Perspektif Tokoh Masyarakat Tentang Pendidikan Moderasi Beragama Di Kota Pare-pare

  • Khaerun Nisa Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Moderasi beragama, Kota Parepare, Mappadendang

Abstract

Penelitian ini bermuara pada penggalian perspektif tokoh masyarakat terhadap pendidikan  moderasi  beragama,    yang  merujuk  pada  empat  indikator  yang digagas oleh Kementerian Agama, yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan akomodatif terhadap budaya lokal. Dalam menggali perspektif tokoh masyarakat terhadap pendidikan moderasi beragama digunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Adapun temuan lapangan yang diperoleh adalah (1) secara umum tokoh masyarakat di Kota Parepare sepakat dengan konsep moderasi beragama yang disusun oleh Kementerian  Agama  dan  urgensinya  meregenerasi  moderasi  beragama  ke dalam  lembaga  pendidikan,  (2)  konsep  moderasi  beragama  yang  belum familiar  pada beberapa lapisan  masyarakat  (3) gagasan  materi  agama yang disampaikan oleh tokoh agama memuat beberapa ayat terkait empat indikator moderasi beragama, serta pentingnya hubbul wathan minal iman dan ukhuwah basyariah   (4)   Tradisi   Mappadendang   yang   menjadi   menjadi   wadah perjumpaan dan pembauran untuk menyatukan rasa kebersamaan pemerintah dan masyarakat dari berbagai lapisan etnis dan agama. Sistem pangngaderreng orang  Bugis  yang  telah  mendarah  daging  ade’,  bicara,  rapang,  wari,  dan shara’ (6) tenaga pendidik adalah segmentasi pertama penerapan pendidikan moderasi beragama, sistem pembelajarannya dapat melalui pembentukan kurikulum, terintegrasi maupun injeksi melalui kegiatan ekstrakuler, serta atmosfer sekolah yang mendukung sistem (5) sekolah melakukan filterasisasi dan melakukan aktivasi kegiatan kerohanian serta menggandeng ormas untuk menumbuhkan pemikiran yang moderat. Dan menghidupkan kembali mata pelajaran muatan lokal, yang tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pemangku kebijakan.

 

References

Ampel, Iain Sunan. 2013. “WHITHER INDONESIA’S ISLAMIC MODERATISM? A Reexamination on the Moderate Vision of Muhammadiyah and NU 1 Masdar Hilmy.” Journal of Indonesian Islam.
Daradjat, Zakiah. 2017. Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://doi.org/10.1163/_q3_SIM_00374.
Fahri, Mohamad, and Ahmad Zainuri. 2019.Moderasi Beragama Di Indonesia.” Intizar.
Fakih, Mansour. 1996. Analisis Gender & Transformasi Sosial.
Futaqi, Sauqi. 2018. “Konstruksi Moderasi Islam Wasathyyah Dalam Kurikulum Pendidikan Islam.” Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars.
Halik, Abdul, Idris Djamaluddin M, and Hamid Suraedah. 2017. “Pengembangan Kerukunan Dan Toleransi Antar Umat Beragama: Implementasi Sistem Panngaderreng Di Kota Parepare.” In .
Herlina, Lina. 2018. “DISINTEGRASI SOSIAL DALAM KONTEN MEDIA SOSIAL FACEBOOK.” TEMALI : Jurnal Pembangunan Sosial. https://doi.org/10.15575/jt.v1i2.3046.
Juergensmeyer, Mark. 1998. Menentang Negara Sekuler: Kebangkitan Global Nasionalisme Religus. Terj. Noorhaidi. Bandung: Mizan.
Junida, Dwi Surti. 2020. “MAPPADENDANG SEBAGAI TRADISI BERSAMA KOMUNITAS TO WANI TOLOTANG DENGAN UMAT ISLAM.” Dialog. https://doi.org/10.47655/dialog.v42i1.319.
Lilik Nur Kholidah dkk. 2019. “Pendidikan Agama Islam Dan Penguatan Karakter Religius Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri.” “Pendidikan Agama Islam Dan Penguatan Karakter Religius Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri.”
Nashuddin, Nashuddin. 2020. “Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Merevitalisasi Pemahaman Moderasi Pada Lembaga Pendidikan Di Indonesia.” JURNAL SCHEMATA Pascasarjana UIN Mataram. https://doi.org/10.20414/schemata.v9i1.2159.
Nasional, Departemen Pendidikan. 2008.Pusat Bahasa Kamus Besar Indonesia. http://www.sciencedirect.com/science/ article/pii/S0160738315000444.
Rakhmat, Puspitasari, and Jeanny Maria Fatimah. 2016. “Makna Pesan Simbolik Non Verbal Tradisi Mappadendang Di Kabupaten Pinrang.” Kareba.
Ridhuan, Syamsu. 2019. “KOPERASI ERA MILLENNIAL DALAM PERSPEKTIF KETAHANAN Pendahuluan.” Jurnal Ekonomi 10 (1).
Shihab, Alwi. 1997. Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka Dalam Beragama. Bandung: Mizan.
Sutrisno, Edy. 2019. “Aktualisasi Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan.” Jurnal Bimas Islam. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113.
Yewangoe, Andreas Anangguru. 2001.Agama Dan Kerukunan. BPK Gunung Mulia. https://doi.org/10.1163/_q3_SIM_00374.
Published
2021-08-19