EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS E-BOOK DENGAN MEMANFAATKAN TV SMART DI MAN PANGKAJENE KEPULAUAN

  • Risna Risna Guru Madrasah Aliyah Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Abdul Hafid H Kepala Madrasah Aliyah Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: E-book, Pembelajaran ekonomi, TV Smart

Abstract

Pembelajaran ekonomi adalah proses memahami, mempelajari, danmemperoleh informasi tentang prinsip-prinsip ekonomi, teori-teori ekonomi,dan konsep-konsep ekonomi. Ini adalah proses pembelajaran yang mencobameningkatkan pemahaman seseorang tentang cara kerja perekonomian, carapenanganan sumber daya, dan cara pengambilan keputusan ekonomi. Penelitianini dilakukan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran ekonomi berbasis EBookdengan memanfaatkan Smart TV di Madrasah Aliyah Negeri PangkajeneKepulauan. Jenis penelitian eksperimental dengan desain pretest-posttestcontrol group di MAN Pangkajene Kepulauan. Hasil studi menunjukkanbahwa; Pembelajaran ekonomi berbasis e-book dengan memanfaatkan SmartTV dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan memfasilitasiaksesibilitas, interaktivitas, dan keterlibatan siswa dalam pemahaman danpenerapan konsep-konsep ekonomi. Sehingga penting untuk memberikandukungan yang memadai kepada siswa dan guru dalam penggunaan e-bookdalam konteks pembelajaran ekonomi. Selain itu, pembelajaran ekonomiberbasis e-book mendorong pembelajaran mandiri dan berbasis masalah. Siswadiberikan latihan soal, studi kasus, dan tugas yang dapat diselesaikan secaramandiri, sehingga mereka dapat belajar dengan ritme mereka sendiri danmengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang diperlukan dalampemahaman ekonomi yang mendalam. Penggunaan e-book juga meningkatkanketerlibatan siswa melalui fitur interaktif seperti kuis, pertanyaan pilihan ganda,dan kegiatan kolaboratif. Siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran,berinteraksi dengan sesama siswa melalui forum diskusi online, danmenghubungi pengajar untuk bertanya dan berdiskusi.

References

Alamsyah Agit, Mujahidin, NurdiatiAmiruddin. (2023). EvaluasiPenggunaan Teknologi terhadapEfektivitas Belajar: apakahberdampak buruk? JurnalEducandum; Jurnal Ilmiah danpendidikan Volume 9 Nomor 1, 1.

Arsyad, Azhar. (2015). MediaPembelajaran. Jakarta: RajagrafindoPersada.

Cahyani, Desi. (2020). Pemanfaatan E-Bookdalam Pembelajaran Ekonomi:Keunggulan dan Tantangan.Bandung: Pustaka Mandiri.

Chang, T.-S., Hsiao, W.-H., Chen, T.-C., &Ganbold, E. Hedonic. (2019).Utilitarian, and Social Motivationsfor Consumers Purchase Mobile in-App Content Behavior. InternationalEducandum: Volume 9 Nomor 2 Tahun 2023263Journal of Innovation inManagement, 7(1), 1–7.

Churchill Daniel. (2017). Digital Resourcesfor Learning. Springer: Texts inEducation.

Clark Lynn. (2011). The Time-Out Solution.United States of America:Contemporary. Books Inc.

Dewi, Anisa. (2018). EfektivitasPenggunaan E-Book dalamPembelajaran Ekonomi di Sekolah.Jakarta: Pustaka Edukasi.

Hartono, Budi. (2020). EfektivitasPenggunaan E-Book dalamPembelajaran Ekonomi di SekolahMenengah. Bandung: PustakaAbadi.

Hidayah, Rina. (2021). Strategi EfektifPembelajaran Ekonomi Berbasis EBook:Konsep dan Implementasi.Surabaya: Pustaka Pendidikan.

Hidayat, Andi. (2022). Pemanfaatan E-Booksebagai Sumber Belajar dalamPembelajaran Ekonomi. Surabaya:Pustaka Cerdas.

Hsiao, K. L., Lytras, M. D., & Chen, C. C.(2019). An in-app purchaseframework for location-based ARgames: the case of Pokémon Go.Library Hi Tech, 38(3), 638–653.

Muh. Yani Balaka. (2022). MetodologiPenelitian Kuantitatif CetakanPertama: Juli. Bandung: PenerbitWidina Bhakti Persada.

Naimah, Siti. (2018). PembelajaranEkonomi Berbasis E-Book: Strategidan Implementasi. Jakarta: PustakaMandiri.

Naimatil Jannah, Noor Fadiawati, LisaTania. (2017). Pengembangan EbookInteraktif Berbasis FenomenaKehidupan Sehari-hari tentangPemisahan Campuran. JurnalPendidikan dan PembelajaranKimia, Vol. 6, No.1 Edisi April, 186-198.

Nayati, R. & Sukarmin. (2014).Pengembangan MultimediaInteraktif Voltachem untukMengurangi Miskonsepsi pada SubMateri Pokok Sel Volta. UnesaJournal of Chemical Education.3(3), 35-41.

Prasetyo, Dwi. (2021). PembelajaranEkonomi Berbasis E-Book: Modeldan Aplikasi di Sekolah. Yogyakarta:Pustaka Abadi.

Pratiwi, Rini. (2022). Pemanfaatan E-Bookdalam Pembelajaran Ekonomi:Model dan Aplikasi di SekolahMenengah. Jakarta: Pustaka Abadi.

Rahmawati, Indah. (2021). PembelajaranEkonomi Berbasis E-Book: Inovasidan Implementasi di Era Digital.Surabaya: Pustaka Cerdas.

Suhandi, Dedi. (2022). E-Book SebagaiMedia Pembelajaran Ekonomi yangEfektif. Jakarta: Pustaka Edukasi.

Suhartono, Joko. (2022). Pemanfaatan EBookdalam Pembelajaran Ekonomi:Perspektif Guru dan Siswa. Jakarta:Pustaka Cerdas.

Susanti, Indah. (2021). PengembanganPembelajaran Ekonomi Berbasis EBook:Teori dan Praktik. Bandung:Pustaka Abadi.

Trilling, Bernie and Fadel, Charles. (2009).21st Century Skills. Learning for lifein our times. California: Jossey-Bass.San Fransisco.

Wijaya, Heri. (2019). E-Book dalamPembelajaran Ekonomi: Konsep danImplementasi di Era Digital.Yogyakarta: Pustaka Pendidikan.
Published
2023-11-29