STRATEGI BIMBINGAN KARIR MELALUI TEKNIK GENOGRAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA MAN

  • Agrianur Rahman MAN 1 Insan Cendekia Gowa
  • Akhmad Harum Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
Keywords: Bimbingan Karir, Tehnik Genogram, Perencanaan karier

Abstract

Kemampuan perencanaan karier adalah kecakapan atau kesanggupan siswadalam menentukan langkah yang akan dilakukan dalam karier melalui teknikgenogram yang menyimpan informasi tentang anggota keluarga dan hubungandiantara mereka sepanjang tiga generasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis:1) gambaran tingkat kemampuan perencanaan karier siswa, 2) Penerapanstrategi bimbingan karier melalui teknik genogram untuk meningkatkankemampuan perencanaan karier pada siswa, dan 3) Apakah Teknik genogramdapat meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa MAN InsanCendekia Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengandesain “nonequlvalent pretest-postest group design. Populasi dalam penelitianini adalah siswa MAN IC Gowa 40 orang dengan sampel penelitian 20 orangyang terbagi pada kelompok eksperimen sebanyak 10 orang dan control 10orang dengan menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulandata menggunakan angket perencanaan karir dan observasi. Hasil penelitian (1)Gambaran tingkat kemampuan perencanaan karir siswa MAN Insan CendekiaGowa sebelum dan sesudah diterapkan strategi bimbingan karir melalui teknikgenogram berdasarkan hasil pretest berada pada kategori sedang. Namunsetelah diadakan posttest pada siswa yang telah di berikan layanan strategibimbingan karier melalui teknik genogram, kemampuan perencanaan kariersiswa MAN Insan Cendekia Gowa berada pada kategori sangat tinggi dantinggi, (2) Gambaran penerapan strategi bimbingan karir melalui teknikgenogram dilakukan dalam 6 tahap pertemuan, yaitu (a) pemberian informasi(orientasi strategi bimbingan karir) (b) konstruksi genogram, (c) identifikasijabatan (d) eksplorasi diri, (e) pengambilan keputusan karir dan pengembanganrencana karir (f) evaluasi dan tindak lanjut, (3)Penerapan strategi bimbingankarier melalui teknik genogram secara signifikan meningkatkan kemampuanperencanaan karier siswa MAN Insan Cendekia Gowa.

References

Abadi, R. W. (2022). The Influence ofPredictors Career Resources on CareerSuccees. International Conference onSustainable Competitive Advantage,214–220.

Afriliyanto, A., & Hastuti, M. M. S. (2021).Implementasi Genogram dalamMeningkatkan Perencanaan danKeputusan Karier. Jurnal PrakarsaPaedagogia, 4(2).https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7617

Amalia Yunia Rahmawati. (2020).Perencanaan Karir Siswa, (July), 1–23.

Anggraeni, R., Handaka, I. B., & Siswanti,R. (2021). Upaya MeningkatkanPerencanaan Karir melalui LayananBimbingan Klasikal dengan MetodeMind Mapping pada Peserta DidikKelas IX-B SMP Negeri 2 KalipucangTahun Ajaran 2021-2022. SeminarNasional Pendidikan Profesi GuruFKIP UAD, 1(1), 1805–1814.

Anshari, N. I., Lubis, F. Y., & Wijayanti, P.A. K. (2022). Career decision-makingdifficulties among socioeconomicallydisadvantaged students (BidikmisiStudents). Jurnal PsikologiPendidikan Dan Konseling: JurnalKajian Psikologi Pendidikan DanBimbingan Konseling, 8(2), 154.https://doi.org/10.26858/jppk.v8i2.37498

Aprilolita, V. (2020). Grit pada Mahasiswa:Skala Self-Reported Dan BehaviorMeasurement.

Apriyanto, I., & Hurriyati, D. (2020).Cognitive Style Mengenai OrientasiMasa Depan Ketika Tamat SekolahPada Siswa Smk Yp GajahmadaPalembang. Jurnal Ilmiah Psyche,14(2), 127–138.https://doi.org/10.33557/jpsyche.v14i2.1228

Bardick, Angela. (2006). Junior High SchoolStudent” Career Plans For The Future:A Canadian Perspective. Journal ofCareer Development, 32, 253.

