KORELASI MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 MALLAWA KABUPATEN MAROS

  • Salmah Harun Politeknik LP3I Makassar
  • A. Mustika Mukhtar MIN 1 Polewali
  • A. Hijaz Mukhtar Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Penelitian Korelasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Mallawa Kabupaten Maros. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan populasi sebanyak 141 siswa, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling yang berjumlah 44 orang. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berkorelasi signifikan terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Mallawa Kabupaten Maros artinya bahwa untuk mencapai prestasi yang baik dan yang lebih efektif berdasarkan tujuan dan harapan sekolah maka diperlukan upaya untuk meningkatkan motivasi siswa agar kemampuan dan keterampilan siswa dalam proses belajar juga meningkat. Peningkatan kualitas pembelajaraan lewat pengayaan dapat meningkatkan prestasi secara berkala kepada siswa yang dianggap belume memiliki kemampuan yang memadai serta mendorong para siswa secara optimal berdasarkan minat dan bakatnya untuk bisa dikembangkan ke arah yang lebih baik lagi.

References

Annur, 2016. Manajemen Strategi, Salemba Empat. Surabaya

Afifuddin, 2013. Penempatan SDM dalam Tinjauan Kualitas Pendidikan.Harvarindo, Jakarta.

Engkoswara, 2015, Manajemen Personalia,Erlangga, Suravbaya.

Ghullam, 2011. Manajemen Sumber Daya Manuvsia. Andi, Jogyakarta.

Hamdu, 2015. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar. http://humanresource.com.

Mujiono, 2014. Sistem Pendidikan Peningkatan Kompetensi Individu Rajawali Press, Jakarta

Puspitasari, 2015. Strategi Belajar Mengajar. Salemba Empat,Surabaya.

Saleh, Rahmat, 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Penerbit Andi,Jogyakarta.

Sardiman, 2014. Metode Pendekatan Pengajaran Berkualitas. Penerbit Andi, Jogyakarta.

Soetarjo, Ahmadi, 2014. Sistem Pendidikan Peningkatan Kompetensi Individu Rajawali Press, Jakarta.

Sugiyono, 2015. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif,kualitatif, dan r&d), Alfabeta Cv.

Suwatra, 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Rajawali Press,Jakarta.

Makmun, Abin Syamsuddin, 2015. Prestasi kerja: Penilaian dan Pengukuran.Harvarindo, Jakarta.

Nawawi, M.Ichsan, Nurwahidah, Dwi Anggarini, Dea, Asriani Nur, Rasyid Febrianto, Ryaas, Sulfiyah, Fita, Alam Syah, Syahrul (2021). Pengaruh Kecanduan Media Sosial TerhadapMotivasi Belajar Mahasiswa UIN Alauddin Makassar. JurnalEducandum, 7(2), 189–198.https://blamakassar. ejournal.id/educandum/article/view/543

Erwan, Harun, Salmah, D, Nurhidayatullah(2022). Analisis Kejenuhan BelajarSiswa Selama Masa Pancemi dan Penanganannya (Studi Kasus Di SMAKartika Makassar. Jurnal Educandum,8(1), 50–67 https://blamakassar.ejournal.id/educandum/article/view/698/399 .
Published
2023-11-29