Integritas Peserta Didik SMA/MA Di Provinsi Sulawesi Utara

  • Rosdiana Rosdiana Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Integritas Peserta didik, Kejujuran, tanggung jawab, toleransi dan cinta tanah air

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat integritas peserta didik pada

jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah di Provinsi Sulawesi Utara. Secara khusus ingin mengetahui seberapa besar indeks integritas peserta didik dan faktor-faktor yang mempengaruhi integritas peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada peserta didik SMA/MA tingkat 2 (kelas 11) dengan jumlah sampel disetiap sekolah masing- masing 10 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan tingkat integritas peserta didik di Provinsi Sulawesi Utara secara umum terkategori integritas sangat tinggi. Hal ini dilihat pada empat variabel yakni kejujuran, tanggung jawab, toleransi dan cinta tanah air. Dari keempat variabel tersebut terdapat dua variabel yang mengindikasikan integritas sangat tinggi, yakni variabel toleransi dan cinta tanah

air. Sementara aspek yang terkategori integritas tinggi adalah variabel kejujuran

dan tanggung jawab. Faktor-faktor yang mempengarhi integritas peserta didik dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan tempat tinggal.

References

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, h.. 102
Badan Pusat Statistik. 2017. Provinsi Sulwesi Utara Dalam Angka. Prov. Sulawesi Utara: BPS.

Barnard, A,. Schurink, W,. De Beer, M.
2008. A conceptual framework of integrity.Journal of Industrial Psychology. 34 (2), 40 – 49. Diunduh dari :http://www.sajip.co.za
Farida Hanun. 2017. Laporan Penelitian Indeks Integritas Siswa di Sekolah. Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.
Hayadin. 2016. Indeks Pendidikan Agama di SMA. Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat.
Idi, Abdullah dan Safarina, 2015. Etika Pendidikan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2011.
Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitiaan dan Pengembangan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Makalah Survei integritas Siswa yang disampaikan di Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan tanggal 26

Januari 2017 oleh Dr Asep Supena, M.Si
Muslich, Mansur, 2015. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Mustari,M. 2011, Nilai Karakter.
Yogyakarta: LAksBang
Oktavia, Lanny, dkk. 2014, Pendidikan Karakter Berbasisi Tradisi Pesantren. Jakarta: Rumah Kitab.
The International Center for Academic Integrity. 2005. The fundamental values of academic integrity. Clemson University.
Suryadi, Ace. 2014. Pendidikan Untuk Transformasi Bangsa, Arah Baru Pendidikan Untuk Perubahan Mental Bangsa. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.
Zubaedi, 2012. Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kecana Prenada Media Group.
http:/ //kkbi.web.id/ integritas
Published
2019-12-06