EVALUASI PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA PADA MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DENGAN MODEL CIPP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aspek context, input, process, dan product pada program wirausaha merdeka MBKM di Universitas Muhammadiyah Makassar. Desain penelitian ini ialah penelitian evaluasi dengan model CIPP dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Hubermann, dengan pengabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini yakni 1) aspek Context, adanya keselarasan antara pedoman program MBKM yang dibuat oleh kemendikbud dan buku panduan program wirausaha merdeka di Universitas Muhammadiyah Makassar; 2) aspek input, adanya pengetahuan awal mahasiswa hampir semua sama atau bisa dikatakan mereka paham mengenai program wirausaha merdeka tersebut; 3) aspek process, program wirausaha merdeka tergolong pada kategori cukup dan perlu diperbaiki guna pelaksanaan program mahasiswa wirausaha merdeka yang lebih baik; 4) aspek product, mahasiswa yang mengikuti program wirausaha merdeka tersebut mengalami peningkatan dalam kedua aspek keterampilan, baik itu keterampilan interpersonal maupun teknis. Serta pemahaman mereka terkait berwirausaha sudah cukup baik Meskipun begitu, beberapa peserta menghadapi hambatan karena usaha yang mereka mulai tidak memiliki kelanjutan yang memuaskan.
References
DAFTAR PUSTAKA
Melalui Program Wirausaha Merdeka
di Universitas Muhammadiyah
Surakarta. Abdi Psikonomi, 222–229.
Absor, N. F., Kurniawati, & Umasih. (2019).
Evaluasi Program Pembelajaran
Sejarah Indonesia di SMKN 57 Jakarta.
Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2).
https://doi.org/10.21009/jps.082.05
Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku
Panduan Pelayanan Merdeka Belajar
dan Kampus Merdeka. Merdeka
Belajar-Kampus Merdeka.
Akhmad, N. A., Mania, S., & Rasyid, M. N.
A. (2023). Evaluasi Pembelajaran Jarak
Jauh di Prodi Pendidikan Biologi
STKIP Pembangunan Indonesia.
Pendekar:
Jurnal Pendidikan
Berkarakter, 6(2), 101–110.
Divayana, D. G. H., & Suyasa, P. W. A.
(2022). Evaluasi Pelaksanaan
Pembelajaran Synchronous Berbasis
Meet Google Pada Masa Pandemi
Covid-19 Menggunakan Model
Evaluasi CSE-UCLA. Lectura : Jurnal
Pendidikan,
Amalia, R., Anuar, A. Bin, & Fahmi, A.
(2023). 9. Merdeka Belajar Kampus
Merdeka
(2).
(MBKM): Efektifitas
https://doi.org/10.31849/lectura.v13i2.
Pelaksanaan Magang Mahasiswa
Bimbingan dan Konseling Dengan
Menggunakan Metode CIPP. G-Couns:
Jurnal Bimbingan Dan Konseling,
(02), 239–251.
Djuanda, I. (2020). Implementasi evaluasi
program pendidikan karakter model
cipp (context, input, process dan
output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu
Dan Budaya Islam, 3(01), 37–53.
Amelia, J. R., & Romadhan, M. F. (2022).
Dampak
Implementasi Program
Fitria, F. W. (2017). EVALUASI
IMPLEMENTASI
Merdeka Belajar Kampus Merdeka
(MB-KM) Terhadap Mahasiswa
Program Studi Teknologi Pangan.
JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan
Pendidikan),
STANDAR
(3).
PENILAIAN PADA SEKOLAH
ALAM BOGOR BERDASARKAN
MODEL EVALUASI PROVUS.
Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(1).
https://doi.org/10.21009/jep.081.04
https://doi.org/10.58258/jisip.v6i3.276
Haryanto, R. W. (2019). Analisis
Kemampuan Wirausaha dan Peluang
Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha
Pada Kegiatan Pelaku UKM Binaan
UKM
Andreas Putra, A. T., Zarita, R., &
Nurhafidah, N. (2021). EVALUASI
PROGRAM PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM MENGGUNAKAN MODEL
EVALUASI CIPP. Zawiyah: Jurnal
Pemikiran
Center Universitas
Islam,
(2).
Pembangunan Panca Budi. Jurnal
Panca Budi, 1(1).
https://doi.org/10.31332/zjpi.v7i2.345
Hasan, M., Azizah, N., Nurjannah, N.,
Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022).
