Implementasi Kurikulum Darurat Pada Madrasah Negeri Di Kabupaten Gowa

  • Baso Marannu Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Kurikulum Darurat, Madrasah, Gowa

Abstract

Penelitian tentang implementasi kurikulum darurat  pada madrasah  negeri  di  Sulawesi Selatan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan evaluasi pendidikan, sampel madrasah di Kabupaten Gowa yang diambil adalah MAN Insan  Cendikia,  MTsN Gowa  dan  MIN 2 Gowa. Hasil penelitian ini menemukan (1) Penerapan sistem pembelajaran berkaitan dengan penentuan materi, metode, media dan sumber belajar, serta pengelolaan kelas yang diterapkan oleh madrasah mkendapatkan respon 73% (tinggi), hal ini menunjukkan bahwa ada beberapa metode maupun pengelolaan pembelajaran yang masih perlu ditingkatkan; (2) Penerapan kurikulum darurat yang berkaitan dengan mendapatkan respon 93% (sangat tinggi), hal ini menunjukkan bahwa guru telah mampu dengan sangat baik melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan panduan kurikulum darurat; (3) Penerapan kurikulum darurat   yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran   mendapatkan respon 98%, artinya guru sudah sangat baik melaksanakan sistem  evaluasi  pembelajaran  sebagaimana yang termuat dalam panduan kurikulum darurat. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya memperhatikan kondisi geografis dan hal-hal yang berkaitan dengan prinsip pemenuhan standar kurikulum tapi lebih fkelsibel.

References

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetyo. 2005.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi. 1992 Pengelolaan Kelas dan Siswa, Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: Rajawali.
Isjoni dan Firdaus dkk, 2008. Pembelajaran Terkini. Perpaduan Malaysia – Indonesia. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2020 Tentang Panduan Kurikulum Darurat Pada Madrasah.
Kurniawan, Heru. 2016. Sekolah Kreatif – Sekolah kehidupan yang menyenangkan anak. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Shalikhah, Norma Dewi, Ardhin Primadewi, and Muis Sad Iman. 2017. “Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran.” Warta LPM 20 (1):9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842.
Nurryana, Ayu Fiska. 2009. “Pengembangan Media Pendidikan Untuk Inovasi Pembelajaran Di Pesantren.” Speed: Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi 1 (2):1–5. https://doi.org/10.35891/amb.v5i2.2153.
Yusvavera Syatra, Nuni. 2013. Desain Relasi Efektif Guru dan Murid. Yogjakarta: Buku biru.
Syam, Nur. 2016. Media Sosial: Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Jakarta: Kencana.
Nana, and Endang Surahman. 2019. “Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE Di Era Revolusi Industri 4.0.” In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya),4:82.https://doi.org/10.20961/- prosidingsnfa.v4i0.35915.
Published
2021-08-19