Implementasi Nilai Moderasi Beragama Pada Santri Di Lembaga Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya Al Junaidiyah Biru Bone
Abstract
Artikel ini membahas tentang implementasi nilai moderasi beragama pada santri di lembaga Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya Al-Junaidiyah Biru Bone. Kajian penelitian ini bersifat kualitatif yang dipaparkan secara deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan yang dilakukan dengan studi lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah diawali dengan observasi, kemudian dilakukan pengamatan, dan wawancara langsung kepada informan. Implementasi moderasi beragama pada santri di lembaga Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya Al-Junaidiyah Biru Bone pada tiga kurikulum yang dimiliki yaitu kurikulum pendidikan keagamaan, pendidikan umum, dan muatan lokal. Pendidikan keagamaan berupa kajian kitab-kitab kuning pada setiap mata pelajaran seperti Tauhid, Fiqh, Ushul Fiqh, Akhlak Tasawwuf, Tarikh. Pendidikan umum seperti pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, Seni Budaya. Pada pendidikan muatan lokal berupa pembelajaran Komputer dan keguatan ekstrakurikuler. Kesimpulan bahwa santri mengimplementasikan indikator moderasi beragama pada komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan akomodatif terhadap budaya lokal Kegiatan yang dilakukan santri untuk pengimplementasian moderasi beragama seperti pelaksanaan upacara bendera merah putih pada hari sabtu, upacara perayaan 17 Agustus, perayaan hari santri dengan berbagai kegiatan. Santri juga menerapkan indikator moderasi beragama dengan mengikuti ajaran dan akhlak dari para ustadz/ustadzah, guru mata pelajaran yang lain. Santri saling menghormati, menghargai, toleran terhadap siapapun yang ditemuinya.
References
Abdullah Haidar, D. (2023). Moderasi Beragama di Tengah Isu Kontemporer (F. S. A. Agus Mulyono, Alamsyah M Dja’far (ed.); 1st ed.). Kementerian Agama RI.
Abror, M. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi: Kajian Islam dan Keberagaman. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 143–155.
Agama, K. (2019). Moderasi Beragama. Badan Litbang dan Diklat Keagamaan Agama RI.
Ahmad Sugeng Riady. (2021). Agama dan Kebudayaan Masyarakat Perspektif Clifford Geertz. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia, 2(1), 13–22.
Harsono, H. (2002). Implementasi Kebijakan dan Politik. Rieneka Cipta.
M. Redha Anshari, Surawan, M. Iqbal Purnama Adi, D. A. A. (2021). Moderasi Beragama di Pondok Pesantren. In Monograf (1st ed.). Penerbit K Media.
Mohammad Fahri dan Ahmad Zainuri. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–100.
Nunung Hidayati, Siti Maemunah, A. I. (2021). Nilai Moderasi Beragama dalam Orientasi Pendidikan Pesanren di Indonesia. Transformasi: Journal Of Management, Administration, Education, And Religious Affairs, 3(2).
Prof. Dr. K.H. Khairil Anwar, M. A. (2023). Moderasi Beragama: Sebuah Diskursus Dinamika Keagamaan di Era Kontemporer (M. S. Surawan (ed.)). Penerbit K Media.
Qomar, M. (2009). Pesantren Dari Transformasi Metodologi menuju Demokratisasi Instisusi. Erlanggar.
RI, D. P. I. K. A. (2015). KEPDIRJENPENDIS NO.6036 Tahun 2015 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Pendidikan Diniyah Formal Ulya. Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Saddam Husain, A. E. D. W. (2021). Moderasi Beragama Berbasis Tradisi Pesantren pada Ma’had Aly As’adiyah Sengkang Wajo Sulawesi Selatan. Harmoni; Journal Multicultural and Multireligious, 20(1), 48–66.
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(1), 321–348.
Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Grasindo.
Copyright (c) 2024 EDUCANDUM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.