa yang harus mereka pelajari di berbagai tingkat pendidikan , dan 3) kurikulum juga berpotensi menentukan daya saing peserta didik berdasarkan kemampuannya. Di MTsN 1 Makassar, penggunaan kurikulum mandiri memainkan peran penting dalam memajukan kualitas pendidikan dengan mengembangkan keterampilan yang diperlukan siswa. Kurikulum ini dirancang khusus untuk mengintegrasikan pemikiran kritis, kreativitas, analisis, dan kerja sama tim dengan pembelajaran mereka, menghasilkan nilai-nilai sosial dan moral yang diperkuat dan pengalaman siswa yang diperkaya. Penekanan kurikulum pada nilai-nilai sosial dan moral membantu pemahaman siswa dan internalisasi nilai-nilai yang diperlukan untuk masa depan yang sejahtera. Rasa tanggung jawab, saling menghormati, dan kerja keras adalah beberapa nilai yang menjadi contoh yang sangat baik. 

References

Abubakar, A. (2021). Implementasi Kurikulum Darurat Pada Madrasah Negeri Di Kabupaten Gowa. Educandum, 7(1), 1–18. https://blamakassar.ejournal.id/educandum/article/view/485

Aldeia, S. A., & Khaerun, N. (2021). Implementasi Kurikulum Darurat Pada Madrasah Di Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Educandum, 7(2), 200–218.

Hafiluddin, Wahyudin 152 Anwar, K. (2018). Peran sistem penjaminan mutu pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Ta’dibuna; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 41–56.

Evy, R. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. MOzaic Islam Nusantara, 7(2), 131–142.

Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir; Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(02), 215– 240.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding, Pendidikan Dasar, 1, 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Marannu, B. (2021). Implementasi Kurikulum Darurat Pada Madrasah Negeri Di Kabupaten Gowa. Educandum, 7(1), 1–18. https://blamakassar.ejournal.id/educandum/article/view/485

Maulida, U. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA. 5(2), 130– 138.

Muslim, A. (2022). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Tecnology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34–40.

Putri, C. A. D., Rindayati, E., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK; Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27.

Rasyid, M. D. M. M. S. M. T. H. P. (2021). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Pendidikan Multikultural Di Man 3 Sleman. Educandum Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 219–229. https://blamakassar.ejournal.id/educandum/article/view/545 /354

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Ejournal UNIB, 13–28.

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih; Journal of Science Education, I(1), 115–132.

Yasin, I. (2021). Problem Kultural Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia : Perspektif Total Quality Management. Inara Journal; Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ilmu Pendidikan, 2, 239–246.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Published
2023-06-01