PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MAN POLMAN

  • Badruzzaman Badruzzaman Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Pendidikan Karakter, Madrasah Aliyah, Polman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Pendidikan Karakter 2010-2015 yang telah didesain oleh Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2010. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif.

Penelitian menemukan, bahwa upaya untuk menanamkan nilai religious pada sisiwa di Madrasah Aliah Negeri Polman didesain dengan suasana kepesantrenan dan kemasjidan dalam bentuk pembudayaan dan pengembangan diri. Penerapan desain ini didukung oleh didukung oleh kebijakan kepala madrasah, kualitas guru dan sarana dan prasarana. Integrasi pendidikan karakter pada mata pelajaran (sesuai Desain Pendidikan Karakter 2010-2015) baru dilakukan secara maksimal secara administratif dalam perangkat pembelajaran, pada tahap proses pembelajaran dan evaluas tampak belum dilaksanakan secara maksimal. Hal disebabkan oleh kemampuan guru mengimpelementasikan dalam proses pembelajaran.

References

Anggito, Albi dan Johan Setiawan, 2018, Metode Penelitian Kualitatif. Suka Bumi: CV Jejak.
Dharma Kesuma, dkk, 2012, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Banding: Cetakan Ketiga, PT Remaja Rosdakarya.
Djamarah, Syaiful Bahri, dkk, 2006, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Cetakan Ketiga, PT Rineka Cipta.
Gunawan, Heri, 2012, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Jalal, F. (Tim P. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional.
Jalal, F. (Tim P. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional.
Laser, J. A. and N. N. (2011). Working with Adolescents: A Guide for Practitioners. United States of America: Guilford Press.
Prayitno, dan B. M. (2011). Pendidikan Karakter dalam Membanung Bangasa. Jakarta: Gramedia Widiasaran.
Rahim, Husni, dkk, 2011, Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Cet. Pertama, Departemen Agama RI Derektorat Jenderal Pembinaan Kelembangan Agama Islam/Direktorat Pembinaan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum Negeri, Proyek Peningkatan Tenaga Teknik Pendidikan Agama Islam.
Ramly, Mansyur, 2011, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan). Jakata: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Litbang, Pusat Kurikulum dan Pembukuan.
Sanusi, U. dan R. A. S. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: DeePublish.
Setyosari, Pujina, 2016, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia.
Sungkowo, 2009, Panduan Pencegahan dan Penanggulangan Penyimpangan Perilaku Siswa Sekolah Menengah Atas, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas..
Syarbini, A. (2014). Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Published
2019-10-01