PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 12 MAKASSAR
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Adapun rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimanakah gambaran tingkat prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 12 Makassar?. 2) Bagaimanakah pelaksanaan Self Management di SMA Negeri 12 Makassar?. 3) Apakah teknik self Management dapat mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 12 Makassar?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran gambaran tingkat prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 12 Makassar. 2) Gambaran penerapan teknik pelaksanaan Self Management di SMA Negeri 12 Makassar. 3) Penerapan teknik self Management dapat mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 12 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design. Populasi penelitan sebanyak 95 orang. Adapun sampel penelitian sebanyak 20 orang yang dibagi menjadi dua kelompok penelitian menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala prokrastinasi akademik dan observasi. Analisis data menggunakanan alisis data deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat prokrastinasi akademik siswa berdasarkan hasil pretest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berada pada kategori tinggi. Kemudian hasil Posttest menunjukan pada kelompok eksperimen, kecenderungan perilaku prokrastinasi akademik siswa berada pada kategori sedang sedangkan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan masih tetap berada pada kategori tinggi. (2) Pada saat pelaksanaan teknik self control, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. Artinya siswa mengikuti kegiatan teknik self control dengan baik (3) Penerapan teknik self control dapat mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 12 Makassar.
References
Candra, U., Wibowo, ME., dan Setyowani, N. 2014. Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Kabupaten Temanggung. Indonesian Journal of Guidence and Counseling 3 (3) 2014.66-72.
Cormier, Cormier. 1985. Self Management. http://karya-ilimiah.um.ac.id/index.php/BK- Psikologi/article/self Management/8491. (diakses pada: 21 Juli 2017, 17:50)
Ghufron dan Risnawati. 2010. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Gunarsa, Singgih. 2004. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia
Hartono dan Soedarmadji. 2012. Teori-teori Konseling. Jakarta: Esensi
Kartadinata, I. &Tjundijing, S. 2008. I Love You Tomorrow: Prokratsinasi Akademik dan Manajemen Waktu. Surabaya: Fakultas Psikologi Univeritas Surabaya. Anima, Indonesian Psycology Journal 2008, Vol 23, No. 2.109-119.
Khairat, U., Maputra, Y. & Rahmi, F. 2014. Pengaruh Prokrastinasi Akademik terhadap Perilaku Menyontek pada Siswi SMA di Pesantren X. Jurnal RAP UNP, Vol. 5 No. 2, November 2014, hal 192-203
Nitami, M., Daharnis & Yusri. 2015. Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Konselor: Vol. 4 No. 2, Maret 2015, hal 1-12.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Ulum, MI. 2016. Streategi Self-Regulated Learning untuk Menunrunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa.Psympathic, Jurnal Ilmiah Pskikologi Desember 2016, Vol. 3 No. 2, 153-170.