Chudari, I. N., Mashudi, E. A., &Fatihaturosyidah, F. (2020).Achieving ideal career: improvingstudent’s career self efficacy throughcareer counseling sessions based onH.B Gelatt’s decision theory.ProGCouns: Journal of ProfessionalsEducandum: Volume 9 Nomor 2 Tahun 2023163in Guidance and Counseling, 1(2), 71–84.https://doi.org/10.21831/progcouns.v1i2.34868

Danti, N. N. (2021). Upaya MeningkatkanKemampuan Perencanaan KarierMelalui Layanan Informasi Karierpada Saat Pandemi Covid-19 bagiSiswa di SMA Negeri 2 Praya. JurnalPaedagogy, 8(2), 144.https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3498

Desmita. (2008). Psikologi Perkembangan.

Endendijk, J. J., & Portengen, C. M. (2022).Children’s Views About Their FutureCareer and Family Involvement:Associations With Children’s GenderSchemas and Parents’ Involvement inWork and Family Roles. Frontiers inPsychology, 12(January), 1–11.https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.789764

Farida, A., Suciani, L., & Fiqri, S. M.(2021). Teknik Genogram: SebuahAlternatif Dalam Peningkatan PilihanKarier Generasi Z. Seminar NasionalHasil Penelitian, (2020), 1632–1641.

Ghassani, M., Ni’matuzahroh, N., & Anwar,Z. (2020). Meningkatkan KematanganKarir Siswa SMP Melalui PelatihanPerencanaan Karir. Jurnal IntervensiPsikologi (JIP), 12(2), 123–138.https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss2.art5

Hamzati, N., & Naqiyah, N. (2023).Bimbingan Karier dengan TeknikModeling pada Peserta Didik SekolahMenengah : Systematic LiteratureReview. Indonesian Journal ofGuidance and Counseling: Theoryand Application, 12(1), 1–17.

ILO. (2011). Panduan PelayananBimbingan Karir bagi GuruBimbingan Konseling/Konselor padaSatuan Pendidikan Dasar danMenengah. Jakarta: ILO.

Irmayanti, R. (2018). Genogram UntukMengembangkan KemampuanPerencanaan Karir Siswa SMP.Journal of Innovative Counseling:Theory, Practice, and Research,2(02), 84–89. Retrieved fromhttps://www.journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/257

Lindawati, S., Lubis, D. P., & Fatchiya, A.(2022). Pengaruh Komunikasi SiswaSMK dengan Orang Tua, Guru, danTeman Sebaya terhadap KematanganKariernya. Jurnal KomunikasiPembangunan, 20(02), 140–154.https://doi.org/10.46937/20202240696

Lukman, S. M., Afdal, A., & Yusuf, A. M.(2020). Career guidance andcounseling in holland’s theoryperspective. International Journal ofTechnology, Innovation andHumanities, 1(2), 75–80.

Nur, N. W., Harum, A., & Rahman, A.(2023). Analisis Kebutuhan ModulCareer Information Processing (CIP)Bagi Guru Bimbingan dan KonselingSebagai Media PengambilanKeputusan Karir Peserta Didik.Educandum, 9(1).

Okiishi, R, W. (1985). The Genogram As ATool In Career Counseling. Journal ofCounseling and Development, 66,139–147.

Rahayu, S. (2016). Bimbingan Karierdengan Teknik Genogram dalamAdegan Klasikal (Penelitian danPengembangan Pedoman BimbinganKarier dalam Rangka PengembanganKapasitas Guru Bimbingan danKonseling SMA Negeri di KotaBandung). UPI.

Schlossberg, N. K., Waters, E. B., &Goodman, J. (1995). CounselingAdults in Transition: Linking Practicewith Theory (2nd ed.). SpringerPublishing Company.

Super, D, E. (1990). A life-span, life-spaceapproach to career development.Agrianur Rahman, Akhmad Harum164Journal of Vocational Behavior,16(3), 282–298.

Supriana, Mamat. (2009). Bimbingan Karirdi SMK (E-book).

Undang-undang RI No. 20 Tahun. (2003).Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 6(1). Pudiklat Perpusnas.W.S Winkel dan Hastuti Sri. (2010).Bimbingan dan Konseling di InstutusiPendidikan. Yohyakarta: MediaAbadi.

Widyasari, Aryani, & Sinring. (2023).Pengembangan E-Modul BimbinganKarier Untuk MeningkatkanPerencanaan Karier Bagi SiswaSekolah, 3(4), 118–127.

Yulianti, E. D., Fitri, S., & Herdi, H. (2016).Pengaruh Penggunaan GenogramDalam Konseling Karir UntukMeningkatkan Kematangan KarirPeserta Didik Kelas Xii. Insight:Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 19.https://doi.org/10.21009/insight.041.

Published
2023-11-29