Pengembangan
Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi Program
Model CIPP pada Proses Pembelajaran
IPA. JIPFRI
Pembelajaran
(Jurnal
Inovasi
Kecakapan Hidup Berbasis Karakter
Kewirausahaan pada Jenjang Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4299–
Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah),
(2).
https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.10
Chayo, E. D., Febriandika, N. R., Aji, N. P.,
& Ramadhan, M. H. (2022). Wirausaha
Merdeka: Pemberdayaan Mahasiswa
Irawan, I. (2020). KLASIFIKASI MODEL
DAN TEKNIK EVALUASI
PEMBELAJARAN. ISLAMIKA, 12(1).
https://doi.org/10.33592/islamika.v12i
406
Mahmudi, I. (2018). Model Evaluasi
Responsif. Edukasiana, 1.
Puspayanti, A.
(2018). Evaluasi
Mardiah, M., & Syarifudin, S. (2019).
MODEL-MODEL
EVALUASI
Pembelajaran Diklat Menggunakan
Model Countenance Stake. Andragogi:
Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan
Keagamaan,
PENDIDIKAN. MITRA ASHSHIBYAN:
Jurnal Pendidikan Dan
Konseling,
(1).
https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i
52
(1).
https://doi.org/10.46963/mash.v2i1.24
Resnawati, P., Sulastri, P., & Rustini, T.
(2022). Nilai dan model pendidikan
kewirausahaan di sekolah dasar. Jurnal
Guru Kita PGSD, 7(1), 125–135.
Maryati, R., Sukmawati, S., & Radiana, U.
(2023). Evaluasi Program Sekolah
Penggerak Menggunakan Model
Context, Input, Process, Product
(CIPP) di SMA Negeri 5 Sungai Raya
Kabupaten Kubu Raya. Innovative:
Journal of Social Science Research,
(5), 238–249.
Sidik, F., Rasyid, M. N. A., & Mania, S.
(2023). Evaluasi Program Praktik
Lapangan Persekolahan dengan
Menggunakan Model CSE-UCLA.
Irfani (e-Journal), 19(2), 121–130.
Milda, M., Mulyadi, M., & Musbaing, M.
(2023).
Pembentukan
Sikap
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian
Evaluasi.
Jurnal Penelitian
Kewirausahaan Mahasiswa Melalui
Program Wirausaha Merdeka di
Universitas Muhammadiyah Makassar.
Al-Musannif, 5(1), 17–32.
Pendidikan, 7(1).
Sulistiono, E. E., & Biru, R. C. B. (2020).
Pelaksanaan Pelatihan Berbasis
Kebutuhan di Berbagai Negara: Meta
Sintesis Komponen Pelatihan. Noken,
(2), 554328.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007).
Analisis Data Kualitatif Buku Sumber
Tentang Metode-Metode Baru
(Terjemahan). In Penerbit Universitas
Indonesia.
Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis
data dan pengecekan keabsahan data.
Suryadin, A., Sari, W. P., & Nurfitriani, M.
P. (2022). Evaluasi Program Model
CIPP (Context, Input, Process, and
Product) antara Teori dan Praktiknya.
Samudra Biru.
Pandunata, P., Ali, S. R., & Nurdiansyah, Y.
(2023). ANALISIS SENTIMEN
PROGRAM MERDEKA BELAJAR
KAMPUS
MERDEKA
Tohir. (2020). Buku Panduan Pelayanan
Merdeka Belajar dan Kampus
Merdeka. In Merdeka Belajar-Kampus
Merdeka.
MENGGUNAKAN ALGORITMA
NAÏVE BAYES CLASSIFIER. Jurnal
Sistem Informasi Dan Bisnis Cerdas,
(1).
https://doi.org/10.33005/sibc.v16i1.19
Wardani, H. K., Darusuprapti, F., &
Hajaroh, M. (2022). Model-Model
Evaluasi Pendidikan Dasar (Scriven
Model, Tyler Model, dan Goal Free
Evaluation). Jurnal Pendidikan : Riset
Dan
Konseptual,
(1).
Phutry Lelliezza, Ali Musadeq, & Arik
Prasetya. (2019). Pengaruh Pendidikan
Kewirausahaan, Karakter Wirausaha
Terhadap Intensi Berwirausaha Dengan
Motivasi Usaha Sebagai Intervening.
SKETSA
https://doi.org/10.28926/riset_konsept
ual.v6i1.446
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian
deskriptif kualitatif. QUANTA, 2(2).
BISNIS,
(2).
Copyright (c) 2024 EDUCANDUM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.