PENGGUNAAN KOMIK DIGITAL MATERI VIRUS (Studi Efektivitas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa)

  • Munadirah M. Ahdad MAS Satu Atap DDI Majjelling Wattang
  • Nurul Inayah Khairaty MAN Insan Cendekia Gowa
Keywords: Komik Digital, Media Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Komik menjadi media yang telah lama digunakan dalam proses pembelajaran.Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat sejak memasuki erarevolusi 4.0, guru memiliki peluang besar untuk terus melakukan inovasiinovasisebagai bentuk transformasi digital sehingga memudahkan pesertadidik mempertahankan motivasi belajar, salah satunya dengan penggunaankomik digital. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaankomik digital pada materi virus kelas X SMA/MA dalam meningkatkanmotivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifdengan menganalisis data yang diperoleh menggunakan gain score melaluipengisian angket motivasi belajar peserta didik Terdapat empat indikatormotivasi belajar yang disingkat dengan ASCR, dengan rincian (1) attention(perhatian), (2) relevance (relevansi), (3) confidence (percaya diri), dan (4)satisfaction (kepuasan). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2023hingga Agustus 2023. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MAS SatuAtap DDI Majjelling Wattang yang berjumlah 28 responden. Hasil penelitianmenunjukkan komik digital bersifat efektif dalam meningkatkan motivasibelajar peserta didik dengan rincian meningkatnya perhatian dan relevansimasing-masing dari cukup baik (3,1) menjadi baik (4,1) sedangkan aspekpercaya diri dan kepuasan peserta didik meningkat dari cukup baik (3,1)menjadi baik (4,2). Oleh karena itu penggunaan komik digital pada materi viruskelas X mampu memberikan peningkatan pada motivasi belajar peserta didikMAS Satu Atap DDI Majjelling Wattang.

References

Adnan., & Bahri, A. 2011. PengembanganPerangkat PembelajaranKontekstual Biologi pada MataPelajaran IPA Terpadu BerbasisKonstruktivisme untuk PencapaianStandar KompetensiKeanekaragaman Mahluk Hidup.Jurusan Biologi FakultasMatematika dan Ilmu PengetahuanAlam, Universitas Negeri Makassar.

Adnan., Faisal., & Marliyah, S. 2012. StudiMotivasi Siswa SMP dan Sederajatdi Kota Makassar pada MataPelajaran IPA Biologi. JurnalBionature, Volume 13, Nomor 2,Oktober 2012, hlm 103-107

Agit, A., Mujahidin, & Amiruddin, N. 2023.Evaluasi Penggunaan TeknologiTerhadap Efektivitas Belajar:Apakah Berdampak Buruk?. JournalEducandum. Vol. 9. No. 1, Hal. 34-35.

Akcanca, N. 2020. An alternative teachingtool in science education:Educational comics. InternationalOnline Journal of Education andTeaching (IOJET), 7(4). 1550-1570.

Amin, M., Ikhsan, M., & Salman, M.Pengembangan MediaPembelajaran Interaktif Tata CaraWudhuberbasis AndroidMenggunakan Smart Apps Creator.Journal Educandum. Vol. 8. No. 2,Hal. 256.

Arifin, A N., Bahri, A., Palennari, M. 2019.Pengembangan Media PembelajaranBuku Komik Biologi pada MateriSistem Pencernaan Manusia UntukSiswa SMP. Prosiding SeminarNasional Lembaga PenelitianMunadirah M. Ahdad, Nurul Inayah Khairaty240Universitas Negeri Makassar. ISBN :978-602-554-71-1.

Armawi, A., Makmur, C. S., Septiyanti M.,Wahidin, D. 2021. TransformasiPembelajaran Berbasis Digitaldalam Memperkuat KetahananPribadi. [online]. Available:https://journal.uny/

Arroio, A., Karen, C., Teresa, C.B.,Khyslaynyk, Sou-sa, D., Santos, P.M& Souza, D.D. 2013. IntroducingComics as An Alternative ScientificNarrative In Chemistry Teaching.Batı Anadolu Eğitim BilimleriDergisi (BAED), 4 (8). 1-14.

Asyhar, R. 2012. Kreatif MengembangkanMedia Pembelajaran. Jakarta:Referensi Jakarta

Bahri, A., & Corebima, A. D. 2015. TheContribution of Learning Motivationand Metacognitive Skill on CognitiveLearning Outcome of Students withinDifferent Learning Strategies.Journal of Baltic Science Education,14(4), 487–500.

Hosler, J., & Boomer, K. B. 2011. AreComic Books an Effective Way toEngage Non-majors in Learning andAppreciating Science?. CBE – LifeSciences Education, 10, 309-317.

Irfana, Naily. 2017. Pengembangan KomikDigital “Let’s Learn About Virus”Sebagai Medi Pembelajaran Biologi.Semarang: Universitas NegeriSemarang.

Keller, J. M. 2009. Motivational design forlearning and performance: TheARCS model approach. SpringerScience & Business Media.

Muttamirati, Azis, A, A., & Mu’nisa, A.2021. Peningkatan Motivasi,Aktivitas dan Hasil Belajar BiologiMelalui Penerapan Teknik MindMapping pada Materi SistemEkskresi Siswa Kelas XI IPA SMANegeri 2 Sengkang. Scedule(Sciences Education And Learning)Journal Vol. 1 No. 2, , Hal. 42-56.

Oktavianie, A.M., Irwandi, D., & Murniati,D. 2018. Pengembangan BukuPengayaan Kimia berbasisKontekstual pada KonsepElektrokimia. Jurnal Tadris Kimia, 3(1), 6-8.

Purwati, N., Waluyo, J. 2015.Pengembangan Bahan Ajar VirusBerbasis Pendekatan PembelajaranKontekstual dalam MeningkatkanHasil Belajar Peserta didik Kelas XSMA. Pancaran Pendidikan. 4 (6).89-98.

Sanjaya, W. 2010. Strategi PembelajaranBerorientasi Standar ProsesPendidikan. Jakarta: Kencana.

Smaldino, Deborsh & James. 2012.“Instructional Technology andMedia for Learning (Ninth Edition):Teknologi Pembelajaran dan Mediauntuk Belajar (Edisi kesembilan). Jakarta: Kencana.

Toh, T. L., Cheng, L. P., Jiang, H. & Lim, K.M. (2016). Use of comics andstorytelling in teaching mathematics.In P. C. Toh & B. Kaur (Eds.),Developing 21st centurycompetencies in the Mathematicsclassroom (pp. 241-259). Singapore:World Scientific.

Tuncer, N. 1993. Comic and Child. İstanbul:Çocuk Vakfı Publishing.

Yang, G. (2003). Comic In Education.[online]. Available:http://www.geneyang.com/comicsedu/intro.html
Published
2023-11-29