PEMAHAMAN KEBHINEKAAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH (STUDI KASUS MAN 1 MAKASSAR DAN MAN 2 BULUKUMBA)

  • Abdul Rahman Arsyad Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Pemahaman, Kebhinekaan, Peserta Didik, Etnis, Budaya, Agama

Abstract

Penelitian  ini adalah penelitian deskriptif yang sifatnya studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif, dengan menelusuri berbagai dimensi SARA, yaitu: Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan, yang dilaksanakan pada dua Madrasah Aliyah di Provinsi Sulawesi Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan  cara  observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi.  Sedangkan  tujuan penelitian secara umum adalah untuk mengetahui secara mendalam mengenai nilai-nilai kebhinekaan yang dipahami dan dipraktekkan serta harapan peserta didik di MA.

Hasil   penelitian   adalah   pemahaman   peserta   didik   dalam   menyikapi kebhinekaan (keberagaman) lebih dominan didapatkan lewat lingkungan keluarga  dan  masyarakat,  media  sosialdibanding  madrasah  terutama  pada aspek  Suku  dan  Agama.  Motivasi  dan  kreativitas  guru  sangat  dibutuhkan dalam  memberikan  penguatan  pemahaman  kebhinekaan  terhadap  peserta didik, paling tidak metode harus relevansi dengan materi pembelajaran serta memberikan informasi yang terkait dengan issu-issu terkini. Oleh karena itu madrasah dalam hal ini guru dituntut secara professional dapat mengimplementasikan  kebhinekaan  (keberagaman)  dalam  berbagai kesempatan   yang   ada   dalam   setiap   mata   pelajaran.   Pada   hakikatnya memahami dan menyikapi keberagamandi lingkungan internal dan eksternal madrasah, diperlukan adanya saling menghormati dan menghargai satu sama lain, serta menjaga toleransi terhadap SARA.

 

References

Adelbert Snijders, 2006. Manusia dan kebenaran. Kanisius. Yogjakarta.
Alex, Dungkal dkk. 2018. Pemikiran, Pergulatan Dr. Jan Riberu: Pendidikan, Relasi Agama- Negara dan Pancasila. Yayasan Flores Abdi Bangsa. Jakarta.
Anas, Sudijono, 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Anwar, Choirul. 2018. Islam Dan Kebhinekaan Di Indonesia: Peran Agama Dalam Merawat Perbedaan, Jurnal Pemikiran Islam „Zawiyah‟ Volume 4 No. 2 Desember 2018. Hal. 1-18.
Asmani, Jamal Ma‟mur, 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Indonesia, Jogjakarta: Diva Press.
Bloom Benyamin. 1956Taxonomy of Educational Objectives, New York: David Mc.Kay.
Burhanuddin Salam, 2002. Etika Sosial “Asas Moral Dalam Kehidupan Manusia”. (Etika Dalam Pergaulan Hidup). Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Chaney, David. 1996. Lifestyle: Sebuah Pengantar Konprehensif. Bandung. Jalasutra.
Departemen Pendidikan Nasional, 2008.Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa.
Elly M, Effendi Ridwan, 2006. Ilmu Sosial Budaya Dasar (manusia, Keragaman, dan Kesederajatan), Jakarta. Kencana Persada Media Group. Edisi Pertama Cet. Ke-1.
Hartono, Agung. 2010. Menggugah Kesadaran nasional Mempengaruhi Kebhinekaan Indonesia , Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora Vo. 1 No. 2 Oktober 2010. Hal. 132-147.
Lestari, Gina. 2015. Bhinnekha Tunggal Ika: Khasanah Multikultural Indonesia Di Tengah Kehidupan SaraJurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Th. 28, Nomor 1, Pebruari 2015, Hal. 31-37.
Muslich, Masnur, 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multi dimensional, Jakarta: Bumi Aksara.
Pi‟i (2017), Penanaman Nilai-Nilai Kebhinekaan Melalui Pembelajaran Sejarah Sma.JurnalSEJARAH DAN BUDAYA, Tahun Kesebelas, Nomor 2, Desember 2017 hal.180-191.
Shofa, Abd Mu‟id Aris Shofa,2016.Memaknai Kembali Multikulturalisme Indonesia Dalam Bingkai Pancasila, Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 1, No. 1, Juli 2016 ISSN 2527-7057 hal. 34-40.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Suparlan, Parsudi. 2003. Bhinneka Tunggal Ika: Keanekaragaman Sukubangsa atau Kebudayaan. Jurnal Antropologi Indonesia 72 tahun 2003. Hal. 24 – 37.
Syafri, Ulil Amri. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Voltiere, 2004. Traktak Toleransi. LkiS.Yogjakarta.
Yusuf Anas, 2009 Managemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan. Yogyakarta: Ircisod.
Zuriah, Nurul. 2005. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan; Teori dan Aplikasi. Jakarta PT Bumi Aksara.
Published
2020-11-17