Teknik Rational Emotif Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa di Sma 3 Makassar

  • Fauzan Ariwibowo Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Terapi Perilaku Rasional Emotif, Self Efficacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran tingkat kecendrungan perilaku self efficacy siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik Rational Emotif Behavioral Therapy di SMA Negeri 3 Makassar. (2) Untuk mengetahui penerapan teknik Rational Emotif Behavioral Therapy dalam meningkatkan self efficacy siswa di SMA Negeri 3 Makassar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental. Desain penelitian yakni One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner. Subjek penelitian ini 8 orang yakni siswa kelas XII IPS I-V yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis non-parametrik, yaitu uji Wilcoxon Signed Rank Test menggunakan SPSS 20,0 for windows. Tingkat Self Efficacy siswa di  SMA Negeri 3 Makassar sesudah diberi perlakuan menunjukkan terjadi perubahan dari tingkat Self Efficacy dari rendah menjadi kategori sedang.Penerapan teknik Rational Emotive Behavior Therapy dapat meningkatkan Self Efficacy siswa kelas XII di SMA Negeri 3 Makassar

References

Bandura, A. 1997.SelfEfficacy.Toward a Unifying Theory of Behavioral Change.Psychology Review, 84, 1991-215
Baron & Byrne. 2004. Psikologi Sosial Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Corey, G. 2009. KonselingdanPsikoterapi. Bandung: PT.RefikaAditama.
Feist, J &Feist, G.J. 2002. Theories Of Personality (5thed). Boston: McGraw Hill.
Nur, I. 2012. Penerapa teknik Role Playing untuk meningkatkan Self-Efficacy siswa dalam Belajar di SMP 13 Makassar.Skripsi.Makassar. FIP UNM.
Oemarjoedi, K.A. 2003.Pendekatan cognitive behavior dalam Psikoterapi Creative. Media Jakarta.
Rustina.2004.Computer Self Efficacy (CSE) Mahasiswa Akuntansi dalam Penggunaan Teknologi Informasi: Tinjauan Perspektif Gender: Jurnal Akuntansi dan Keuangan. 6(1):29-39.
Siburian, H.E. 2001. Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Goad Orientation Pada Guru SekolahMinggu.Skripsi. (tidak diterbitkan). Jakarta: Fakultas Universitas Indonesia.

Surya, M. 2003. Teori-Teori Konseling. Bandung: CV Pustaka Bani Quraisy.
Winkel, W.S. 2002. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan.Yogyakarta: Media Abadi.
Published
2019-12-06