PENYELENGGARAAN DIKLAT GURU MATA PELAJARAN MADRASAH DI SULAWESI TENGGARA

  • Asnandar Abubakar Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: diklat guru, guru mata pelajaran, widyaiswara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan guru mata pelajaran madrasah terhadap proses penyelenggaraan diklat dilihat dari aspek materi, widyaiswara, dan metode diklat. Penelitian ini adalah gabungan penelitian kualitatif dan kuantitatif, yang dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tenggara dengan fokus penelitian pada guru-guru yang telah mengikuti diklat guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui angket/kuisioner dan wawacara. Angket digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tanggapan guru-guru terhadap penyelenggaraan diklat terkait materi cenderung baik meskipun terdapat tanggapan bahwa isi materi diharapkan ada kebaruan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas pembelajaran. Tanggapan guru terkait widyaiswara juga baik, widyaiswara mampu memberikan pembelajaran secara baik dan efektif, guru mengharapkan ada inovasi-inovasi pembelajaran yang esensial. Tanggapan guru terkait metode diklat juga baik, metode diklat harus dibarengi dengan inovasi-inovasi agara pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efesien, salah metode yang digunakan pada pembelajaran adalah metode kolaborasi, karena mengikutsertakan partisipasi semua peserta diklat.

References

Anwar, Muhammad. n.d. “Penerapan Pendidikan Dan Pelatihan Berbasiskan Emotional Spiritual Quetient (Esq) Pada Balai Diklat Keagamaan Manado.”

Handayani, Wahyu Tri, Agus Suryono, and Abdullah Said. n.d. “Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Pegawai Negeri Sipil (Studi Di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Probolinggo).” Jurnal Administrasi Publik (JAP) 3 (5): 824–28.

Hidayati, Nurul, and Muhammad Khafid. 2015. “Pengaruh Motivasi Kerja, Kompensasi, Dan Pengalaman Diklat Terhadap Kinerja Guru Ekonomi/Akuntansi Di Sma Negeri Se-Kabupaten Tegal.” Economic Education Analysis Journal 4 (1): 211–18.

Nuraeni, Lenny, and Arifah A Riyanto. 2017. “Efektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Pendidik Paud.” Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi 5 (1): 21–33.

Nurhajati, Widi Asih, and Bachtiar Sjaiful Bachri. 2017. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dan Pelatihan ( Diklat ) Berbasis Kompetensi Dalam Membangun Profesionalisme Pegawai Negeri Sipil ( PNS )” 2 (2): 156–64.

Nurmasari. 2016. “Pelaksanaan Pendidikan Dan Pelatihan Pegawai Pada Kantor Badan Kepegawaian Daerah Di Kabupaten Bengkalis.” Jurnal Publika 2 (1): 1–15.

Padilah, Ipah Parihah. 2016. “Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan Teknis Fungsional Peningkatan Kompetensi Guru Di Balai Diklat Keagamaan.” Jurnal Isema, Islamic Education Management 1 (1): 55–66.

Rahayu, Setyani Budi. 2016. “Pengembangan Model Diklat Guru Sosiologi Sma Tentang Strategi Pembelajaran Discovery-Inquiry Berbantuan Cd Interaktif.” Jurnal Kelola 3 (1): 131–47.

Rosyidi, Agus Mukhtar. 2017. “Model Dan Strategi Pembelajaran Diklat (Kajian Alternatif Yang Efektif).” Jurnal Andragogi V (1): 100–111.

Siregar, Edison. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Dalam Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).” Jurnal JDP 11 (2): 153–66.

Sugiarto, Kristono, Dewiyani Sunarto, and Yoppy Mirza Maulana. 2016. “Rancang Bangun Sistem Informasi Analisis Kebutuhan Diklat Bagi Guru SMK Di Dispendik Provinsi Jawa Timur.” Jurnal JSIKA 5 (2): 1–10.

Sulaeman, Asep Agus. 2017. “Desain Program Diklat Keterampilan Proses Sains Untuk Guru IPA SMP Dalam Mewujudkan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 2 (1): 30–37.

Sulistyo, Bambang, Maria Magdalena Minarsih, and M Mukeri Warso. 2016. “Pengaruh Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru (Plpg), Kedisiplinan Guru , Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Di Smp Masehi Jepara.” Journal Of Management 2 (2): n.p.

Syaifulloh, Muhammad, and Budi Adjar Pranoto. 2017. “Analisis Profesionalisme Guru, Diklat Dan Prestasi Guru Terhadap Kualitas Pendidikan Pada Sekbin 3 Uptd Pendidikan Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes.” Jurnal JPSD 3 (1): 17–25.

Wardoyo, Sidik, and Ki Supriyoko. 2018. “Pengaruh Pendidikan Dan Latihan, Motivasi Kerja Dan Masa Kerja Terhadap Profesionalisme Guru SMKN Di Wonosobo.” Jurnal Media Manajemen Pendidikan 1 (1): 107–15.

Widianto, Edi. 2018. “Pola Penyelenggaraan Pendidikan Dan Pelatihan Di Balai Diklat Keuangan Kota Malang.” Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan 3 (1): 40–49.

Yulian, Faisal Adam, and Gugun Geusan Akbar. 2016. “Pengaruh Perencanaan Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Dan Pelatihan Di Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (Uptd)-Balai Latihan Kerja (Blk) Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Garut.” Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik 07 (01): 1–9.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2015. Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Agama. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2016. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Pelatihan pada Kementerian Agama. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 5 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Widyaiswara.

Published
2020-07-01