PEMBIASAAN RITUALITAS KOLEKTIF DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL RELIGIUS ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK ISLAM AZ ZAHRA, KEBAYORAN BARU, JAKARTA SELATAN)
Abstract
Pembentukan sikap sosial religius bagi anak usia dini di tengah perkembangan media sosial digital yang berkembang merupakan hal yang urgen. Penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan strategi praktik ritualitas kolektif dalam pembentukan sikap sosial religius anak usia dini di TK Islam Az Zahra Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Terdapat dua kesimpulan besar penelitian ini.Pertama, terdapat beberapa bentuk praktik ritualitas kolektif sebagai media pembentukan karakter sosial religius bagi anak usia dini, antara lain praktik Shalat jamaah, haji, zakat fitrah, infaq dan lain sebagainya. Kedua, pembiasaan praktik ritualitas kolektif memiliki urgensi besar dalam pembentukan sikap sosial religius anak usia dini dalam tiga hal, antara lain perilaku pro sosial, prilaku ritual, dan perilaku religious pro-sosial.
References
Ariyanti, Tatik. 2016. “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak” , Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Vol. 8 No.1.
Aziz, Safrudin. 2017. “Kompetensi Spiritual Guru Paud Perspektif Pendidikan Islam”, Tadris, Vol.12 No.1.
Aziz, Safrudin. 2017. “Pendidikan Spiritual Berbasis Sufistik Bagi Anak Usia Dini Dalam Keluarga”, Dialogia, Vol. 15 No. 1 2017.
Billah, Arif. 2016. “Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam Dan Implementasinya Dalam Materi Sains,”Attarbiyah, Journal of Islamic Culture and Education, Vo.1, No.2.
Budiyawanto, Misna. 2017. “Manajemen Spiritual Anak Usia Dini”, Biormatika: Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang Vol.4 No.2.
Fadhilah, M. 2016. “Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.
Falah, Maslahul. 2005. Tinjauan EQ Dan SQ Untu Memberi Nama Bayi. Yogyakarta: Media Insani.
Fanhas, Elvan. 2017. “Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S Lukman 13:19”, Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No.3A.
Fauzia, Siti Naila. 2015. Perilaku Keagamaan Islam Pada Anak Usia Dini: Penelitian Kualitatif Di Kelompok B TK Permata Sunnah Bnada Aceh 2015 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.9 No.2.
Gerzia, Meyke. 2018. “Urgensi Pendidikan Karakter Abad Ke 21 Pada Anak Usia Dini”, Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018 Menyongsong Transformasi Pendidikan Awal Abad 21.
Gunawan, Rony. 2017. “The Role of Character Education for Early Children in Early Childhood Education Programs in Happy Kids Bogor Indonesia,”Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), vol. 66.
Istiani, Nurul, Athoillah Islamy. 2018. “Objektifikasi Nilai-nilai Psiko- Sufistik dalam Pendidikan Spiritual,” Hikmatuna : Journal For Integrative Islamic Studies, Vol.4, No.2.
Khoironi, Muslimah. 2017. “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Jurnal Golden Age”, Universitas Hamzawandi, Vol. 01 No.2.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Prasetyo, Nana. 2011. Membangun Karakter Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini: Kementerian Pendidikan Nasional.
R, Abu Hasan Agus. 2014. “Membina Kecerdasan Spiritual Anak: Sebuah Kecerdasan Yang Terabaikan”, Jurnal Lisan Al-Hal, Vol.8 No.1.
Ramdhani, Sandy. 2019. “Penanaman Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.3 No.1.
Samani, Muchlas. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Shofa, M.Nailash. 2017. “Penanaman Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini”, Thufula, Vol. 5, No.1.
Sudaryanti. 2010. “Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini”, Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1.
Sutarto. 2018. Pengembangan Sikap Keberagamaan Peserta Didik , Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, Vol.2 No.1.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Persada.