IMPLEMENTASI STANDAR PEMBELAJARAN KITAB BERBAHASA ARAB DI PESANTREN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MADINATUL ILMI)

  • Badruzzaman Badruzzaman Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: pembelajaran kitab, kementerian agama, pesantren

Abstract

Kementerian Agama telah mengaluarkan standarisasi kompetensi pengajian kitab di pesantren sejak tahun 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati implementasi kebijakan itu pada cakupan:  kitab yang diajarkan, proses pembelajaran, dan sistem evaluasi. Penelitian memperoleh data dari hasil wawancara mendalam terhadap 5 (lima) orang informan kunci, dan menganalisis data dengan metode analisis kualitatif. Penelitian menemukan bahwa Pondok Pesantren Madinatul Ilmu (PP Madinatul Ilmu) belum mengimplementasikan kebijakan Kementerian Agama tentang standarisasi kompetensi pengajian kitab. Karenanya kegiatan sosialisasi kebijakan Kementerian Agama tentang standarisasi kompetensi pengajian kitab perlu diintensipkan. Selain itu penelitian juga menemukan bahwa sistem Taklim Idahfi (model pembelajaran kitab)  di pesantren diselenggarakan  secara non formal. penyelenggaraan  ini berimplikasi pada penilaian hasil pembelajaran yang cenderung sumatif-evaluasi dilakukan dalam rangka memberikan penambahan pemahaman dan keterampilan santri membaca kitab. Karenanya diperlukan kajian pengembangan  merumuskan sistem pembelajaran  dan evaluasi yang lebih baku agar penerapan standar kompetensi pengajian kitab dapat optimal.

References

A.Qadri A. Azizy. 2004. Profil Pondok pesantren Mu’adalah, Departemen Agama RI, Direktorat Jenderal Kelembagaan dan Pondok Pesantren, Proyek Peningkatan Pondok Pesantren, Jakarta.

An Nawawi. 2001. Dalam Rahim Dkk, Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam, Cet. Pertama, Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam/Direktorat Pembinaan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum Negeri, Proyek peningkatan tenaga teknis Pendidikan Agama Islam, Jakarta.

Arifin. 2001. dalam Rahim Dkk, Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam, Cet. Pertama, Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam/Direktorat Pembinaan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum Negeri, Proyek peningkatan tenaga teknis Pendidikan Agama Islam, Jakarta.

Arsyad, Azhar. Alternatif Pola Partisipasi Masyarakat Terhadap Satuan Pendidikan Keagamaan. Makalah disampaikan atas permintaan Balai Penelitian dan Pengembangan Agama di Grand Clarion Hotel 05 Juni 2012.

Asrohah, Hanun. 2004. Pelembagaan Pesantren, Asal Usul dan Perkembangan Pesantren di Jawa. Jakarta: Proyek Peningkatan Informasi Penelitian Dan Diklat Keagamaan Departemen Agama,. Departemen Agama. Pedoman Pondok Pesantren Salafiah (Jakarta: Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama, 2009)

Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cet, I: Bandung: Fokus Media.

Dewi Ade K. 2001. Kamus praktis Bahasa Indonesia Untuk SLTP, SMU Fajar Mulia, Surabaya.

Dhofier, Zamachsari. 1983. Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.

Djamarah, Syaiful Bahri Dkk. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin: Penerbit Rineka Cipta.

Faiqoh. 2003. Pondok pesantren Dan Madrasah Diniyah Pertumbuhan Dan Perkembangannya, Jakarta: Departemen Agama RI, Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Hasan Basri. dalam A. Qadir A.Azizy. 2004. Profil Pondok pesantren Mu‘adalah, Jakarta: Departemen Agama RI, Direktorat Jenderal Kelembagaan dan Pondok Pesantren, Proyek Peningkatan Pondok Pesantren.

Hasbullah. 1999. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Horne, H, dalam Rahim Dkk. 2001. Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam, Cet. Pertama, Jakarta: Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam/Direktorat Pembinaan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum Negeri, Proyek peningkatan tenaga teknis Pendidikan Agama Islam.

Mufid, Ahmad Syafii. 2006. Tangklukan, Abangan, dan Tarekat, Kebangkitan Agama Jawa, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Rahim dkk. Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam, 2001, Cet. Pertama, Jakarta: Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam/Direktorat Pembinaan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum Negeri, Proyek peningkatan tenaga teknis Pendidikan Agama Islam.

Tafsir, Ahmad. 2007. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Cetakan ke sembilan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yusuf, Khaerulfuat. 2009. Pedoman Pengembangan Kurikulum Pesantren, Cetakan I, Jakarta: Direktorat Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Zuhairini, et.al. 1997. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2020-07-01