Implementasi Nilai-nilai Moderasi Beragama Dalam Kepemimpinan Organisasi Siswa MTs Negeri 1 Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam
kepemimpinan organisasi siswa MTs Negeri 1 Makassar. Penelitian ini adalah
penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pengamatan.
Kepemimpinan organisasi pada MTs Negeri 1 Makassar diterapkan dalam
beberapa pembinaan organisasi kesiswaan yaitu: Organisasi Intra Madrasah
(OSIM), Palang Merah Remaja (PMR), Praja Muda Karana (PRAMUKA), dan
Ikatan Remaja Masjid Asa’adah (IRMAS). Implementasi nilai-nilai moderasi
beragama dalam kepemimpinan organisasi pada MTs Negeri 1 Makassar
beberapa langkah dilakukan yaitu: memberikan penguatan pendidikan nilainilai
agama di madrasah termasuk pendidikan karakter, mengembangkan
kegiatan-kegiatan pada ekstrakurikuler yang berbasis nilai-nilai agama,
pengembangan pembentukan kepemimpinan yang berbasis agama, penanaman
kesadaran sosial dan kemanusiaan, dan penggunaan teknologi informasi yang
proporsional dan bertanggungjawab.Pembentukan kemimpinan pada MTs
Negeri 1 Makassar yang berorientasi pada penghormatan ideologi kebangsaan
dibarengi dengan komitmen terhadap pancasila secara utuh. Memupuk sikap
saling menghormati perbedaan dengan mengedepankan sikap toleransi.
mencegah terjadinya perbedaan pendapat yang ektrim yang dapat menimbilkan
perpecahan dan tindak kekerasan. Aktif melakukan kegiatan-kegiatan
kebudayaan seperti pentas seni untuk menghargai kerarifan lokal.
References
Adhi Kusumastuti dan Ahmad Mustamil
Khoiron, (nd). Metode Penelitian
Kualitatif. Lembaga Pendidikan
Sukarno Pressindo (LPSP). Semarang
Abdul Wahid, M. (2018). Moderasi
Beragama: Telaah Pemikiran dan
Praktik. Pustaka Pelajar.
Al-Attas, S. N. (2015). Islam and
Secularism. IBTauris.
Hamidah, L., & Achmad, S. (2022).
Penerapan Nilai Moderasi Beragama
pada Mahasiswa. al-Iltizam: Jurnal
Pendidikan Agama
Islam
.
https://doi.org/10.33477/alt.v7i2.3366
Northouse, P. G. (2018). Leadership: Theory
and Practice. SAGE Publications.
Yukl, G.
(2012). Leadership
in
Organizations. Pearson Education.
Northouse, P. G. (2018). Leadership: Theory
and Practice. Sage Publications.
Capper, C. A., & Resnick, D. B. (2016).
Education for Judgment: The Artistry
of Discussion Leadership. University
of Chicago Press.
Brown, M. E., Treviño, L. K., & Harrison,
D. A. (2019). Ethical leadership: A
social learning perspective for
construct development and testing.
Organizational Behavior and Human
Decision Processes.
Lickona, T. (2018). Educating for Character:
How Our Schools Can Teach Respect
and Responsibility. Bantam.
McShane, S. L., & Von Glinow, M. A.
(2018). Organizational Behavior.
McGraw-Hill Education.
Burns, J. M. (2012). Leadership.
HarperCollins.
Komariah, A., & Suryana, A. (2019).
Manajemen Pendidikan Agama Islam.
Remaja Rosdakarya.
Luthans, F., & Avolio, B. J. (2018).
Authentic Leadership: A Positive
Development Approach. Routledge.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Service,
Quality & Satisfaction. Andi Offset.
Covey, S. R. (2016). The 7 Habits of Highly
Effective People: Powerful Lessons in
Personal Change. Simon & Schuster.
Firmansyah, Deri, and Dede. 2022. “Teknik
Pengambilan Sampel Umum Dalam
Metodologi Penelitian: Literature
Review.” Jurnal Ilmiah Pendidikan
Holistik (JIPH) 1 (2): 85–114.
https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Eagly, A. H., & Chin, J. L. (2010). Diversity
and leadership in a changing world.
American Psychologist, 65(3), 216224.
Copyright (c) 2024 EDUCANDUM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.