PANORAMA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA ABCD DHARMA WANITA HERLANG)

  • Khaerun Nisa Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: pembelajaran Pendidikan Agama islam, Anak berkebutuhan khusus, sekolah luar biasa

Abstract

Setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan, dalam hal ini Pendidikan Agama Islam untuk anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk melihat panorama pembelajaran PAI pada anak berkebutuhan khusus pada SLB ABCD Dharmawanita Herlang, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran PAI. Dengan menggunakan metode kualitatif, diperoleh bahwa Kurikulum PAI yang digunakan pada SLB ABCD Dharmawanita Herlang mengikuti kurikulum pada sekolah umum, yaitu kurikulum 2013. Metode yang dominan digunakan dalam proses pembelajaran PAI, yaitu metode yang masih bersifat teacher learning centre, seperti metode ceramah dan metode demontrasi. Pembelajaran bersifat individual teaching. Sistem evaluasi tetap menggunakan tiga ranah ;  kognitif, afektif dan psikomotorik, meskipun komponen kognitif tidak menjadi acuan utama, namun lebih kepada kemampuan peserta didik mengimplementasikan materi pembelajaran PAI dalam kehidupan sehari-hari. Adapun kendala dalam penyelenggaraan pembelajaran PAI pada SLB ABCD Dharmawanita Herlang adalah pertama kurangnya guru PAI yang memiliki spesifikasi khusus dalam pendidikan luar biasa, kedua belum tersedianya kurikulum PAI yang dirancang khusus untuk anak berkebutuhan khusus, karena selama ini kurikulum PAI yang digunakan umumnya berasal dari sekolah umum yang sedikit mengalami modifikasi dan adaptasi untuk anak berkebutuhan khusus. Ketiga, minimnya ketersediaan buku-buku PAI bagi peserta didik berkebutuhan khusus yang disediakan oleh pihak SLB, khususnya bagi peserta didik tunanetra yang membutuhkan buku braille. Keempat, perlunya guru melakukan pendekatan secara emosional sebab peserta didik yang berkebutuhan khusus memiliki kecenderungan akan lebih nyaman dan lebih mudah berkompromi terhadap instruksi yang disampaikan oleh guru, apabila telah memiliki kedekatan emosial.

References

Abubakar, Asnandar. 2016. “Pelaksanaan Pendidikan Agama Pada Sekolah Negeri PAREPARE.” Al-Qalam 19 (2): 313. https://doi.org/10.31969/alq.v19i2.157.

Budiman, Haris. 2016. “Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Islam 7.

Erawati, Ika, Sudjarwo Sudjarwo, and Risma Sinaga. 2016. “Pendidikan Karakter Bangsa Pada Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan Inklusif.” Jurnal Studi Sosial 4 (1).

Hanum, Lathifah. 2017. “Pembelajaran PAI Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 11 (2): 217–36. https://doi.org/10.14421/jpai.2014.112-05.

Maftuhatin, Lilik. 2014. “Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Kelas Inklusif Di Sd Plus Darul ’Ulum Jombang.” Jurnal Studi Islam Oktober 5 (2): 1978–306.

Maftuhin, M, and A Jauhar Fuad. 2018. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus.” Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi 3 (1). https://doi.org/10.33367/psi.v3i1.502.

Muas, Rosdiana. 2016. “Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Di SMPLB Negeri Balikpapan.” Al-Qalam 19 (2): 209. https://doi.org/10.31969/alq.v19i2.164.

Noor, Triana Rosalina. 2017. “Analisis Desain Fasilitas Umum Bagi Penyandang Disabilitas (Sebuah Analisis Psikologi Lingkungan).” Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi 2 (2): 187–211. https://doi.org/10.33367/psi.v2i2.438.

Noviandari, H, and T.F Huda. 2018. “Peran Sekolah Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Di SDLB PGRI Bangorejo Banyuwangi.” Jurnal Psikologi 5 (1): 29–37.

Nurhadi. 2018. “Manajemen Penilaian Pembelajaran Menggunakan Kurikulum 2013.” Al-Hayat: Journal of Islamic Education 2 (1): 63–78. http://alhayat.or.id/index.php/alhayat/article/view/20. Nurlaili. 2019. “Pendidikan Agama Islam Dalam Pandangan Multikultural (Analisis Model Dan Pengembangannya).” International Seminar on Islamic Studies, IAIN Bengkulu , March 28 2019 | Page263. 263–269., 263–69. http://repository.iainbengkulu.ac.id/2961/.

Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.” FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3 (2): 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Rini, I. M. Tangkas, and Irwan Said. 2014. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas III SDN Inpres Tunggaling.” Jurnal Kreatif Tadulako Online 2 (1): 67–81. https://media.neliti.com/media/publications/116575-ID-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui.pdf.

Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taruna, Mulyani Mudis. 2011. “Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam.” Analisa 18 (2): 180. https://doi.org/10.18784/analisa.v18i2.132.

Wahidin, Unang. 2018. “Implementasi Literasi Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 7 (2): 229. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.284.

Published
2020-07-01