PENGEMBANGAN KELAS KARAKTER PADA MTS NEGERI 1 MENUJU MADRASAH UNGGULAN

  • Zulfikar Nur MTsN 1 Kota Makassar
  • Muhammad Ali MTsN 1 Kota Makassar
Keywords: Kelas karakter, Kurikulum, Madrasah Unggulan, Metode Pembelajaran

Abstract

Kelas karakter merupakan salah satu bentuk transformasi Pendidikan untukmencapai efektivitas pembelajaran yang berkualitas. Tujuan penelitian adalahuntuk mengeksplorasi manfaat kelas karakter di Madrasah Tsanawiyah Negeri1 Makassar, dan mengetahui langkah-langkah strategis pengembangan kelaskarakter menuju madrasah unggulan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatifdeskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara.Pengembangan kelas karakter pada MTs Negeri 1 Makassar dilakukan dalambeberapa proses tahapan, yaitu tahapan awal penerimaan dan seleksi siswa,penyusunan kurikulum dan penyiapan kelas termasuk media-mediapembelajaran, penetapan metode pembelajaran sesuai kelas karakter, danevaluasi terintegrasi (termasuk evaluasi pengelolaan). Pengembangan kelaskarakter sangat dipengaruhi oleh: kesiapan pengelola madrasah menjalankanprogram pendidikan, kualitas guru (termasuk kompetensi dan kapasitasnya),kesiapan sarana dan prasarana (media pembelajaran, perangkat komputer sertajaringan internet), metode pembelajaran yang relevan, dan pengembangankurikulum. Strategi pengembangan menuju madrasah unggulan yaitu:peningkatan kualitas guru, penyusunan kurikulum komprehensif, penguatanmetode pembelajaran aktif, pemanfaatan teknologi pendidikan, pembinaanbakat dan minat, kerjasama dengan institusi luar, partisipasi orang tua, danpenghargaan atas prestasi.

References

Asmawati, Dwi, Imam Makruf, andSupriyanto. 2022. "Strategi KepalaUntuk Meningkatkan MutuMadrasah Di MTs Negeri 2Sukoharjo." Jurnal Pendidikan DanKonseling 4 (1): 1349-58

Faridah, Nadia Risya, Eka Nur Afifah, andSiti Lailiyah. 2022. "Efektivitas ModelPembelajaran Project Based LearningTerhadap Kemampuan LiterasiNumerasi Dan Literasi Digital PesertaDidik Madrasah Ibtidaiyah." JumalBasicedu 6 (1): 709-16.https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030.

Fullan, M. (2013). "Stratosphere:Integrating technology, pedagogy, andchange knowledge." Pearson.

Hallinger, P. (2011). "Leadership for 21stcentury schools: From instructionalleadership to leadership for learning."The Hong Kong Institute of Education.

Hmelo-Silver, C. E. (2013). "Re-designinglearning contexts: Technology-rich,learner-centered ecologies."Routledge.

McNiff, J. (2013). "Action research:Principles and practice." Routledge.Sudjana, N. (2015). "PengembanganKurikulum dan Pembelajaran." SinarGrafika.

Maimun, Agus and Fitri, Agus Zainul(2010) Madrasah unggulan: Lembagapendidikan alternatif di era kompetitif.UIN-Maliki Press, Malang. ISBN 978-602-958-340-3 Ahmad, MuhammadYusuf, Devi Arisanti, and RidoanNasution. 2017. "Strategi KepalaMadrasah Dalam MewujudkanMadrasah Unggulan Di MIN 3Simpang Tiga Kecamatan Bukit RayaKota Pekanbaru." Al-Hikmah: JumalAgama Dan Ilmu Pengetahuan 14 (2):136-59. https://doi.org/10.25299/alhikmahjaip.2017.vol14(2) 1026.

Asmawati, Dwi, Imam Makruf, andSupriyanto, 2022. "Strategi Kepala Untuk Meningkatkan Mutu MadrasahDi MTs Negeri 2 Sukoharjo." JumalPendidikan Dan Konseling 4 (1):1349-58.

Faridah, Nadia Risya, Eka Nur Afifah, andSiti Lailiyah. 2022. "Efektivitas ModelPembelajaran Project Based LearningTerhadap Kemampuan LiterasiNumerasi Dan Literasi Digital PesertaDidik Madrasah Ibtidaiyah." JumalBasicedu 6 (1): 709-16.https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030.

Hanun, Farida. 2016. "Membangun CitraMadrasah Melalui Program KelasUnggulan Di Mtsn 2 BandarLampung." EDUKASI: JurnalPenelitian Pendidikan Agama DanKeagamaan 14 (3): 405-24.https://doi.org/10.32729/edukasi.v1413.9.

Hasan, Muhammad Nur. 2016. "UpayaMenjadikan Madrasah SebagaiLembaga Pendidikan Unggul."Wahana Akademika: Jurnal StudiIslam Dan Sosial 2 (2): 75.https://doi.org/10.21580/wa.v212.380.

Kenedi, Agus, and Suci Hartati. 2022."Moderasi Pendidikan Islam MelaluiGerakan Literasi Digital DiMadrasah." Jumal Mubtadiin 8 (1):113-33.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/24762.

Sulaiman. 2017. "Madrasah Digital." JumalAl-Makrifat 2 (1): 1-16.

Surya, Prastio, and Muhammad HusnurRofiq. 2021. "Internalisasi NilaiKarakter Jujur Dalam ProsesPembelajaran Di Kelas VIIIMadrasah Tsanawiyah UnggulanHikmatul Amanah PacetMojokerto." Munaddhomah: JurnalManajemen Pendidikan Islam 2(1): 31-37.https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.65.

Yusuf, M, Ahmad Saifudin, StaiDarussalam, Krempyang Nganjuk,Afi Nuruz, Zahrok Stai, andDarussalam Krempyang Nganjuk,2022. "Strategi Kepala MadrasahDalam Meningkatkan KemampuanLiterasi Digital Guru Pada MasaPandemi Covid-19." Intizam 5 (2):81-96.

Zuhdi, A. 2013. "Madrasah SebagaiTipologi Lembaga PendidikanIslam (Kajian Tentang BerbagaiModel Madrasah Unggulan)."Madrasah 5 (1): 1-8.https://doi.org/10.18860/jt v0i0.2230.
Published
2023-11-29