SINKRONISASI NILAI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHAMATAN LIL ALAMIN (P5P2RA) PADA KURIKULUM MERDEKA DAN NILAI MODERASI BERAGAMA

  • Istiati Hatma Mallewai Balai Diklat Keagamaan Makassar
Keywords: Sinkronisasi, nilaiP5P2RA, ModerasiBeragama, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini menyajikan tingkat sinkronisasi antara nilai Projek PenguatanProfil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA) dan nilaimoderasi beragama serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhiintegrasi dari kedua set nilai ini dalam pembelajaran dan kegiatan proyek padakurikulum Merdeka di madrasah dan Raudhatul Athfal (RA). Pendekatanpenelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan desain penelitianmenggunakan"Explanatory Sequential Mixed Method", dimana datadikumpulkan melalui survei, wawancara, dan observasi dari peserta programpendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKMBK),peserta didik, dan staf madrasah di cluster Kemenag Kab. Wajo,Soppeng, Pare-pare, dan Barru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagianbesar guru dan peserta didik telah memiliki pemahaman yang baik tentangnilai-nilai P5P2RA dan moderasi beragama. Namun, integrasi nilai P5P2RAdan nilai moderasi beragama ini dalam kegiatan pembelajaran dan projekmengalami kendala dalam perumusannya berdasarkan konsep Teaching atRight level (TaRL) pada pembelajaran dan kegiatan projek. Faktor kurangnyaliterasi guru dalam mengadaptasi kegiatan pembelajaran dengan muatan nilaimempengaruhi sejauh mana kedua set nilai ini dapat terintegrasi. Hasilpenelitian ini menyiratkan pentingnya pengembangan strategi yang lebihefektif untuk mendukung integrasi nilai P5P2RA dengan moderasi beragamadalam konteks pembelajaran dan kegiatan projek. Kebutuhan atas pelatihanyang bersifat teknis, perubahan mindset terhadap kurikulum, serta peranstakeholder di satuan madrasah dan RA yang lebih aktif dapat meningkatkankoherensi nilai-nilai ini. Keselarasan antara nilai P5P2RA dan moderasiberagama merupakan kunci untuk menciptakan lingkungan pendidikan yanginklusif dan harmonis bagi peserta didik dan lingkungannya.

References

Aini, F. N., and S. Fitriyah. 2020. “Evaluasi Implementasi Program P5P2RA Pada Madrasah Madrasah Tsanawiyah Al Ikhlas Kecamatan Bantul.” Jurnal Pembelajaran Islam Indonesia.

Alkatiri, R, and R Jusuf. 2023. “Konstruksi Pemahaman Pluralisme Dan Relevansinya Dengan Moderasi Beragama Peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado.” … of Islamic Education: The Teacher of …. http://journal.iainmanado. ac.id/index.php/jpai/article/vie w/2707.

Amiruddin, B, M Yasin, L Rabani, and ... 2023. “Pelatihan Pembelajaran Blended Learning Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar.” Amal Ilmiah: Jurnal …. http://amalilmiah.uho.ac.id/index.php/j ournal/article/view/47.

Anas, Akhmad Zaenul Ibad, Nova Khairul Anam Anam, and Fitri Hariwahyuni. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah (MI) (Studi Analisis Kebijakan KMA RI No. 347 Tahun 2022).” Journal of Creative Student Research (JCSR) 1 (1): 99– 116.

Arrosyid, H. 2022. “AKTUALISASI MODERASI BERAGAMA MODEL E-COLLAGE: INTERNALISASI KONSEP EQUILIBRIUM BERBASIS KONTEN DIGITAL PERSPEKTIF KHAZANAH ….” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora. https://www.bajangjournal.com/index. php/JPDSH/article/view/3783.

Damayanti, I, and M I Al Ghozali. 2023. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Program Kokurikuler Di Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia. https://www.ejournal.unma.ac.id/index .php/jee/article/view/5563.

Efendi, M Y, and F Rozi. 2022. “Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka Di MAN 4 Bojonegoro Jawa Timur.” Jurnal Pendidikan Dan …. http://journal.universitaspahlawan.ac.i d/index.php/jpdk/article/view/9582.

