MOTIVASI MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI AKUNTANSI SYARIAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang motivasi mahasiswa dalammemilih kuliah di program studi akuntansi syairah pada UIN KH. AbdurrahmanWahid Pekalongan (UIN Gusdur), indikator motivasi yang dipilih penelitiadalah pengaruh, minat, sumber daya keuangan, kapasitas diri, peluang karir,sosial budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatifdeskriptif, analisis dilakukan kepada mahasiswa aktif akuntansi syariahsejumlah 133 mahasiswa. Temuan penelitian bahwa indikator pengaruhdimotivasi oleh peran orang tua terhadap keputusan memilih prodi dengan nilaipersentase 21%. Minat dimotivasi karena tertarik pada pekerjaan yangberhubungan dengan akuntansi dengan nilai persentase 27%. Indikator sumberdaya keuangan dimotivasi karena biaya kuliah ditanggung oleh orang tua nilaipersentase 30%. Kapasitas diri dimotivasi karena prodi memberikanpeningkatan kemampuan diri dalam berkomunikasi personal dan bisnis nilaipersentase sebesar 15%. Peluang karir dimotivasi karena prodi setelah lulusdapat memberikan pilihan peluang karir yang banyak dengan nilai persentasesebesar 16%. Budaya spiritual karena prodi memberikan peningkatan budayadisiplin dalam berinteraksi dengan orang-orang nilai persentase sebesar 15%.Temuan penelitian ini juga pertimbangan mahasiswa dalam memilih proditerlihat pada nilai rata-rata dari indikator pengaruh sangat lemah atau belumsepenuhnya mempengaruhi mahasiswa, penyebabnya adalah prodi akuntansisyariah belum terkenal popularitasnya di masyarakat. Nilai rata-rata minat,sumber daya keuangan, kapasitas diri, peluang karir, budaya sosial memilikinilai yang baik. Nilai baik tersebut diartikan bahwa indikator tersebut dapatmemotivasi dengan baik kepada mahasiswa untuk memilih prodi akuntansisyariah di UIN Gusdur. Pembelajaran di prodi akuntansi syariahmengedepankan pada pendidikan budaya dan profesional seperti harapan dari mahasiswa.
References
Curtin, R. T. (2022). A New Theory ofExpectations. Journal of BusinessCycle Research.https://doi.org/10.1007/s41549-022-00074-w
Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja DanPermasalahannya. Journal Istighna.Https://Doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20
Dzuhriawan, F., Laily, N., & Amelasasih, P.(2022). Motivasi Siswa DalamMemilih Program Studi Di PerguruanTinggi. PSIKOSAINS (JurnalWahid Wachyu Adi WinartoPenelitian Dan Pemikiran Psikologi).https://doi.org/10.30587/psikosains.v17i1.4564
Efianti, Y. (2021). Pengaruh Persepsi,Motivasi Dan Pertimbangan PasarKerja Terhadap Minat MahasiswaJurusan Akuntansi Untuk Berkarir DiBidang Perpajakan (Studi padaMahasiswa Akuntansi FakultasEkonomi Universitas MuhammadiyahPonorogo). Jurnal Ekonomi.
Fakhri, S., & Indraswari, C. (2020). Studiantara efikasi diri dan minat karirterhadap efektivitas bimbingan karir.JURNAL SPIRITS.https://doi.org/10.30738/spirits.v11i1.8534
Febriyanti, F. (2019). Faktor-Faktor YangMempengaruhi Minat MahasiswaAkuntansi Dalam Pemilihan KarirSebagai Akuntan Publik. JurnalAkuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi(JAK).https://doi.org/10.30656/jak.v6i1.1036
Hamid, A. (2019a). Faktor-Faktor YangMempengaruhi Keputusan MahasiswaMemilih Program Studi EkonomiSyariah. TAZKIR: Jurnal PenelitianIlmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman.
Hamid, A. (2019b). Faktor-Faktor YangMempengaruhi Keputusan MahasiswaMemilih Program Studi EkonomiSyariah (Studi Kasus Pada MahasiswaJurusan Ekonomi Syariah FakultasEkonomi Dan Bisnis Islam InstitutAgama Islam NegeriPadangsidimpuan). TAZKIR: JurnalPenelitian Ilmu-Ilmu Sosial DanKeislaman.https://doi.org/10.24952/tazkir.v5i1.2021
Herdi, H., Indrawati, S. A., & Ulfa, F. R.(2016). Gambaran Tingkat Self-Efficacy dalam Keputusan KarirPeserta Didik Di SekolahPenyelenggara Program Peminatan(Survei Terhadap Peserta Didik KelasVIII SMP Negeri 99 Jakarta TahunAjaran 2015/2016). INSIGHT: JurnalBimbingan Konseling.https://doi.org/10.21009/insight.052.05
Ismail, I. (2017). Pendidik Dalam PrespektifIslam. Jurnal Pendidikan Islam.https://doi.org/10.38073/jpi.v7i2.49
Jamaluddin, J. (2020). MINAT BELAJAR.Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam& Pendidikan.https://doi.org/10.47435/alqalam.v8i2.232
Karamoy, Y. K., & Basuki, E. M. (2021).Memprediksi Pengaruh KontribusiKemampuan Perencanaan KarirTerhadap Motivasi Belajar PesertaDidik Sekolah Menengah Kejuruan.Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman.https://doi.org/10.31602/jbkr.v7i2.5659
Mahayani, made dwi, Sulindawati, gedeerni, & Herawati, nyoman trisna.(2017). Pengaruh Persepsi, Motivasi,Minat, dan Pengetahuan MahasiswaAkuntansi Program SI Tentang PajakTerhadap Pilihan Berkarir DibidangPerpajakan. Pengaruh Persepsi,Motivasi, Minat, Dan PengetahuanMahasiswa Akuntansi Program S1Tentang Pajak Terhadap PilihanBerkarir Dibidang Perpajakan.
