EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MADRASAH DIGITAL BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA MTs NEGERI 1 MAKASSAR

  • Hafiluddin Hafiuluddin MTsN 1 Kota Makassar
  • Ali Hanafi Universitas Megarezky Makassar
Keywords: Madrasah Digital, Media Digital, Teknologi Informasi

Abstract

Madrasah digital merupakan institusi pendidikan Islam yang menggunakanteknologi informasi dan komunikasi untuk menyampaikan materi pelajarankepada siswa secara offline maupun online. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui efektivitas pembelajaran madrasah digital berbasis tekonologi danmenganalisis respons siswa terhadap penggunaan teknologi informasi.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melaluiobservasi dan wawancara. Temuan hasil penelitian bahwa efektivitaspembelajaran MTs Negeri 1 Makassar dilakukan melalui langkah-langkah:pemanfaatan teknologi pendidikan termasuk sarana dan prasarana belajar,aksesbilitas pembelajaran dan keterlibatan siswa, optimalisasi peran guru danorang tua, pengembangan kurikulum madrasah, dan penguatan metodepembelajaran yang bervariasi. Beberapa faktor yang mendukung efektivitaspembelajaran pada madrasah digital antara lain: Infrastruktur teknologiinformasi, kemampuan teknis guru pada madrasah digital, desain instruksionalpembelajaran, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, peran orang tuadalam penyelenggaraan pendidikan, kualitas materi pembelajaran, interaksisosial, evaluasi pembelajaran yang efektif, kebijakan pendidikan, dandukungan teknis dari penyedia platform pada madrasah digital.

References

Brown, K. (2015). Rethinking Assessmentin Modern Education. ContemporaryEducation Review, 18(2), 89-102.

Firmansyah, Deri, and Dede. 2022. “TeknikPengambilan Sampel Umum DalamMetodologi Penelitian: LiteratureReview.” Jurnal Ilmiah PendidikanHolistik (JIPH) 1 (2): 85–114.https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937.

Kholifah, Azhar. 2022. “StrategiPendidikan Pesantren MenjawabTantangan Sosial Di Era Digital.”Jurnal Basicedu 6 (3): 4967–78.https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2811.

Mansir, Firman. 2020. “Diskursus SainsDalam Kurikulum Pendidikan AgamaIslam Di Sekolah Dan Madrasah EraDigital.” Kamaya: Jurnal Ilmu Agama3 (2): 144–57.https://doi.org/10.37329/kamaya.v3i2.437.

Huda, M., & Nur, F. (2020).Pengembangan Konten Digital untukPembelajaran di Madrasah. JurnalInovasi Pendidikan, 22(3), 76-88.

Johnson, M., & Smith, P. (2016).Enhancing Learning ThroughTechnology. Educational Insights,12(3), 76-88.

Jonassen, D., & Land, S.M. (Eds.). (2012).Theoretical Foundations of LearningEnvironments. Routledge.

Moore, M.G., & Kearsley, G. (2011).Distance Education: A Systems Viewof Online Learning (3rd ed.).Cengage Learning.

Rahman, A. (2018). Madrasah Digital:Transformasi Pendidikan di EraTeknologi. Jurnal PendidikanInovatif, 15(2), 89-102.

Syahputra, R. (2017). TantanganPendidikan dalam PenggunaanTeknologi Digital di Madrasah. JurnalHafiluddin, Ali Hanafi174Pendidikan Teknologi Informasi,5(2), 30-41.

Sulaiman. 2017. Pendidikan Madrasah EraDigital. Jurnal Al-Makrifat 2 (1).Smith, J., Adams, A., & Clark, T. (2017).Inclusive Teaching in the Digital Age.Journal of Educational Technology,24(2), 45-58.Thomas, L. (2018). Project-BasedLearning: Fostering Critical Thinkingin the Classroom. Journal of ActiveLearning, 5(1), 30-41.

Hafiluddin, H. and Wahyudin, W., 2023.Peningkatan Kualitas PendidikanMelalui Kurikulum di MTsN 1Makassar. Educandum, 9(1), pp.144-152.

Marannu, B., 2019. Dampak SertifikasiGuru terhadap Peningkatan KualitasPendidikan diMadrasah. Educandum, 5(1), pp.109-126.
Published
2023-11-29