PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM TERHADAP SISWA YANG MENGALAMI PROKRASTINASI AKADEMIK DI SMP NEGERI 33 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini menyelidiki perilaku prokrastinasi akademik siswa SekolahMenengah Pertama Negeri 33 Makassar. Masalah pada penelitian inimerupakan: (1) Bagaimanakah prokrastinasi akademik murid SekolahMenengah Pertama Negeri 33 Makassar? (2) Bagaimanakah aplikasiBimbingan Konseling Islam pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 33Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) prokrastinasi akademiksiswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Makassar, (2) aplikasi BimbinganKonseling Islam pada Sekolah Menengah pertama Negeri 33 di Kota Makassar.Pendekatan dalam penelitian ini yang digunakan menggunakan penelitiankuantitatif menggunakan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalampenelitan ini yang digunakan sebesar 95 siswa yang mengalami prokrastinasiakademik. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian sebesar 30 orang ygdibagi sebagai 2 kelompok penelitian memakai teknik proporsional irregulartesting. Teknik pengumpulan information dilakukan menggunakan memakaiskala prokrastinasi akademik & observasi. Analisis informationmenggunakanan alisis information naratif & analisis inferensial.
References
Candra, U., Wibowo, ME., dan Setyowani,N. 2014. Faktor-Faktor PenyebabProkrastinasi Akademik pada SiswaKelas XI SMA Negeri KabupatenTemanggung. Indonesian Journal ofGuidence and Counseling 3 (3)2014.66-72.
Ghufron dan Risnawati. 2010. Teori-TeoriPsikologi. Jogjakarta: Ar-RuzzMedia.
H.M.Arifin. 1979. Pokok-Pokok Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Jakarta:Bulan Bintang ,h..29.
Hamdani Bakran Adz-Dzaki. 2006.Konseling dan Psikoterapi Islam.Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, h.228-279.
Nurhidayatullah D. 2019. Penerapan TeknikSelf Management UntukMengurangi Perilaku ProkrastinasiAkademik Siswa Di SMA Negeri 12Makassar. Jurnal Educandum vol 5No 1 2019.
Risnawati. 2010. Teori-Teori Psikologi.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Shadily, Kamus Inggris Indonesia, (Jakarta:Gramedia Pustaka Utama, 2006), h.283
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004.Landasan Psikologi ProsesPendidikan. Bandung: PT RemajaRoskdakarya.
Tarmizi.Bimbingan Konseling Islami.Medan: Perdana Publishing, 2018.
Ulum, MI. 2016. Streategi Self-RegulatedLearning untuk MenunrunkanTingkat Prokrastinasi AkademikSiswa.Psympathic, Jurnal IlmiahPskikologi Desember 2016, Vol. 3No. 2, 153-170.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.