Implementasi Nilai-nilai Moderasi Beragama Dalam Kepemimpinan Organisasi Siswa MTs Negeri 1 Makassar

  • Hafiluddin01 hafiluddin01
  • Muhammad Ali MTs Negeri 1 Makassar
Keywords: Kepemimpinan organisasi, nilai-nilai moderasi beragama, pendidikan agama

Abstract

Penelitian ini bertujuan implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam
kepemimpinan organisasi siswa MTs Negeri 1 Makassar. Penelitian ini adalah
penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pengamatan.
Kepemimpinan organisasi pada MTs Negeri 1 Makassar diterapkan dalam
beberapa pembinaan organisasi kesiswaan yaitu: Organisasi Intra Madrasah
(OSIM), Palang Merah Remaja (PMR), Praja Muda Karana (PRAMUKA), dan
Ikatan Remaja Masjid Asa’adah (IRMAS). Implementasi nilai-nilai moderasi
beragama dalam kepemimpinan organisasi pada MTs Negeri 1 Makassar
beberapa langkah dilakukan yaitu: memberikan penguatan pendidikan nilainilai

agama di madrasah termasuk pendidikan karakter, mengembangkan
kegiatan-kegiatan pada ekstrakurikuler yang berbasis nilai-nilai agama,
pengembangan pembentukan kepemimpinan yang berbasis agama, penanaman
kesadaran sosial dan kemanusiaan, dan penggunaan teknologi informasi yang
proporsional dan bertanggungjawab.Pembentukan kemimpinan pada MTs
Negeri 1 Makassar yang berorientasi pada penghormatan ideologi kebangsaan
dibarengi dengan komitmen terhadap pancasila secara utuh. Memupuk sikap
saling menghormati perbedaan dengan mengedepankan sikap toleransi.
mencegah terjadinya perbedaan pendapat yang ektrim yang dapat menimbilkan
perpecahan dan tindak kekerasan. Aktif melakukan kegiatan-kegiatan
kebudayaan seperti pentas seni untuk menghargai kerarifan lokal.

References

Adhi Kusumastuti dan Ahmad Mustamil

Khoiron, (nd). Metode Penelitian

Kualitatif. Lembaga Pendidikan

Sukarno Pressindo (LPSP). Semarang

Abdul Wahid, M. (2018). Moderasi

Beragama: Telaah Pemikiran dan

Praktik. Pustaka Pelajar.

Al-Attas, S. N. (2015). Islam and

Secularism. IBTauris.

Hamidah, L., & Achmad, S. (2022).

Penerapan Nilai Moderasi Beragama

pada Mahasiswa. al-Iltizam: Jurnal

Pendidikan Agama

Islam

.

https://doi.org/10.33477/alt.v7i2.3366

Northouse, P. G. (2018). Leadership: Theory

and Practice. SAGE Publications.

Yukl, G.

(2012). Leadership

in

Organizations. Pearson Education.

Northouse, P. G. (2018). Leadership: Theory

and Practice. Sage Publications.

Capper, C. A., & Resnick, D. B. (2016).

Education for Judgment: The Artistry

of Discussion Leadership. University

of Chicago Press.

Brown, M. E., Treviño, L. K., & Harrison,

D. A. (2019). Ethical leadership: A

social learning perspective for

construct development and testing.

Organizational Behavior and Human

Decision Processes.

Lickona, T. (2018). Educating for Character:

How Our Schools Can Teach Respect

and Responsibility. Bantam.

McShane, S. L., & Von Glinow, M. A.

(2018). Organizational Behavior.

McGraw-Hill Education.

Burns, J. M. (2012). Leadership.

HarperCollins.

Komariah, A., & Suryana, A. (2019).

Manajemen Pendidikan Agama Islam.

Remaja Rosdakarya.

Luthans, F., & Avolio, B. J. (2018).

Authentic Leadership: A Positive

Development Approach. Routledge.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Service,

Quality & Satisfaction. Andi Offset.

Covey, S. R. (2016). The 7 Habits of Highly

Effective People: Powerful Lessons in

Personal Change. Simon & Schuster.

Firmansyah, Deri, and Dede. 2022. “Teknik

Pengambilan Sampel Umum Dalam

Metodologi Penelitian: Literature

Review.” Jurnal Ilmiah Pendidikan

Holistik (JIPH) 1 (2): 85–114.

https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Eagly, A. H., & Chin, J. L. (2010). Diversity

and leadership in a changing world.

American Psychologist, 65(3), 216224.

Published
2024-11-13