Nilai Karakter Peserta Didik Di Provinsi Kalimantan Utara

  • Israpil Israpil Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: nilai karakter, peserta didik, Kalimantan Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai karakter peserta didik di SMA dan Madrasah Aliyah (MA). Penelitian ini menggunakan metode gabungan (mix method). Data kuantitatif dikumpulkan melalui persebaran angket dan data kualitatif diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Karakter peserta didik dilihat pada lima dimensi, yaitu: religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas. Responden penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 40 orang yang dipilih secara acak di Provinsi Kalimantan Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persepsi peserta didik pada lima dimensi yang diamati terkategori tinggi. Meskipun demikian, berdasarkan hasil wawancara dan observasi di lapangan, nilai-nilai karakter pada dimensi religius masih diperlukan pembenahan dan optimalisasi terutama pada aspek praktik personal beragama  terkait rutinitas peserta didik dalam membaca kitab suci dan aspek identitas beragama serta eksklusivitas beragama peserta didik. Aspek lain yang ditengarai menjadi faktor penghambat nilai karakter peserta didik adalah pada dimensi gotong royong pada aspek interaksi personal sesama peserta didik yang belum sepenuhnya berjalan dengan baik.

References

Boyle, G. J., Saklofske, D. H., & Matthews, G. (2015). Measures of Personality and Social Psychological Constructs. Measures of Personality and Social Psychological Constructs. https://doi.org/10.1016/C2010-0-68427-6.
Creswell, John W. , 2010, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approach, diterj. Achmad Fawaid: Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cotton, S., McGrady, M. E., & Rosenthal, S. L. (2010). Measurement of Religiosity/Spirituality in Adolescent Health Outcomes Research: Trends and Recommendations. Journal of Religion and Health. https://doi.org/10.1007/s10943-010-9324-0.
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Gramedia Pustakatama, 2008), hlm.623.)
Harjali.2012. Pendidikan Karakter (Sebuah Usaha Penanaman Kebaikan). Jurnal Cendekia. Vol. 10 No. 2 Desember 2012. Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo.
Hasan, N. (2012). Piety, Politics, and Post-Islamism: Dhikr Akbar in Indonesia. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies. https://doi.org/-10.14421/ajis.2012.502.369-390.
Hewstone, M. [Ed], Stroebe, W. [Ed], & Jonas, K. [Ed]. (2008). Introduction to social psychology. Introduction to social psychology.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Koesoema A, Doni.2007. Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Makmun, Rodli. 2014. Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren: Studi di Pondok Pesantren Tradisional dan Modern di Kab Ponorogo: Cendekia Vol. 12 No. 2, Juli – Desember. Ponorogo: Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo.
Matsumoto, D. (2009). The Cambridge Dictionary of Psychology [Versão Electrónica]. Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53).
Paloutzian, R. F., & Park, C. L. (2005). Handbook of the Psychology of Religion and Spirituality. Vasa. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Parra, Á., Oliva, A., & Sánchez-Queija, I. (2015). Development of emotional autonomy from adolescence to young adulthood in Spain. Journal of Adolescence. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2014.11.003.
Puslitbang Penda. 2019. Desain Penelitian Survei Karakter Peserta Didik di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Penda.
Samani Muchlas dan Hanriyanto.2011. Konsep dan Model Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya.
The University of Adelaide. (2011). Academic Honesty Policy. In Academic Honesty,The University of Adelaide. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-408128-4.00008-4.
Yunus, R. (2014). Nilai-Nilai Kearifan Lokal (LOCAL GENIUS) Sebagai Penguat Karakter Bangsa: Studi Empiris Tentang Huyula, 141.
Zainuddin, dkk,. 2009. Pendidikan Islam dari Paradigma Klasik Hingga Kontemporer. Malang: UIN Malang Press.
Zamhari & Mazamah Ulfa. 2016. Relevansi Metode Pembentukan Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Terhadap Dunia Pendidikan Modern. Jurnal Edukasia. Vol. 11 No. 2. Agustus. Yogyakarta: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam UIN.
Published
2019-12-05