PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH ISIMU KABUPATEN GORONTALO

  • Mujizatullah Mujizatullah Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: moderasi beragama, peserta didik, madrasah aliyah muhammadiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui moderasi beragama para peserta didik. pada Madrasah Aliyah Swasta Muhammadiyah Isimu Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tekhnik pengumpulan data dengan wawancara pada beberapa informan diantaranya kepala madrasah aliyah, Guru Pendidikan agama, Siswa selanjutnya mengamati langsung kegiatan proses pembelajaran. Penelitian ini menghasilakan suatu kesimpulan bahwa madrasah yang terdiri dari ragam mazhab dan etnis tersebut memperoleh pendidikan nilai-nilai moderasi beragama melalui kegiatan pembelajaran intrakurikuler dengan tekhnik pembelajaran di integrasikan pada mata pelajaran agama dan kegiatan ekstrakurikuler (kegiatan Rohis) dan mampu mengimplementasikan sikap toleransi dan akomodatif terhadap budaya lokal dengan cukup baik. Siswa yang selama ini dipersepsi intoleran dan tidak akomodatif dengan budaya lokal, tidak terjadi di madrasah ini. Bahkan nilai-nilai moderasi beragama yang terintegrasi dalam pelajaran muatan lokal yakni kemuhammadiyahan telah diimplementasikan di lingkungan madrasah.  

References

Abdullah, Amin. 2005, Pendidikan Agama Era Multikultural Multireligius. Jakarta: PSAP

Anas, Sudijono, 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.

Harahap, Syahrin. 2011. Teologi Kerukunan. Jakarta: Prebada Media.

Krathwohl, D.R. 2002. A Revision of Bloom’s taxonomy. An overview: Theory into Practice, 41 (4)

L. Eck, Diana. 2006. What is pluralism?. http//pluralism.com. Diakses tanggal 5 April 2016

Langgulung, Hasan. 2003. Azas-azas Pendidikan Islam. Jakarta : Pustaka Al Husna; Cet-IV

Salim, Haitami. 2012. “Menggagas Pendidikan Agama Lintas Sekolah Berciri Khaskan Agama Yang Tidak Seagama”. Dalam Jurnal –Analisis, Vol.12 No.2, Desember 2012.

Suardi, Moh. 2015. Ideologi Politik Pendidikan Kontemporer. Yogyakarta : e Publish.

Tim Peneliti Balai Litbang Agama Makassar. 2008. Optimalisasi Pelayanan Keagamaan Departemen Agama. Makassar: Balai Litbang Agama Makassar.

Walzer, Michael. 1997. On Toleration. New Haven and London: Yale University Press.

Yusuf Anas, 2009. Managemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan. Yogyakarta: Ircisod.

Published
2020-07-01