PEMAHAMAN KEBHINEKAAN SISWA MADRASAH ALIYAH DI KOTA KENDARI

  • Asnandar Abubakar Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Pemahaman, Kebhinekaan, Suku, Budaya, Agama, Ras

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pemahaman kebhinekaan peserta didik secara umum dan pemahaman kebhinekaan dalam konteks suku, agama,  ras,  dan  antar  golongan.  Lokasi  penelitian  dilaksanakan  di  Kota Kendari  dengan  fokus  peserta  didik  madrasah  aliyah  yaitu  MA  Negeri  1

Kendari dan MA Ummusshabri. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif

dengan menggunakan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara sistematis yang meliputi pengorganisasian data, kategorisasi data, dan menginterpretasi sesuai dengan pemaknaan. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman kebhinekaan peserta didik Paham kebhinekaan peserta didik ada yang bersifat   ke dalam (internal) dan bersifat ke luar (eksternal). Pemahaman internal adalah pemahaman peserta didik akan keyakinan dan kesadaran dirinya pentingnya mengaplikasikan wujud kelakuan (behavioral manifestation) rasa hormat atau menghormati orang lain yang berbeda  dengan  kita  baik  agama,  suku,  dan  budaya,  untuk  kepentingan bersama. Pemahaman kebhinekaan peserta didik secara eksternal diperoleh dari proses pembelajaran di madrasah, di lingkungan sekolah baik melalui program sekolah, kegiatan ekstrakurikuler ataupun organisasi madrasah, melalui media sosial, dan interaksi sosial di masyarakat melalui perbauran budaya atau kebiasaan-kebiasaan adat istiadat pada kelompok entitas suku bangsa tertentu di Kota Kendari. Manifestasi dari pemahaman kebhinekaan ini adalah pentingnya saling hormat dan tolong menolong dalam konteks sosial.

 

References

Chaplin, James P. 2009. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta. Rajawali Pers.
Mahfud, Choirul. 2013. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Setiadi, Elly M., etal. 2006. Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar. Jakarta. Kencana.
Nasikun. 2009. Sistem Sosial Indonesia.Jakarta. Rajagrafindo Persada.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Rajagrafindo Persada.
Affandi, Nurkholik. 2012. “Harmoni Dalam Keragaman (Sebuah Analisis Tentang Konstruksi Perdamaian Antar Umat Beragama).” Jurnal Komunikasi Dan Sosial Keagamaan 15 (01): 71–84.
Agung, Dewa Agung Gede. 2018. “Kebhinekaan: Sebuah Retorika?” Jurnal Sejarah Dan Budaya 12 (1):19–29.
Annajih, Moh.Ziyadul Haq, Kartika Lorantina, and Hikmah Ilmiyana.2017. “Konseling Multibudaya Dalam Penanggulangan Radikalisme Budaya.” In Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 01:280–91.
Julianto, Cecep Dudung. 2018. “Keterampilan Literasi Media Sosial Untuk Menanamkan Nilai Kebhinekaan.” In Seminar Internasional Riksa Bahasa XII, Peranan Bahasa Indonesia Sebagai Literasi Peradaban, 109–17.
Mardawani. 2016. “Refleksi 71 Tahun Kemerdekaan Indonesia: Kebhinekaan Dan Demokrasi.” Jurnal Pekan 01 (02): 120–30.
Novitasari, Dian. 2016. “Pengeruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 02 (02):8–18.
Pi‟i. 2017. “Penanaman Nilai-Nilai Kebhinekaan Melalui Pembelajaran Sejarah SMA.” Jurnal Sejarah Dan Budaya 11 (2): 180–91.
Sukardi, Tanto, and Subandowo. 2014. “Mencari Format Baru Pendidikan Berbasis Multikultural Di Indonesia.” Sosio Didaktika 01 (01): 99–110.
Suliantoro, Bernadus Wibowo, and Caritas Woro Murdiati Runggandini. 2018. “Konsep Keadilan Sosial Dalam Kebhinekaan Menurut Pemikiran Karen J . Warren.” Respons 23 (01):39–58.
Suraji, Robertus. 2018. “Menumbuhkan Kultur Kebhinekaan; Belajar Dari Desa Dermaji Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas.” Jurnal Hummansi, Humaniora, Manajemen, Akuntansi 1 (1): 1–11.
Triguna, I.B.G. Yudha. 2019. “Kebhinekaan Bangsa Indonesia: Urgensi Dan Relevansinya Dalam Era Revolusi 4.0.” Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan 10 (02): 46–52.
Yohanes, Feri, and Sutriyono. 2018. “Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Menyelesaikan Soal Keliling Dan Luas Segitiga Bagi Siswa Kelas VIII.” Jurnal Mitra Pendidikan 02 (01): 23–35.
Published
2020-11-17