PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA

  • Kamila Kamila MIS DDI LIPU
Keywords: Peran Guru, Mengembangkan, Belajar, Siswa

Abstract

Artikel ini akan menguraikan fungsi guru dalam meningkatkan semangatbelajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah agar guru mengetahui perannyadalam mengembangkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah kualitatif, dan jenis penelitian yang dilakukan penelitiadalah deskriptif. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, guru tidak lagisekedar mendidik di dalam kelas, namun juga berperan penting dalammembimbing keterampilan dan minat siswa guna meningkatkan danmenumbuhkan minat belajar yang baik. Seorang guru terlebih dahulumemahami cara menasihati, melatih, menilai, dan mengevaluasi siswa, sertakelebihan dan kekurangannya. Selain sebagai komponen ketika gurumemahami perannya dalam mengembangkan siswa, mereka juga sangatmampu melakukan penyesuaian, seperti memodifikasi definisi teknikpembelajaran, model pembelajaran, dan definisi materi, melibatkan siswa dikelas, dan memecahkan kesulitan siswa. Ketika peran guru berhasil, siswamenjadi lebih tertarik untuk belajar karena instruktur akhirnya mampumendeteksi keterampilan setiap siswa dan mendidik mereka untukmeningkatkannya berdasarkan minat dan kelebihannya. Siswa akan mencapaikesuksesan baik dalam bidang akademik maupun non-akademik jikaketerampilan dan minat mereka dikembangkan secara efektif. Selain itu, gurudapat menerapkan infrastruktur yang memenuhi kebutuhan siswa, sehinggasiswa dapat dengan mudah berkreasi dan berinovasi berdasarkan bidangkeahliannya.Kata Kunci:Peran Guru,Mengembangkan,Belajar, Siswa

References

Annisa Anita Dewi, S.Pd. 2017. Guru mata tombak pendidikan. Sukabumi : CV. Jejak.

Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dea Kiki Yestiani & Nabila Zahwa. 2020. "PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR." Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar Volume 4, Nomor 1 hlm 42.

Desi Rahmatika, Muriani & Merika Setiawat. 2022. "Peran Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 7 Kubung." Jurnal Papeda: Vol 4, No 2 Hal 134.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. 2017. "Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang." Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 4(1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a 9594.

Habel. 2015. "Peran Guru Kelas Membangun Perilaku Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar 005 Di Desa Setarap Kecamatan Malinau Selatan Hilir Kabupaten Malinau." EJurnal Sosiatri-Sosiologi 3(2), 14–27.

Hamzah B Uno. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamzah Uno. 2012. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafi Pelu&Muh. Zainal. 2022. "KOMUNIKASI INTERAKTIF MELALUI METODE CAS-CISCUS." JURNAL ILMIAH NIZAMIA Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 174.

Iskandar Wiryokusumo dalam Afrilianasari. 2014. "Teori Pengembangan." Surabaya.

John Creswell. 2016. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Metode Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2005. UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2003. UU No. 20 mTahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Lexy J. Moleong, . 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moh. Suardi. 2018. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Presiden Republik Indonesia. 2002. UU No.18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman A, M. 2011. Evaluasi Belajar dan Mengajar. Persada.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno Hadi. 2015. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Andi Ofset.

Wann Nurdiana Sari, dkk. 2021. "PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN TAMBAHMULYO 1." Jurnal Dalam Penelitian Vol.1 No.11 hlm 256.
Published
2023-11-29