EVALUASI PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA PADA MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DENGAN MODEL CIPP

  • syawal kurnia putra Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • muhammad nur akbar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Sitti Mania Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: CIPP, Evaluasi, MBKM, Wirausaha Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aspek context, input, process, dan product pada program wirausaha merdeka MBKM di Universitas Muhammadiyah Makassar. Desain penelitian ini ialah penelitian evaluasi dengan model CIPP dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Hubermann, dengan pengabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini yakni 1) aspek Context, adanya keselarasan antara pedoman program MBKM yang dibuat oleh kemendikbud dan buku panduan program wirausaha merdeka di Universitas Muhammadiyah Makassar; 2) aspek input, adanya pengetahuan awal mahasiswa hampir semua sama atau bisa dikatakan mereka paham mengenai program wirausaha merdeka tersebut; 3) aspek process, program wirausaha merdeka tergolong pada kategori cukup dan perlu diperbaiki guna pelaksanaan program mahasiswa wirausaha merdeka yang lebih baik; 4) aspek product, mahasiswa yang mengikuti program wirausaha merdeka tersebut mengalami peningkatan dalam kedua aspek keterampilan, baik itu keterampilan interpersonal maupun teknis. Serta pemahaman mereka terkait berwirausaha sudah cukup baik Meskipun begitu, beberapa peserta menghadapi hambatan karena usaha yang mereka mulai tidak memiliki kelanjutan yang memuaskan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Melalui Program Wirausaha Merdeka

di Universitas Muhammadiyah

Surakarta. Abdi Psikonomi, 222–229.

Absor, N. F., Kurniawati, & Umasih. (2019).

Evaluasi Program Pembelajaran

Sejarah Indonesia di SMKN 57 Jakarta.

Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2).

https://doi.org/10.21009/jps.082.05

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku

Panduan Pelayanan Merdeka Belajar

dan Kampus Merdeka. Merdeka

Belajar-Kampus Merdeka.

Akhmad, N. A., Mania, S., & Rasyid, M. N.

A. (2023). Evaluasi Pembelajaran Jarak

Jauh di Prodi Pendidikan Biologi

STKIP Pembangunan Indonesia.

Pendekar:

Jurnal Pendidikan

Berkarakter, 6(2), 101–110.

Divayana, D. G. H., & Suyasa, P. W. A.

(2022). Evaluasi Pelaksanaan

Pembelajaran Synchronous Berbasis

Meet Google Pada Masa Pandemi

Covid-19 Menggunakan Model

Evaluasi CSE-UCLA. Lectura : Jurnal

Pendidikan,

Amalia, R., Anuar, A. Bin, & Fahmi, A.

(2023). 9. Merdeka Belajar Kampus

Merdeka

(2).

(MBKM): Efektifitas

https://doi.org/10.31849/lectura.v13i2.

Pelaksanaan Magang Mahasiswa

Bimbingan dan Konseling Dengan

Menggunakan Metode CIPP. G-Couns:

Jurnal Bimbingan Dan Konseling,

(02), 239–251.

Djuanda, I. (2020). Implementasi evaluasi

program pendidikan karakter model

cipp (context, input, process dan

output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu

Dan Budaya Islam, 3(01), 37–53.

Amelia, J. R., & Romadhan, M. F. (2022).

Dampak

Implementasi Program

Fitria, F. W. (2017). EVALUASI

IMPLEMENTASI

Merdeka Belajar Kampus Merdeka

(MB-KM) Terhadap Mahasiswa

Program Studi Teknologi Pangan.

JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan

Pendidikan),

STANDAR

(3).

PENILAIAN PADA SEKOLAH

ALAM BOGOR BERDASARKAN

MODEL EVALUASI PROVUS.

Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(1).

https://doi.org/10.21009/jep.081.04

https://doi.org/10.58258/jisip.v6i3.276

Haryanto, R. W. (2019). Analisis

Kemampuan Wirausaha dan Peluang

Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha

Pada Kegiatan Pelaku UKM Binaan

UKM

Andreas Putra, A. T., Zarita, R., &

Nurhafidah, N. (2021). EVALUASI

PROGRAM PENDIDIKAN AGAMA

ISLAM MENGGUNAKAN MODEL

EVALUASI CIPP. Zawiyah: Jurnal

Pemikiran

Center Universitas

Islam,

(2).

Pembangunan Panca Budi. Jurnal

Panca Budi, 1(1).

https://doi.org/10.31332/zjpi.v7i2.345

Hasan, M., Azizah, N., Nurjannah, N.,

Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022).

