KINERJA GURU MATA PELAJARAN MADRASAH DI SULAWESI TENGGARA

  • Asnandar Abubakar Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Kinerja Guru Mata Pelajaran, Kepala Madrasah, Diklat Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru mata pelajaran di madrasah yang telah mengikuti diklat. Kinerja guru dilihat dari pandangan kepala madrasah melalui angket/kuisioner. Penelitian ini adalah gabungan penelitian kualitatif dan kuantitatif, dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tenggara dengan fokus penelitian pada kepala madrasah aliayah dan tsanawiyah yang memiliki guru yang telah mengikuti diklat guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui angket/kuisioner dan wawacara. Kuisioner dipakai untuk mengumpulkan data kuantitatif sedangkan wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data kualitatif sebagai pendukung atau penguatan data-data kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan tabulasi hasil angket menggunakan skala likert kemudian diinterpretasi berdasarkan kategori-kategori. Indikator kinerja guru dilihat dari dimensi kompetensi guru. Salah satu aspek peningkatan kompetensi guru adalah melalui diklat guru mata pelajaran yang dilaksanakan oleh Balai Diklat Kementerian Agama. Hasil penelitian menunjukkan kepala madrasah memberikan tanggapan yang baik terhadap kinerja guru yang telah mengikuti diklat, dan kepala madrasah terbantu oleh guru yang telah mengikuti diklat pada pelaksanaan program-program madrasah dan tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien

References

Aziz, Helmi. 2019. “Persepsi Guru PAI Tentang Pelaksanaan Supervisi Oleh Kepala Sekolah Dengan Kreativitas Guru Dalam Mengajar ( Penelitian Guru PAI Di SMP Se-Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung ).” AL Murabi; Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 5 (2): 185–96.
Chaplin, James P. 2015. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta. Rajawali Press.

Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan; Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Kumala, Ismaya Priska, Burhanuddin, and Ibrahim Bafadal. 2018. “HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KERJA , KOMPETENSI , DAN.” JAMP; Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 01 (04): 400–409.

Majid, Abd. 2016. Pengembangan Kinerja Guru Melalui : Kompetensi, Komitmen Dan Motivasi Kerja.

Nurviza, Cut, Yusrizal, and Nasir Usman. 2019. “PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL KOTA BANDA ACEH.” Jurnal Magister Administrasi Pendidikan. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala 07 (01): 41–46.

Sobirin. 2018. Kepala sekolah, guru, dan pembelajaran. Bandung. Penerbit Nuansa.

Sopandi, Andi. 2019. “PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN TERHADAP KINERJA GURU.” Scientific Journal of Reflection; Economic, Accounting, Management and Business 2 (2): 121–30.

Supardi. 2016. Kinerja Guru. Jakarta. Rajawali Press.
Published
2019-10-01