INTEGRITAS SISWA SMAN DAN MAS DI KALIMANTAN UTARA

  • Abdul Rahman Arsyad Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Integritas Siswa

Abstract

Penelitian ini  menelusuri realitas integritas kejujuran, tanggungjawab, toleransi dan cintah tanah air peserta didik pada pendidikan tingkat menengah pada tujuh sekolah di Kalimantan Utara. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan angket.

Adapun Hasil penelitian adalah melihat berbagai dimensi, pendukung, dan faktor mempengaruhi integritas peserta didik. Dalam dimensi integritas kejujuran, tanggungjawab, toleransi dan Cinta tanah air, peserta didik telah memahami dan sudah terbiasa mengaplikasikan dilingkungan sekolah dengan baik.

Sedangkan, pendukung dan faktor mempengaruhi integritas peserta didik, diperlukan peran keluarga (orang tua) dan lingkungan, agar terbiasa memberikan bimbingan dan pembinaan terutama pada aspek keagamaan. Begitupun halnya lingkungan tempat tinggal diperlukan adanya beberapa wadah dan melibatkan remaja pada kegiatan–kegiatan sosial kemasyarakatan dan keagamaan, karena ini yang dapat mempengaruhi integritas peserta didik.

Secara keseluruhan tingkat integritas peserta didik dilembaga pendidikan menengah (SMA/MA) diberbagai Kota/Kab Propinsi Kalimantan Utara terkategori Tinggi dengan pencapaian 74,12

References

Hanun Farida, 2017. Indeks Integritas Siswa di Sekolah. Jakarta. Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Balitbang Dan Diklat Kementerian Agama
Hasbullah, dkk. 2012. Masalah Sosial Keagamaan Peserta didik SLTA Pulau Jawa dan Sulawesi. Kementerian Agama RI badan Litbang Dan Diklat Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.
Hayadin, 2016. Indeks Pendidikan Agama di SMA. Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang Dan Diklat.
Hidayatullah Furqan, M. 2010. Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.
hhtp:///kkbi.web.id/integritas
https:/catatan98.wordpress.com/2012/11/18/membangun-integritas-bangsa-dan-jiwa nasionalisme/
https://yogiearieffadillah.wordpress.com/2013/06/04/makalah-manusia-dan-tanggung-jawab/ diunduh Sabtu 25 Maret 2018
J.P. Chaplin. 2006. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta. Raja Grafindo Persada. Paul Edwards. Editor in Chief. “Toleration” in The Encuclopedia of Pholosophy. Volume 7 and 8 Paul Edwards (New York & London:Macmillan Publisher. 1967:143)
Kementerian Pendidikan Nasional, 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta. Balitbang, Pusat Kurikulum dan Pembukuan.
Kesuma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Mahmud Yaumi, 2014. Pendidikan Karakter landasan Pilar dan Implementasi. Jakarta. Pradana Media Group.
Mustari M, 2011. Nilai Karakter. Yogyakarta. LaksBang.
Paul Suparno, S.J 2015. Integritas Pendidikan: Sekolah, Guru, dan Siswa. Ursula, Tangerang.
Ungusari, E, 2015. Kejujuran dan Ketidakjujuran Pada Siswa SMA Berbasis Agama. Surakarta. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah.
Published
2019-10-01