Motivasi Belajar Karya Tulis Ilmiah Peserta Didik Madrasah Aliyah Di Kota pare-pare
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik mengenai Karya Tulis Ilmiah di Madrasah Aliyah Pare-Pare, faktor pendukung dan penghambat motivasi belajar dan lomba karya tulis ilmiah di Madrasah Aliyah, motivasi belajar dan lomba karya tulis ilmiah di Madrasah Aliyah Negeri 2, Madrasah Aliyah Negeri 1, dan MAS Lil-Banat Kota Pare –Pare, faktor pendukung dengan menerapkan metode deskriftif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan besarnya motivasi peserta didik belajar dan mengikuti lomba karya tulis ilmiah ditemukan bahwa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas sebelas terdapat materi Sistematika penulisan Karya Tulis Ilmiah dan pada mata pelajaran Sosiologi pada kelas sepuluh terdapat materi penelitian sosial Teks eksplanasi (data penelitian), namun belum ada petunjuk teknis/panduan khusus karya ilmiah di Madrasah Aliyah, aktifitas kegiatan ilmiah di Madrasah Aliyah terdapat pada kegiatan ekstrakurikuler, belum ada kegiatan khusus bimbingan karya tulis ilmiah, hanya diikutsertakan pada kegiatan Latihan Kepemimpinan Sekolah (LKS) merupakan faktor penghambat. Rekomendasi perlunya pelajaran khusus penulisan karya tulis ilmiah pada kegiatan ekstrakurikuler, tidak diikutsertakan pada kegiatan yang lain dan hendaknya Madrasah Aliyah mempunyai panduan khusus penulisan karya tulis ilmiah yang sederhana agar mudah dipahami dan dipraktekkan oleh peserta didik
References
Arikunto (2003: 269), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi. Aksara.
Bower (1987: 150), Instructional Techniques. New York: McGraw Hill Books, Co.
Chatarina Tri Anni. (2006). Psikologi belajar. Semarang: UPT Unnes Press.
Dalyono. (2005). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Darsono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Press.
Dimyati dan Mudjiono (1994:89-92), Belajar dan Mengajar. Jakarta; Rineka Cipta.
Dwiloka, Bambang. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Penerbit Rineka Cipta
Farkhan, M. 2006. Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit Cella.
Gerow (1989:168) Belajar dan Membelajarkan, seri pustaka teknologi ... Bandung: ALFABETA
Hariwijaya, M. 2008. Pedoman Penulisan Ilmiah Proposal dan Skripsi. Tugu Publisher
Hilgard Suryabrata, 2001:232), Psikologi Pendidikan, Jakarta
Morgan Gino, 1988: 5), Teori-Teori Belajar, menurut para ahli, Jakarta
Nana Syaodih Sukmadinata. (2003). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nashar. (2004). Peranan motivasi dan kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Nasuhi, H. . dkk. 2007. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis, dan Disertasi). Jakarta: CeQDA. Remaja Rosdakarya.
Ngalim Purwanto. (2003). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. (2003). Prosedur belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, Ngalim (2006: 112), Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sardiman. (2014). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. 1988. Tuntunan penyusunan karya ilmiah: makalah-skripsi-tesis-disertasi. Sinar Baru.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumadi Suryabrata. (2005). Psikologi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sutopo 2006: 72), Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif, Surakarta, Universitas Sebelas Maret.
Wirawan. S. (1996). Psikologi remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zaenal Arifin (1990). Evaluasi instruksional prinsip-teknik-prosedur. Bandung: