DAMPAK SERTIFIKASI GURU TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH DI SULAWESI SELATAN

  • Amiruddin Amiruddin Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Impact, Teacher certification, Quality of Madrasah

Abstract

This research uses quantitative approach by using sampling quota as many as 155
teachers who have been certified in Madrasah Tsanawiyah. A total of 103
questionnaires were distributed in Makassar City, and 52 questionnaires were
distributed in Jeneponto Regency using Likers 4 scale to 101 items. The results
showed that based on the homogeneity analysis of maximally achieved data of 394
and the minimum value of 245, yielded an average value of 335. 52, with a standard
deviation of 30,526. besides the effect of teacher certification on the improvement of
madrasah quality shows that: The involvement in the planning process of highcategorized
madrasah program (2.55). Involvement in the implementation of highcategorized
madrasah programs (2.96). The impact on the improvement of the
categorized learning process is very high with the average of 3.84. While the impact
on the increase in the competence of fellow teachers is also categorized very high
with the average of 3.66. The use of teacher certification funds if linked to family and
personal interests is more aimed at financing children's education, and for the sake of
health (buying drugs / vitamins), and maintaining the appearance (buying clothes,
bags, and shoes). However, for the benefit of increasing the profession is more widely
used to participate in seminars and comparative studies, as well as on the provision
of professional support facilities are used to buy a computer and buy a book of
literature supporting learning.

References

Al Barry, M. Dahlan, Kamus Modern Bahasa Indonesia, Yogyakarta,Arloka, 2001.

Antonius Tarigan, Mencermati Dampak Kebijakan Publik Dalam Program Penanggulangan Kemiskinan,www.bappenas.go.id.

Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI,http://balitbangdiklat.kemenag.go.id.

Dadang Sunendar, Yoyoh Jubaedah, Tri Indri Hardini, Dampak Penyelenggaraan Sertifikasi Guru

Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru (Studi Deskriptif Dampak Penyelenggaraan Sertifikasi Guru Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru

Sma Di Jawa Barat),http://lppm.upi.edu.

Djemari Mardapi Dkk. Studi Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Prestasi Sekolah, http://staff.uny.ac.id.

Dunn, William, Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Yogyakarta:Gadjah Mada University Press, 1998.

Dye, Thomas R, Understanding Public Policy, Prentice Hall Inc, New Jersey, 1978.

Fatchurrohman, Pengaruh Sertifikasi Bagi Peningkatan Kinerja Guru SMP Negeri 1 Salatiga, Http://Eprints.Stainsalatiga.ac.id.

Jurnal Ilmu Pendidikan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di Daerah Diseminasi oleh A. Supriyanto, November 1997,Jilid 4, IKIP, 1997.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta,

Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan 68 Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu

Pendidikan, 2012.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Buku 2 Petunjuk Teknis Pelaksanaan

Sertifikasi Guru di Rayon LPTK,Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan, 2012.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Buku 3 Pedoman Peyusunan

Portofolio, Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan,2012.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Buku 4 Rambu-Rambu Pelaksanaan

Pendidikan danLatihan Profesi Guru (PLPG), Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan,2012.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Buku 5 Pedoman Pelaksanaan Uji

Kompetensi Awal, Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan,2012.

M. Hurmaini, Dampak Pelaksanaan Sertifikasi Guru terhadap peningkatan Kinerja Guru dalam Proses Pembelajaran, Studi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Jambi, (http://ejournal.iainjambi.ac.id)

Novi Fitrianingsih, Komparasi Kinerja antara Guru Sertifikasi dan Guru non Sertifikasi Dalam Pembelajaran di

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Se-Kecamatan Pecangaan Jepara,http://library.walisongo.ac.id.

Nyayu Khodijah, Kinerja guru madrasah dan guru PAI pasca sertifikasi di Sumatera Selatan,http://journal.uny.ac.id.

Peraturan Meteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007, tentang Sertifikasi Guru Dalam Jabatan.

Shihab, Quraish, Membumikan Al-Quran,Bandung: Mizan, 1999.

Situs Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI,http://balitbangdiklat.-kemenag.go.id.

Situs Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, http://pendis.kemenag.go.id/index.php.

Situs Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama

Republik Indonesia,http://madrasah.-kemenag.go.id.

Soemarwoto, Otto, Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Jakarta:Djambatan, 2004.

Supranta, J, Metode Riset, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997.

Suryadi, Ace dan H.A.R Tilaar, Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 1993.

Suwardi, Dampak Sertifikasi Terhadap Peningkatan Kualitas Guru,http://Eprints.Stainsalatiga.ac.id.

Tim.Naskah Akademik. Jakarta: Ditjen Dikti, 2006.

Tjiptono, Fandy, Manajemen Jasa Edisi I,Yogyakarta: Andi Offcet, Cet II,1995.

Triyono, Moch. Bruri, Badrun Kartowagiran, Heri Retnowati,Evaluasi Kinerja Guru Profesional, http://staff.uny.ac.id.

Undang-Undang Republik Indeonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Published
2018-11-26