PEMETAAN KAPASITAS PONDOK PESANTREN DI KABUPATEN MOROWALI DAN MOROWALI UTARA PROVINSI SULAWESI TENGAH

  • Amiruddin Amiruddin Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Pemetaaan, Kapasitas, Pondok Pesantren, Pemberdayaan

Abstract

 

Penelitian tentang pemetaan kapasitas pesantren yang di lakukan di Kabupaten Morowali dan Morowali Utara di orientasikan pada tiga aspek pemetaan yaitu: pemetaan tentang persebaran pesantren, kapasitas pengelolaan substansi pesantren, dan upaya-upaya pengembangan pemberdayaan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 13 pesantren yang tersebar pada 2 kabupaten, yang didominasi oleh pesantren dengan tipologi kombinasi. Penelusuran tentang kapasitas pesantren, dicermati pada aspek-aspek komponen utama pesantren sebagaimana yang diamanatkan oleh KMA Nomor 13 Tahun 2014, terdiri atas Kyai, Santri, Kitab Kuning, Pondok, dan Masjid/Mushollah. Kelima komponen tersebut belum sepenuhnya dimiliki oleh sebagian pesantren. Program pemberdayaan juga belum maksimal ini terlihat dari banyaknya Pondok pesantren yang tidak menyelenggarakannnya. Dan bagi pesantren yang menyelenggarakan program pemberdayaan tampak tidak berkelanjutan dalam pengelolaannya

References

Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. http://www.balitbangdiklat. kemenag. go.id. indeks/jurnal-penelitian/137-pesantren-dan-pemberdayaan-ekonomi-html, diakses, 12 Januari 2015.
Departemen Pendidikan Nasional.2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Gazali, M. Bahri. 2002. Pesantren Berwawasan Lingkungan. Jakarta: Prasasti.
Harmanto, Gatot.2008.1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Geografi untuk SMA/MA. Ringkasan Materi X, XI, dan XII. Bandung: Irama Widya.
Madjid, Nurcholis.1998. Bilik-Bilik Pesantren. Jakarta: Paramadina.
Mastuhu.1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.
Munir, Badrul.2012. Six Demension Organization. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.2007.Edukasi, Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan, Volume 5 Nomor 4, Oktober-Desember 2007.
-------------------, Volume 8 Nomor 1 Tahun 2010.
Sofyan BR. M.2014. Laporan Penelitian Pemberdayaan Pesantren Al Junaidiyah Sulawesi Selatan. Makassar: Balai Litbang Agama Makassar.
Surya, Priyadi. Pemetaan Pendidikan (Education Mapping) sebagai Dasar Meningkatkan Layanan Pendidikan. UNY (Priadisuryo@uny.ac.id)
www.nu.online.go.org. diakses, 22 Desember 2016.
Published
2019-10-01