INDEKS KARAKTER PESERTA DIDIK SMA/MA DI SULAWESI TENGGARA

  • Rosdiana Rosdiana
Keywords: Karakter, Religious, Nasionalisme, Kemandirian, Gotong Royong, Integritas

Abstract

Penelitian indeks karakter peserta didik di sekolah/madrasah ini penting untuk dilakukan  mengingat  sekolah/madrasah  merupakan  lembaga  yang  sangat berperan dalam aspek pembentukan karakter peserta didik. Sekolah/madrasah dijadikan sebagai lokus dalam penelitian  ini untuk  melihat dan mengetahui indeks  karakter  dan  faktor  yang  mempengaruhi  karakter  peserta  didik  di SMA/MA di Sulawesi Tenggara.

Penelitian   survei   dengan   pendekatan   kuantitatif    ini   mengambil   sampel penelitian peserta didik di SMA/MA. Instrumen yang digunakan angket dan pedoman  wawancara.   Data   yang   terkumpul   dianalisis   dengan   deskriftif kuantitatif   untuk  mendeskripsikan  secara  mendalam  dari  tujuan  penelitian dengan tahap: tabulasi, skoring, analisis pemusatan, transformasi data ke presentasi, kategorisasi data berdasarkan tingkat kualitas pembinaan, dan penyimpulan.

Hasil  penelitian   menunjukkan  indeks  karakter  peserta   didik  di  Provinsi Sulawesi Tenggara terhadap  variabel yang diukur diperoleh tingkat  kategori tinggi dengan skor 3.54, indeks karakter ini diukur melalui lima variabel diantaranya adalah religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas.  Tingkat religiusitas peserta didik terkategori tinggi (3.62), nasionalisme sebagai wujud cinta tanah air yang menjadi dasar identitas  dan kepribadian personal terkategori tinggi dengan skor (3.61), tingkat kemandirian terkategori tinggi (3.58), gotong royong terkategori tinggi (3.39) dan tingkat integritas peserta didik yang diukur melalui aspek kejujuran, amanah, hormat atau menghargai, bertanggungjawab ini berada dalam katergori tinggi (3.55). Penamankan nilai karakter kepada peserta didik sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan baik lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Pembiasaan sebagai salah satu  metode yang diharapkan mampu membentuk sikap dan prilaku peserta didik. Pembiasaan secara terus menerus dan berulang akan menimbulkan dampak yang positif dan akan melekat bagi peserta didik. Pembiasaan   ini   dapat   saja   dilakukan   secara   pribadi   maupun   secara berkelompok terutama  di lingungan sekolah dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran.

 

 

References

Amir, Y. and Lesmawati, D. R. (2016)„Religiusitas dan Spiritualitas: Konsep Yang Sama Atau Berbeda?‟,2(2), pp. 67–73.
Arwildayanto (2016) „Intergritas Sekolah Berkonstribusi Membentuk Peserta Didik Berkarakter‟, Jakarta, p. 2205.
Chotimah, U. (2011) „Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Beberapa Alternatif Pendekatan Pembelajaran‟, p. 10.
Creswell, J. W. (2010) Reseach Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi Keti. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fridayanti (2017) „Religiusitas, Spritualitas Dalam Kajian Psikologi Dan Urgensi Perumusan Religiusitas Islam‟, (January 2005). doi:10.15575/psy.v2i2.460.
Hamid, A. (2016) „Dinamika Integrasi Nasioal bangsa Indoensia (dalam Pendekatan Kerukunan Umat Beragama)‟, 4(2), pp. 319–340.
Mardapi,D.(no date)„Penilaian Pendidikan Karakter‟, in, p. 22.
Muyana, S. (2017) „Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Di Sekolah‟, (February), pp. 637–643.
Nina Isnawati, S. (no date) „Kemandirian belajar ditinjau dari kreativitas belajar dan motivasi belajar mahasiswa’, pp. 128–144.
Octavia, Lanny, dkk. 2014. Pendidikan Karakter Berbasis Tradisis Pesantren. Jakarta: Rumah Kitab.
Redjeki, D. P. S. and Herdiansyah, J. (2013) „Memahami Sebuah Konsep Integritas‟, Jurnal Pelopor Pendidikan STIE Semarang, 5(3), pp. 1–14.
Sarjana, S. and Khayati, D. N. (2016)„Pengaruh Etika, prilaku, dan Kepribadian Terhadap Integritas Guru‟, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1, pp. 379–393.
Sofyan.BR, dkk. 2016. Berani Merajut Perbedaan, Mengembangkan Wawasan Multikulturalisme di MA/SMA. Makassar. Kementerian Agama RI Balai Litbang Agama Makassar.
Sulistiyono, S. T. (2018) " Nasionalisme, Negara-negara, dan Integrasi Nasional Indonesia": masih Perlukah?‟, Jurnal Sejarah Citra Lekha, 3(1), pp. 3–12.
Suwito, A. (2012) „Integrasi Nilai Pendidikan Karakter Ke Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Melalui RPP’, II(2).
Utomo, E. P. (2018) „Internalisasi Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pembelajaran Ips Untuk Membangun Modal Sosial‟, 3(2), pp. 95–102.
Zainuri, Mohamad, dkk (2017) Konsepsi intergritas. Riau: Pemerintah Provinsi Riau.
Published
2020-11-17