PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DIGITAL: EFEKTIF ATAU TIDAK?
Abstract
Perkembangan teknologi menyebabkan perlunya adaptasi secara intens terhadap perkembangan tersebut tidak terkecuali dalam bidang pendidikan, hal ini ditandai dengan semakin banyaknya bentuk teknologi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran termasuk media-media pembelajaran digital. Namun, adaptasi ini memerlukan adanya keterampilan dalam menggunakan teknologi tersebut, kurangnya keterampilan dalam menggunakan teknologi dapat terjadi dimana saja termasuk Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN) Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk pembelajaran dengan menggunakan teknologi, prinsip penggunaan media pembelajaran digital, dan dampak negatif potensial disebabkan oleh teknologi pada proses pembelajaran di MAN 1 Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang mana penelitian dilaksanakan dengan observasi dan wawancara terhadap 5 guru yang merupakan sampel dalam penelitian ini untuk memperoleh perspektif mengenai pembelajaran dengan menggunakan media digital. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan teknologi pada MAN 1 Parepare dilaksanakan dengan menggunakan media pembelajaran berupa video pembelajaran, power point, dan simulasi-simulasi. Selain itu, prinsip penggunaan teknologi dilakukan dengan pengawasan terhadap siswa dan kehati-hatian dalam memilih media pembelajaran yang tidak bersifat eksplisit. Dampak negatif yang berpotensi untuk terjadi adalah banyaknya distraksi, sehingga diperlukan kompetensi guru dalam mengawasi siswa dalam menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran.
References
Agit, A., Mujahidin, M., & Amiruddin, N. (2023). Evaluasi Penggunaan Teknologi Terhadap Efektivitas Belajar: Apakah Berdampak Buruk? Educandum, 9(1), 31–42.
Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. JDPP: Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, Special Issue, 37–44. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index
Azizah, M. P. N., Ahmadi, A., & Yuniseffendri, Y. (2023). Kombinasi Media Pembelajaran Modern dan Tradisional dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTs Darul Ulum Petiyin. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(2), 218–230. https://doi.org/10.53299/jppi.v3i2.349
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 10–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1
Isma, A., Isma, A., Isma, A., & Isma, A. (2023). Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia. JUPITER: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(3), 11–28.
Jaafar, F. M., Osman, R., Saidin, K., & Abdan, N. (2017). Kesan Pembelajaran Koperatif Dan Tradisional Terhadap Pencapaian Akademik Penguasaan Kemahiran Jawi. Ulum Islamiyah: The Malaysian Journal of Islamic Science, 19, 60–70.
Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140
Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Yulia Novera. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 4(2), 121–134.
Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Basicedu, 7(1), 603–611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4653
Riyadi, D. S., Anwar, N., Nurhidayati, R. P., Julianti, T., & Yuliana, A. T. R. D. (2021). Urgensi Pemanfaatan Media Pembelajaran PAI Berbasis Information And Communication Technologies (ICT) Di Masa Pandemi Covid-19. Educandum, 7(1), 114–124.
Said, S. (2023). Peran Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi, 6(2), 194–202.
Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195
Soemantri, S. (2019). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Digital. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 64–69. https://doi.org/10.30651/aks.v3i1.2372
Styawati, S., Ariany, F., Alita, D., & Susanto, E. R. (2020). Pembelajaran Tradisional Menuju Milenial : Pengembangan Aplikasi Berbasis Web Sebagai Penunjang Pembelajaran E-Learning Pada MAN 1 Pesawaran. Journal Sosial Science and Teknology for Community Service (JSSTCS), 1(2), 10–16.
Suharsono, T., & Fikriana, R. (2016). Efek Metode Pembelajaran Tradisional (Tutorial) Terhadap Pengetahuan Dan Ketrampilan Resusitasi Jantung Paru. Jurnal Keperawatan, 7(2), 156–162. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/keperawatan/issue/view
Wityastuti, E. Z., Masrofah, S., Haqqi, T. A. F., & Salsabila, U. H. (2022). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.54082/jupin.39
Copyright (c) 2024 EDUCANDUM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.