IMPLEMENTASI METODE PROJECT BASED LEARNING BERBASIS TEKS MULTIMODAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

  • Irma Syahriani ITEB Bina Adinata
  • Muh Al- Amin ITEB Bina Adinata
Keywords: Project based learning, teks multimodal, pembelajaran bahasa inggris, penggunaan teknologi

Abstract

Penerapan metode pembelajaran project based leraning diharapkan siswabekerja sama untuk memecahkan suatu tantangan masalah atau pertanyaandengan memberikan mereka sebuah proyek. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengeksplorasi dan mengungkapkan perkembangan bahasa inggrissiswa dalam implementasi metode project based learning berbasis multimodaldi Pesantren Babul Khaer Bulukumba. Metode yang digunakan adalahdeskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah hasil rekaman interaksisiswa pada saat menampilkan proyek mereka, hasil proyek siswa, instrumentpenelitian dan hasil evaluasi. Ada beberapa tahap yang dilakukan dalampenggunaan project based learning didalam kelas diantaranya menemukan ide,merancang dan menyesuaikan proyek, mengerjakan proyek, menampilkanproyek dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaanmetode project based learning berbasis multimodal membuat siswa lebih aktifberkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain menggunakan bahasa inggris.Siswa menjadi lebih berpikir kritis, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran.Siswa juga banyak menguasai kosa kata baru. Dengan penggunaan projectbased learning berbasis multimodal dan melibatkan teknologi sebagai proyekmembuat siswa tidak hanya diam mendengarkan materi saja tetapi merekalangsung praktek menggunakan bahasa inggris sehingga perkembangan bahasainggris mereka sangat baik dan semakin berkembang.

References

Beckett, G. H. (1999, Juli). Project-basedinstruction in a Canadian secondaryschool's ESL classes: Goals andevaluations (Doctoral dissertation,University of British Columbia).

Beckett, G. H. (2005, April). The ProjectFramework: A tool for Languge,content, and skills integration. ELTJournal, 10-16.

Díaz Ramírez, M. I. (2014, Agustus).Developing learner autonomythrough project work in an ESPclass. How, 21(2), 54-73.

Dooly, M., & Masats, D. (2008). Russiandolls: Using projects to learn aboutprojects. Greta Journal, 16(1/2), 27-35.

Eyring, J. L. (1989). Teacher experiencesand student responses in ESL projectwork instruction: A case study.University of California, LosAngeles.

Goulah, J. (2007, Desember). Villagevoices, global visions: Digital videoas a transformative foreign languagelearning tool. Foreign LanguageAnnals, 40(1), 62-78.

Gunther, T. V. (2001). MultimodalDiscourse: The Modes and Media ofContemporary Communication.London: Hodder Education.

Ke, L. (2010, Agustus). Project-basedCollege English: An Approach toTeaching Non-EnglishMajors. Chinese Journal of AppliedLinguistics (Foreign LanguageTeaching & Research Press), 33(4).

Levine, G. S. (2004, Desember). Globalsimulation: A student‐centered, taskbasedformat for intermediate foreignlanguage courses. Foreign LanguageAnnals, 37(1), 26-36.

Mikulec, E., & Miller, P. C. (2011, Maret).Using project-based instruction tomeet foreign languagestandards. The ClearingHouse, 84(3), 81-86.

Miles, M. B. (1992). Qualitative dataanalysis: a sourcebook of newmthod. Terjemahan Tjetjep RohendiRohidi. Analisis data kualitatif: Bukusumber tentang metode-metodebaru. Jakarta: Universitas Indonesia(UI-Press).

Irma Syariani, Muh. Al Amin224Patton, G. R. (2012). Work that matters: theteacher's guide for project basedlearning . The Paul HamlynFoundation.

Pratiwy, D., & Wulan, S. (2018, April).Multimodal discourse analysis inDettol Tv advertisement. KnE SocialSciences, 207-217.

Sidman-Taveau, R. L. (2006,Desember). Computer-assistedproject-based learning in secondlanguage: Case studies in adult ESL.The University of Texas at Austin.

Westenskow, F. (2018, Desember).Experiences in ProfessionalDevelopment Through Project-Based Language Learning. BrighamYoung University.

Widyantini, T. (2014, April). PenerapanModel Project Based Learning(Model Pembelajaran BerbasisProyek) dalam Materi Pola BilanganKelas VII. PPPPTK Matematika, 1-19.

Wilhelm, K. H. (1999). Collaborative dosand don'ts. TESOL journal, 8(2), 14-19.
Published
2023-11-29