Ghufron, A. 2009. “Implementasi Kurikulum Bebasis Kesetaraan Gender.” Seminar Nasional" Gender Dalam Pendidikan Formal …. staffnew.uny.ac.id. https://staffnew.uny.ac.id/upload/1317 82837/penelitian/IMPLEMENTASI+ KURIKULUM+BEBASIS+KESETA RAAN+GENDER.pdf.

Habibi, M M. 2022. “INTEPRETASI DAN IMPLIKASI MBKM TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UII.” EL-TARBAWI. https://journal.uii.ac.id/Tarbawi/article /view/26988.

Harmi, H. 2022. “Analisis Kesiapan Program Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah/Madrasah.” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia). pdfs.semanticscholar.org. https://pdfs.semanticscholar.org/d8dc/ 77846efe1692d89e75a263fd9d9b4703 fcd3.pdf.

Jamil, I. 2023. Pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an Kota Banda Aceh (Studi Komparatif Pada Kemenag Dengan Lpptka). repository.arraniry. ac.id. https://repository.arraniry. ac.id/id/eprint/29715/

Jannah, R. 2020. “Strategi Penerapan Kurikulum Dan Problematikanya Di Madrasah Ibtidaiyah.” MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu …. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/i ndex.php/MAGISTRA/article/view/39 42.

Maki, A, I Wasliman, and E Dianawati. 2022. Manajemen Strategis Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kinerja Guru. jurnal.iicet.org. https://jurnal.iicet.org/index.php/jrti/art icle/view/2429.

Maulana, C. 2021. “IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERAPAN KURIKULUM MUATAN LOKAL KESENIAN BETAWI PADA LINGKUNGAN PENDIDIKANFORMAL DI PROVINSI DKI ….” Jurnal Genta Mulia. ejournal.stkipbbm.ac.id. http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.ph p/gm/article/download/210/189.

Nastiti, D. 2023. “Peran Organisasi Mahapeserta didik Dalam Pembentukan Sikap Demokratis.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan. http://ejournal. uniflor.ac.id/index.php/JPM/art icle/view/2433.

Philip, P W K. 2022. “INTEGRASI SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PESERTA DIDIK ….” Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/s tilistika/article/view/2320.

Puspitaningrum, D, and T Indrawati. 2023. “Desain Model Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini Berbasis Literasi Humanis (Early Childhood Language Learning Design Based on Humanist Literacy).” Jurnal Bahasa, Sastra, Dan …. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.ph p/jbsp/article/view/16976.

Ridwansyah, R. 2023. “Mediasi Kerja Ikhlas Antara Perilaku Kerja Terhadap Keterlibatan Dan Budaya Kerja Guru.” MDP Student Conference. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc /article/view/4446.

Siregar, R S. 2023. BUDAYA TOLERANSI DI INDONESIA SEBAGAI WUJUD MODERASI BERAGAMA. digilib.iainptk.ac.id. https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handl e/123456789/2198.

Suwito, Suwito, Hero Wintolo, and Dwi Nugraheny. 2012. “Sinkronisasi Tabel Berbasis Record Menggunakan Sistem Keamanan Authentication, Authorization, Accounting (Aaa) (Studi Kasus Di Stta Yogyakarta).” Compiler 1 (2): 99–108. https://doi.org/10.28989/compiler.v1i2 .22.

Syarif, Z, and A M Thabrani. 2020. Paradigma Moderasi Keilmuan Perspektif Epistimologi Ma’had Internasional. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en &lr=&id=QgYlEAAAQBAJ&oi=fnd &pg=PP1&dq=studi+yang+terkait+sin kronisasi+nilai+moderasi+beragama& ots=frKONvvYk7&sig=OYsMGGAjn M5zqcx86d-p9xOf498.

Tanhidy, J. 2023. “Quo Vadis Lulusan Sekolah Tinggi Teologi Di Indonesia Era Merdeka Belajar: Perspektif Etis- Teologis.” … National Conference of Christian Education and …. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.p hp/NCCET/article/view/698.

Zainab, M P I. 2022. PEMETAAN POTENSI SOSIAL-KEAGAMAAN MADURA Menuju Distingsi Riset Dan Pengabdian Masyarakat Di IAIN Madura. repository.iainmadura.ac.id. http://repository.iainmadura.ac.id/830/.

Zarkasi, Taqiudin, Muslihatun, and Masriatul Fajri. 2022. “Madrasah Dalam Platfom Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Gema Nurani Guru 1 (2): 71–77. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Published
2023-11-29