Pengembangan

Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi Program

Model CIPP pada Proses Pembelajaran

IPA. JIPFRI

Pembelajaran

(Jurnal

Inovasi

Kecakapan Hidup Berbasis Karakter

Kewirausahaan pada Jenjang Sekolah

Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4299–

Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah),

(2).

https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.10

Chayo, E. D., Febriandika, N. R., Aji, N. P.,

& Ramadhan, M. H. (2022). Wirausaha

Merdeka: Pemberdayaan Mahasiswa

Irawan, I. (2020). KLASIFIKASI MODEL

DAN TEKNIK EVALUASI

PEMBELAJARAN. ISLAMIKA, 12(1).

https://doi.org/10.33592/islamika.v12i

406

Mahmudi, I. (2018). Model Evaluasi

Responsif. Edukasiana, 1.

Puspayanti, A.

(2018). Evaluasi

Mardiah, M., & Syarifudin, S. (2019).

MODEL-MODEL

EVALUASI

Pembelajaran Diklat Menggunakan

Model Countenance Stake. Andragogi:

Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan

Keagamaan,

PENDIDIKAN. MITRA ASHSHIBYAN:

Jurnal Pendidikan Dan

Konseling,

(1).

https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i

52

(1).

https://doi.org/10.46963/mash.v2i1.24

Resnawati, P., Sulastri, P., & Rustini, T.

(2022). Nilai dan model pendidikan

kewirausahaan di sekolah dasar. Jurnal

Guru Kita PGSD, 7(1), 125–135.

Maryati, R., Sukmawati, S., & Radiana, U.

(2023). Evaluasi Program Sekolah

Penggerak Menggunakan Model

Context, Input, Process, Product

(CIPP) di SMA Negeri 5 Sungai Raya

Kabupaten Kubu Raya. Innovative:

Journal of Social Science Research,

(5), 238–249.

Sidik, F., Rasyid, M. N. A., & Mania, S.

(2023). Evaluasi Program Praktik

Lapangan Persekolahan dengan

Menggunakan Model CSE-UCLA.

Irfani (e-Journal), 19(2), 121–130.

Milda, M., Mulyadi, M., & Musbaing, M.

(2023).

Pembentukan

Sikap

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian

Evaluasi.

Jurnal Penelitian

Kewirausahaan Mahasiswa Melalui

Program Wirausaha Merdeka di

Universitas Muhammadiyah Makassar.

Al-Musannif, 5(1), 17–32.

Pendidikan, 7(1).

Sulistiono, E. E., & Biru, R. C. B. (2020).

Pelaksanaan Pelatihan Berbasis

Kebutuhan di Berbagai Negara: Meta

Sintesis Komponen Pelatihan. Noken,

(2), 554328.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007).

Analisis Data Kualitatif Buku Sumber

Tentang Metode-Metode Baru

(Terjemahan). In Penerbit Universitas

Indonesia.

Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis

data dan pengecekan keabsahan data.

Suryadin, A., Sari, W. P., & Nurfitriani, M.

P. (2022). Evaluasi Program Model

CIPP (Context, Input, Process, and

Product) antara Teori dan Praktiknya.

Samudra Biru.

Pandunata, P., Ali, S. R., & Nurdiansyah, Y.

(2023). ANALISIS SENTIMEN

PROGRAM MERDEKA BELAJAR

KAMPUS

MERDEKA

Tohir. (2020). Buku Panduan Pelayanan

Merdeka Belajar dan Kampus

Merdeka. In Merdeka Belajar-Kampus

Merdeka.

MENGGUNAKAN ALGORITMA

NAÏVE BAYES CLASSIFIER. Jurnal

Sistem Informasi Dan Bisnis Cerdas,

(1).

https://doi.org/10.33005/sibc.v16i1.19

Wardani, H. K., Darusuprapti, F., &

Hajaroh, M. (2022). Model-Model

Evaluasi Pendidikan Dasar (Scriven

Model, Tyler Model, dan Goal Free

Evaluation). Jurnal Pendidikan : Riset

Dan

Konseptual,

(1).

Phutry Lelliezza, Ali Musadeq, & Arik

Prasetya. (2019). Pengaruh Pendidikan

Kewirausahaan, Karakter Wirausaha

Terhadap Intensi Berwirausaha Dengan

Motivasi Usaha Sebagai Intervening.

SKETSA

https://doi.org/10.28926/riset_konsept

ual.v6i1.446

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian

deskriptif kualitatif. QUANTA, 2(2).

BISNIS,

(2).

https://doi.org/10.35891/jsb.v6i2.1776

Published
2024-11-13