Moderasi Beragama Sebagai Hidden Curiculum Di Perguruan Tinggi

  • Hendri Purbo Waseso UIN Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Anggitiyas Sekarinasih UIN Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto
Keywords: Hidden Curriculum, Moderasi Beragama dan Ideologi.

Abstract

Tumbuhnya radikalisme di perguruan tinggi berdasar hasil survey dalam beberapa tahun terakhir mengalami kenaikan. Artikel ini hendak menawarkan  suatu  ramuan agar  pemikiran  radikal  di  perguruan  tinggi tidak menular dan menginfeksi secara sistemik. Melalui literature review dan analisa kualitatif ditemukan bahwa: a) dalam kacamata Apple, tumbuhnya radikalisme di perguruan tinggi berasal dari ideologi yang bekerja dalam sistem pendidikan yang dibangun; b) moderasi beragama perlu dijadikan sebagai tameng atau counter dari tumbuhnya benih-benih radikalisme; c) operasionalisasi moderasi beragama (sikap toleran dan inklusif)  sebagai  hidden curriculum  dapat  dilakukan  dalam  tiga  posisi sekaligus yaitu hidden curriculum menjadi instrument, moderasi beragama sebagai nilai yang di-hidden dan moderasi beragama sebagai hidden curriculum direncanakan secara tersembunyi dengan menurunkan CPL menjadi CPMK yang lebih operasional dan dapat diukur.

 

References

Belmawa, 2016. Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi, Jakarta: Ristekdikti.
Diktis, 2018. Panduan Pengembangan Kurikulum PTKI Mengacu Pada KKNI dan SN-Dikti, Jakarta: Diktis.
Alsubaie, Merfat Ayesh. Hidden Curriculum as One of Current Issue of Curriculum, Journal of Education and Practice. Vol. 6, No. 33, 2015.
Apple, Michael. 2004. Ideology and Curriculum. Newyork: Routledge.
Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2010.
Ahmad, Masrur, Islam Hijau; Merangkul Budaya Menyambut Kearifan Lokal, Yogyakarta: Al Qodir Press, 2014.
Haryatmoko, Etika Politik danKekuasaan, Jakarta: Gramedia,2004.
Ismail, Faisal, Paradigma Kebudayaan Islam; Studi Kritis dan Analisa Historis, Yogyakarta: Suka Press,2014.
Nuryatno, Agus, Mazhab Pendidikan Kritis; Menyingkap Relasi Pengetahuan Politik dan Kekuasaan, Yogyakarta: Resist Book, 2011.
O’neil, William F., Ideologi-ideologi Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Soedjatmoko, Etika Pembebasan, Jakarta: LP3ES, 1984.
Suharto, Toto, Gagasan Pendidikan Muhammadiyah dan NU Sebagai Potret Pendidikan Islam Moderat di Indonesia, Islamika; Jurnal Studi Keislaman, Vol. 9, No. 1, September 2014.
Futaqi, Sauqi, Konstruksi Moderasi Islam dalam Kurikulum Pendidikan Islam, Proccedings The Second Annual Conference For Mosliem Scholars 2018, Kopertais IV Wilayah Surabaya.
Akbar, Wishnugroho, www.ccnindonesia.com,29/04/2018 diakses pada tanggal 4 Desember 2018.
Darmadi, www.ppim.uinjkt.ac.id,3/5/2018 diakses pada tanggal 4 Desember 2018.
www.liputan6.com, 27/08/2018) diakses pada tanggal 4 Desember 2018.
K, Rendika Ferri K, www.jogja.tribunnews.com,13/09/2018 diakses pada tanggal 4 Desember 2018 .
Published
2021-08-20