Mahmud, R. (2022). Pendidikan IslamDalam Mengatasi Problema danTantangan Pembangunan Nasional.PREDIKSI : Jurnal Administrasi DanKebijakan.https://doi.org/10.31293/pd.v21i2.6457
Maryanti, S. (2022). Paradigma PendidikanBerbasis Keunggulan Lokal DiPerguruan Tinggi Dan RelevansinyaTerhadap Pembangunan EkonomiRiau. Jurnal Daya Saing.https://doi.org/10.35446/dayasaing.v8i3.1117
Meifa, Y. T., & Sanjaya, V. F. (2022).Pengaruh Modal Usaha, Lingkungandan Self Afficacy terhadap MinatBerwirausaha. REVENUE: Manajemen Bisnis Islam.https://doi.org/10.24042/revenue.v3i1.10459
Muninggar, M. (2021). Peran Orang TuaDalam Membimbing Karir Anak.Ristekdik : Jurnal Bimbingan DanKonseling.https://doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i2.239-244
Mutiara, H., & Rochmawati, R. (2021).Pengaruh Kompetensi Akuntansi,Lingkungan Teman Sebaya, danPerencanaan Karir Terhadap MinatMelanjutkan Pendidikan ke PerguruanTinggi Dengan Academic Self-Efficacy Sebagai Variabel Mediasi.Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan IlmuPengetahuan.https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i2.6978
Nasution, W. R. (2022). KonsepsiManajemen, Manajemen Mutu DanManajemen Mutu Pendidikan.ALACRITY : Journal of Education.https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i1.53
Prapti, K. (2021). Analisis KebijakanPengembangan Pendidikan (PerguruanTinggi) Di Indonesia. JurnalPendidikan, Sains Sosial, Dan Agama.https://doi.org/10.53565/pssa.v7i1.261
Pratiwi, W., & Syafruddin, M. (2022).Laporan Auditor, Ukuran Auditor DanRelevansi Nilai Informasi Akuntansi(Studi Empiris pada Perusahaan non-Keuangan yang Terdaftar di BEI ….Diponegoro Journal of Accounting.
Prilyanti, D., & Supriyantini, S. (2021). Therelationship between social supportwith career maturity among high schoolstudents in Kisaran. Psikologia: JurnalPemikiran Dan Penelitian Psikologi.https://doi.org/10.32734/psikologia.v16i2.4476
Pudjiastuti, E. (2012). Hubungan “ SelfEfficacy ” dengan Perilaku. In JournalUnair.
Saputra, A. J. (2019). Pengaruh Minat,Motivasi, Pelatihan Profesional,Gender, Lingkungan PekerjaanTerhadap Pilihan Karir Akuntan. JAD :Jurnal Riset Akuntansi & KeuanganDewantara.https://doi.org/10.26533/jad.v1i2.240
Sila, I. M., Rai, I. B., & Sutika, I. M. (2022).Merdeka Belajar Dan KampusMerdeka Dalam Menyongsong LinkAnd Match Dunia Pendidikan. WidyaAccarya.https://doi.org/10.46650/wa.13.1.1214.41-52
Sugiarti, S. (2020). Penerapan Tata KelolaKeuangan Pada Pelaku Usaha DiKelurahan Jimus KecamatanPolanharjo Kabupaten Klaten.Budimas : Jurnal PengabdianMasyarakat.https://doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1357
Syafhil, Z. S., & Kartika, L. (2021). AnalisisKesuksesan Karir Alumni ProgramMahasiswa Berprestasi Di PerguruanTinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan.https://doi.org/10.21009/pip.351.2
Winarto, W. W. A. (2021). ProgramPeningkatan Minat Menulis KaryaTulis Ilmiah Mahasiswa. JurnalAltifani Penelitian Dan PengabdianKepada Masyarakat.https://doi.org/10.25008/altifani.v1i1.114
Yudiana, M. S., & Farid, M. (2021).Penerapan Sistem Informasi Akuntansiterhadap Tata Kelola KeuanganPerbankan Syariah. Muhasabatuna :Jurnal Akuntansi Syariah.https://doi.org/10.54471/muhasabatuna.v3i1.1089
Zainuddin, Mahdi, S. A., & Ismail, A. A.(2019). Faktor-Faktor YangMempengaruhi Persepsi Mahasiswa.Jurnal Akuntansi : Transparansi DanAkuntabilitas.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.