PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI FORUM GURU DI KABUPATEN GOWA

  • Triyana T. Nurdin Kementerian Agama Kabupaten Gowa
  • Nazaruddin Nawir Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Guru, Kompetensi KKG, MGMP, Profesional

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran organisasi guru (FKG, KKG danMGMP) dalam pengembangan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam diKabupaten Gowa, serta upaya yang dilakukan dalam pemberdayaan FKG,KKG dan MGMP sebagai wadah pengembangan kompetensi guru PendidikanAgama Islam di Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan metodekualitatif deskriptif dengan menggambarkan atau menjelaskan secarasistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi tertentu. Hasilpenelitian ini menemukan bahwa: a) peran organisasi guru sebagai wadah bagipengembangan kompetensi guru adalah melalui Forum Komunikasi GuruPendidikan Agama Islam (FKG PAI), Kelompok Kerja Guru PendidikanAgama Islam (KKG PAI) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran PendidikanAgama Islam (MGMP PAI), dan b) Program Pemberdayaan FKG, KKG danMGMP bagi guru Pendidikan Agama Islam diharapkan akan mampumenciptakan para guru yang lebih professional dalam jalur Pendidikan yangterstruktur dan berjenjang, termasuk melalui jalur Pendidikan lainnya secaranon formal dan informal. Kehadiran seorang guru professional inilah yang akanmembawa terciptanya sistem Pendidikan nasional dalam mengembangkankemampuan serta membentuk watak serta potensi peserta didik. FKG, KKGdan MGMP PAI menjadi organisasi yang mampu membantu meningkatnyaprofesionalisme guru Pendidikan Agama Islam dalam memajukan duniaPendidikan. Forum ini berisikan rancangan yang dapat menyesuaikan dengankebutuhan bagi para guru Pendidikan Agama Islam melalui sistem sosialisasi,koordinasi, serta kolaborasi.

References

Al Fathoni, A. A. M. (2021). UpayaPeningkatan Kinerja Guru MelaluiKegiatan KKG/MGMP PAI. JurnalPendidikan Guru, Vol.3, No.1.

Al Rasyid, H. (2017). Fungsi KelompokKerja Guru (KKG) bagi pengembanganKeprofesionalan guru Sekolah Dasar .Sekolah Dasar: Kajian Teori DanPraktik Pendidikan, 2, 143–150.

Anisah, N. (2021). Peran Kelompok KerjaGuru (KKG) dan Pengawas Sekolahdalam Meningkatkan Kesiapan GuruPAI menerapkan Kurikulum 2013 diKecamatan Serang.

Firman, F. (2016). Peranan MGMP dalamMeningkatkan Kinerja Guru MataPelajaran Pendidikan Agama IslamSMA di Kota Balikpapan. Jurnal SainsTerapan, 2.

Hasibuan, H. (2016). Studi kompetensi guruPendidikan Agama Islam dalamPelaksanaan Evaluasi Pembelajaran . IForum Padagogik, 8, 14–38.

Lubis, S. (2017). PeningkatanProfesionalisme Guru PAI MelaluiKelompok Kerja Guru (KKG). JurnalAl-Thariqah, Vol.2, No.2.

Maure, F. S, A. A. , & D. A. (2021). PeranMusyawarah Guru Mata Pelajarandalam Meningkatkan ProfesionalismeGuru Sosiologi di Kota Kupang. JurnalIlmu Pendidikan (JIP) STKIP KusumaNegara, 12.2, 111–118.

Mulyasa. (2015). Standar Kompetensi danSertifikasi Guru. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Nurhikmah, I. , W. W. , & S. M. F. (2019).Peran Kelompok Kerja Guru (KKG)Dalam Meningkatkan KompetensiPedagogik Guru. Al-Kaff : JurnalSosial Humaniora, 2.

Ridla, M. Rasyid. (2008). ProfesionalitasGuru Agama Islam dalam ProsesPembelajaran. TADRIS: JurnalPendidikan Islam, 3(1)

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan:Jenis, Metode dan Prosedur. Kencana.

Sugiyono. (2017). Metode PenelitianKualitatif untuk Penelitian yangBersifat: Ekspoloratif, Enterpretif,Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.

Taruna, M. M. (2011). PerbedaanKompetensi Guru Pendidikan AgamaIslam. Analisa: Journal of SocialScience and Religion, 2, 180–196.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005Tentang Guru dan Dosen. (n.d.).
Published
2023-11-29